Handphone Jadul Yang Paling Berkesan

Handphone Jadul Yang Paling Berkesan


  • Total voters
    57
Berhubung sedikit yang memberi kesannya tentang handphone-handphone jadul :D, mari kita bahas satu-satu handphonenya deh. Saya mulai dari Siemens.


58e5971b4e595.jpg

Ingat handphone Siemens? Tahun 2000-an handphone ini cukup populer di dunia, termasuk di Indonesia. Namun karena berbagai faktor, 2005 menjadi tahun terakhir Siemens meluncurkan produk handphonenya.​
58e59719bae43.jpg
Siemens S55​
Handphone Siemens dinaungi oleh Siemens Mobile, anak perusahaan Siemens AG, yang merupakan perusahaan konglomerat Jerman yang berpusat di Berlin dan Munich, bergerak dalam bidang manufaktur dan elektronik terbesar di Eropa dengan berbagai kantor cabang di luar negeri, dari membuat telegraf sampai pesawat terbang perang dunia 1.

Sejarah
Log in or register to view this content!

1985 >> Mobiltelefon C1, ponsel pertama Siemens diluncurkan.
1994 >> Siemens S1 GSM diluncurkan.
1997 >> Siemens meluncurkan handphone pertama dengan layar warna, Siemens S10, dengan layar yang mampu menampilkan warna merah, hijau, biru dan putih. Di tahun ini, juga diluncurkan handphone "luar ruangan" pertama, Siemens S10 Active, yang tahan tekanan, debu dan cipratan air.
1999 >> Siemens meluncurkan handphone slider pertamanya, Siemens SL10.
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!

2000 >> Siemens mengakuisisi divisi handphone Bosch. Dan di tahun ini, juga diluncurkan salah satu handphone pertama di dunia yang mempunyai pemutar MP3 dan kartu memori eksternal (Multi Media Card/MMC), Siemens SL45.


2003 >> Siemens meluncurkan handphone pertamanya yang bersistem operasi Symbian OS, Siemens SX-1. Mempunyai Multi Media Card hot swappable. Ditahun ini, juga diluncurkan handphone fashionita Xelibri.
2005 >> Siemens meluncurkan handphone pertama dengan dukungan GPS, Siemens SXG-75.
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!

Di tahun ini juga, perusahaan Taiwan, BenQ mengakuisisi Siemens Mobile dari Siemens yang merugi, bersamaan dengan hak eksklusif untuk menggunakan merek dagang Siemens pada produk handphone selama 5 tahun. Namun, sebelum menyerahkan anak perusahaan handphonenya kepada BenQ, Siemens telah menginvestasikan 250 juta euro dan menuliskan aset sebesar 100 juta euro. Siemens juga mengakuisisi saham 2,5% di BenQ sekitar 50 juta euro. BenQ kemudian meluncurkan kembali handphone Siemens dengan merek dagang baru BenQ-Siemens, yang tetap diproduksi di Jerman.
2006 >> unit BenQ di Jerman mengajukan kebangkrutan.
Log in or register to view this content!

Produk :
Log in or register to view this content!

Keikutsertaan Menjadi Sponsor

  • Klub sepak bola Lazio dari musim 2000/2001 sampai musim 2002/2003.
  • Klub sepak bola Real Madrid dari musim 2002/2003 dan musim 2005/2006. Pada 17 Juli 2002, Siemens Mobile meneken kontrak dengan Real Madrid yang ditanda tangani oleh Ronaldo Nazario da Lima. Namun kala itu, bersama Siemens, tim Madrid hanya menang 5 gelar, yang dikenal dengan kekeringan gelar dari tahun 2003 sampai 2006, dengan pengunduran diri Florentino Perez.
  • Siemens Mobile juga menyeponsori kemitraan non-kaos dengan sejumlah klub sepak bola Inggris termasuk Liverpool dan Chelsea, bersama John D. Bernard dari pasar UK.
  • Siemens Mobile juga menyeponsori Olympiacos sampai musim 2005/2006. Pada musim selanjutnya, di Grup F Liga Champions UEFA, Real Madrid dan Olympiacos bersepakat untuk tidak mencantumkan logo Siemens Mobile pada kaos mereka.
  • Sponsor tim McLaren Mercedes dalam Formula-1 antara tahun 2001-2004.
 
Last edited:
oh iya mas, ada satu lagi telephone yang belum saya sebut, padahal kerasa banget guna nya...
Log in or register to view this content!
pulsanya murmer bingits, isi 25ribu awetnya ga kira-kira.. gimana engga, satu jam telpon cuma seribu perak.. dipake buat telpon gebetan waktu jaman kuliah, nutup telepon bukan karena keabisan stok obrolan, hapenya udah panaaass... ditempelin ke kuping rasanya kayak nelpon pake triskaan,,,di loudspeaker suaranya kayak radio CB wkwkwk... agak repot temen yang tinggal di bogor kota, sementara kerjanya di bogor kabupaten sekitaran Citereup, Cileungsi yang kode areanya malah ikut Jakarta. Tiap hari harus aktipin paket Go-Go.. kalo ga gitu ga bisa terima/panggil telepon.
 
Saya juga dulu pakai Nokia 6600, meski bukan handphone pertama, hp tersebut yang paling lama saya gunakan, sekitar 7 tahun dari tahun 2007 hingga 2014. Handphone itu merupakan handphone jadul terakhir yang saya pakai sebelum beralih ke HP berbasis Android. Dulu paling sering dipakai motret-motret dan hasilnya diupload ke situs blogging platform Multiply dot com (sekarang situsnya sudah tamat riwayatnya)
 
tadaaaaa....... Tiap hari harus aktipin paket Go-Go.. kalo ga gitu ga bisa terima/panggil telepon.
Taun berapa itu mas? Foto baru atau lama? :D Kalo lama, awet nih nyimpennya. Taun-taun dulu kalo mau keluar kota harus aktifin paket segala ya, nggak kaya sekarang, hehehe.

Saya juga dulu pakai Nokia 6600. Dulu paling sering dipakai motret-motret dan hasilnya diupload ke situs blogging platform Multiply dot com (sekarang situsnya sudah tamat riwayatnya)
Isi blognya dulu apa-apa saja mas? :D Mywapblog juga tutup baru taun lalu, padahal tampilannya ringan....
 
abis baca post diatas saya baru tau sejarahnya siemens mobile, teringat saya akan satu cerita..sekitar tahun 2006-an, saat awal pembukaan jaringan komunikasi, saat itu masa jayanya perkembangan seluler, dimana-mana di seluruh daerah di Indonesia didirikan tower telekomunikasi.
Telkomsel, Indosat, HCPT (3/Three), XL, Bakrie Telecom beradu cepat memperluas jaringan. Salah satu vendor saat itu adalah NSN, singkatan dari Nokia Siemens Network. Ini adalah semacam perusahaan gabungan yang menyediakan layanan jaringan telekomunikasi di Indonesia, mulai dari pembebasan lahan, pengadaan tower, hingga on air provider.

masih berkaitan dengan posting diatas, ada satu produk hp siemens yang booming setelah muncul di film Bourne Supremacy di tahun 2004 yang digunakan untuk mengcopy kartu GSM orang lain.
Log in or register to view this content!
 
Isi blognya dulu apa-apa saja mas? :D Mywapblog juga tutup baru taun lalu, padahal tampilannya ringan....

Sekedar curhatan, reportase kegiatan sosial karena saya dulu (sampai sekarang sih) suka ikut kegiatan sosial atau jadi relawan dan sebagainya. Gak jauh - jauh dari itu. Sebagian isi blog tersebut sudah saya pindahkan ke blog saya yang lain

Log in or register to view this content!
 
Taun berapa itu mas? Foto baru atau lama? :D Kalo lama, awet nih nyimpennya.
Foto taun kemaren itu pas lagi bersih-bersih rumah hehe.. Ga tau juga, saya emang agak susah ngelepas barang (meskipun sudah tidak berfungsi), karena aku mungkin tidak punya masa depan, tapi setidaknya aku masih menyimpan kenangan.. eaaaaa:D
yang 3350, LG, W550i, dan BB juga masih ada. Rata-rata di baterai masalahnya mas, lagian harga baterai ori lebih tinggi daripada hp nya saya jual seken wkwkw.. yang BB itu rusaknya kecebur di laut waktu maen ke kepulauan Seribu..:rolleyes:
 
Motorola (Bagian 1) :D

Ingat Motorola? Untuk penggemar handphone, nama Motorola selalu mengingatkan kita dengan handphone lipat/flip paling bergaya yang pernah dibuat pada zamannya. Namun tak hanya itu, perusahaan ini tentu memiliki lebih banyak lagi yang bisa dibanggakan. Dengan banyak gadget ikonik yang menyandang namanya, Motorola telah berada di garis depan penemuan teknologi dan inovasi selama lebih dari setengah abad yang lalu hingga sekarang.


Sejarah Perusahaan
Semuanya dimulai pada dekade 1920 ketika Paul Galvin dari Illinois pergi ke Chicago untuk mencari pekerjaan. Setelah lama bekerja untuk sebuah perusahaan pembuat baterai lokal di sana dan beberapa kegagalan dalam berbisnis, ia bersama dengan saudaranya, Joe Galvin mendirikan Galvin Manufacturing Corporation pada tahun 1928. Kala itu, perusahaannya hanya memiliki modal $ 565 dan dengan lima karyawan, mereka berfokus pada pembuatan eliminator baterai, sebuah perangkat yang memungkinkan tenaga baterai radio dapat digunakan sebagai listrik rumah tangga.
Log in or register to view this content!

Seperti hampir semua perusahaan lainnya, Galvin Manufacturing juga sangat terpengaruh oleh Depresi Besar yang melanda Amerika Serikat pada tahun 1929. Dalam upaya untuk mengeluarkan perusahaannya dari zona merah, Galvin mulai bereksperimen dengan membuat pasar auto-radio mobile, meminta karyawannya untuk merancang radio mobile murah yang bisa dipasang di setiap jenis kendaraan.

Tahun berikutnya, perusahaan ini mampu menghasilkan sebuah model radionya, yang dinamakan dengan Motorola. Nama itu berasal dari kata “Motorcar” dan “victrola.”
Log in or register to view this content!

Di tahun 1930-an, Galvin Manufacturing memperkenalkan perangkat radio polisi (radio mobil yang hanya menerima siaran polisi) dan radio rumah dengan fitur tombol push-button yang pertama dari jenisnya.
Log in or register to view this content!

Menjelang akhir dekade, perusahaan mulai meneliti rancangan televisi. Namun, penelitian dihentikan selama beberapa tahun untuk mendukung proyek-proyek terkait perang dan menghasilkan produk seperti Handie-Talkie SCR536 portabel radio dua arah, serta Walkie-Talkie, yang keduanya oleh AS Army Signal Corps digunakan dalam Perang Dunia II.
Log in or register to view this content!

R&D kemudian melanjutkan penelitian rancangan televisinya pada tahun 1945 dan perusahaan akhirnya meluncurkan TV pertamanya di Golden View tahun 1947. Dijuluki, TV 179 $ yang menjadi sangat populer kala itu, perusahaan dapat menjual lebih dari 100.000 buah dalam waktu satu tahun peluncurannya, dan membuat mereka menjadi produsen TV nomor empat di Amerika Serikat.
Log in or register to view this content!

Tahun 1947 ternyata menjadi tahun yang penting dalam sejarah perusahaan ini karena putra Galvin, Robert bergabung dengan perusahaannya, dan perusahaan berganti nama menjadi Motorola, Inc.

Menjelang akhir dekade, dalam upaya untuk memperluas bisnis otomotifnya, Motorola juga mencoba mengembangkan pemanas mobil, tetapi proyek gagal setelah insinyurnya tidak bisa memecahkan beberapa masalah teknis seperti yang berkaitan dengan kelelahan dari uap bensin.


Hiburan Rumah

Seperti Sony, penemuan transistor menciptakan peluang bisnis baru bagi Motorola, yang dengan cepat membentuk kelompok pengembangan semikonduktor yang sedang booming seperti transistor daya tiga-amp. Perusahaan juga mulai memasok transistor untuk perusahaan lain, termasuk beberapa pesaingnya.

Pada dekade 1950-an ketika permintaan untuk peralatan hiburan rumah seperti televisi menurun di AS. Mengintip peluang di pasar hiburan rumah, Motorola fokus untuk menciptakan phonographs stereo, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1958.
Log in or register to view this content!

Langkah itu terbukti berhasil dengan terjualnya semua phonographs dan peralatan hi-fi yang melebihi penjualan tahun sebelumnya. Hal ini diikuti pula dengan pengembangan unit yang merupakan kombinasi dari stereo, radio dan televisi. Produk-produk ini pun ternyata sangat populer sehingga nama merek 'Motorola' menjadi identik dengan 'hiburan di udara.'
Log in or register to view this content!

1958 adalah tahun ketika Nasional Aeronautics and Space Administration (NASA) didirikan, dan Motorola menjadi salah satu pemasok pertama organisasi itu, menyediakan berbagai peralatan komunikasi ruang angkasa seperti transponder yang digunakan dalam Mariner II, yang diluncurkan pada tahun 1962 untuk mengeksplorasi planet Venus.

Yang paling terkenal adalah ketika misi Apollo 11. Ratusan insinyur Motorola merancang, melakukan pengujian dan memproduksi peralatan elektronik canggih yang digunakan untuk keperluan penerbangan itu. Setelah manusia pertama mendarat di bulan, kata-kata pertama Neil Amstrong adalah Satu langkah kecil bagi seorang pria, satu lompatan raksasa bagi umat manusia (one small step for a man, one giant leap for mankind) - menggunakan transponder radio Motorola.
Log in or register to view this content!

Pendiri perusahaan, Paul Galvin meninggal pada tahun 1959, hanya beberapa tahun setelah ia menerapkan skema manajemen desentralisasi yang membagi bisnis perusahaan menjadi berbagai divisi. Anaknya, Robert Galvin diangkat menjadi presiden, sementara Paulus sendiri menjadi ketua dewan dan CEO. Setelah kematian Paulus, anaknya mengambil alih Motorola dan perusahaan mulai memperluas jaringan internasionalnya, sesuatu yang dilanjutkan dari tahun 1960-an.



Fokus pada peralatan elektronik berteknologi tinggi

Dekade 1970-an membawa perubahan yang signifikan untuk Motorola. Pada tahun 1974, perusahaan menjual divisi produk konsumennya, dan menjelang akhir dekade, bisnis radio mobil perlahan dihentikan. Motorola membuat radio mobil terakhir di tahun 1987.

Perubahan itu adalah akibat langsung dari pergeseran perusahaan untuk fokus membuat komponen elektronik berteknologi tinggi. Pada tahun 1974, Motorola memperkenalkan mikroprosesor pertama, MC6800, sebuah versi perbaikan yang membuat jalan untuk menciptakan mobil General Motor di dekade ini.
Log in or register to view this content!

Tonggak lain dari Motorola yang hits di tahun 1980-an, di antaranya kesepakatan dengan Toshiba Jepang untuk membantu mengembangkan mikroprosesor dengan tenaga ahlinya yang berbuah dengan diproduksinya DRAM, produksi perusahaan Bravo berupa model saku dalam sebuah pabrik yang sepenuhnya dijalankan dengan otomatis, dan penemuan peningkatan kualitas Six Sigma. Pada dekade ini juga terlihat, 68.000 keluarga perusahaan mikroprosesor menyalakan Apple, HP, DEC, PC Sun Microsystems' dan ruang kerjanya.



Bisnis Komunikasi

Dengan perubahan dalam satu dekade, fokus Motorola mulai bergeser ke arah bisnis komunikasi, yang dilakukan dengan sangat baik. Perusahaan yang merekrut spesialis pasar dari berbagai industri raksasa seperti Apple dan GE, mulai menjual pager-nya dalam beberapa warna.

Motorola memperkenalkan modem kabel pertama, model CyberSURFR pada tanggal 19 April 1995, dan menciptakan Voice over Internet Protocol (VoIP) panggilan telepon seluler yang menggunakan standar GSM seluler di akhir dekade.
Log in or register to view this content!

Sementara itu, perusahaan ini juga meneliti penggunaan 'Iridium', sebuah proyek yang bernilai miliaran dolar yang bertujuan untuk menghubungkan seluruh dunia secara nirkabel melalui sistem satelit-bumi-yang mengorbit rendah (Leos).

Akan tetapi, perusahaan mengalami kerugian dalam pertengahan tahun 1990-an karena kemerosotan penjualan pasar semikonduktor dan paging, diikuti dengan jatuhnya penjualan telepon seluler serta krisis di Asia tahun 1997. Hal ini memicu perubahan manajemen puncak di perusahaan serta reorganisasi besar-besaran yang mencakup penggabungan semua operasi komunikasi perusahaan menjadi sebuah entitas baru yang disebut komunikasi Enterprise. Pada tahun 1999, perusahaan kembali ke profitabilitasnya.

1999 adalah tahun ketika proyek Iridium digunakan. Namun, tidak hanya dilanda berbagai masalah teknis, permintaan pasar juga sangat sedikit terutama karena tarif panggilan astronomis yang tinggi (sekitar $ 3 per menit). Proyek ini akhirnya gagal.

Pada tahun 2000, Motorola mengakuisisi General Instrument Corporation, sebuah perusahaan yang mengusulkan semua digital HDTV (high-definition television) pertama di dunia namun gagal karena kesalahan standar teknis pada tahun 1990, dan telah lama menjadi perusahaan nomor 1 penyedia kabel peralatan TV. Kesepakatan itu bernilai 17 miliar dolar, akuisisi terbesar dalam sejarah Motorola.

Beberapa tonggak perusahaan yang dicapai dalam 15 tahun terakhir, antara lain :
  • Diperkenalkannya modem kabel wireless pertama di dunia pada tahun 2002.
  • Pada tahun 2004, Motorola SPS menjadi Freescale Semiconductor.
  • Menjual bisnis seluler-infrastrukturnya kepada Nokia Siemens di tahun 2010.
  • Pada tahun 2011, perusahaan terbagi menjadi dua perusahaan : Motorola Mobility dan Motorola Solutions.
  • Google setuju untuk mengakuisisi Motorola Mobility sebesar 12,5 miliar $ di tahun 2011, dan dijual ke Lenovo China pada tahun 2014 sebesar 2,91 miliar $.
  • Motorola Mobility merilis Moto 360, smartwatch pertama, pada tahun 2014. Generasi kedua smartwatch Moto 360 beberapa tahun lalu baru diresmikan.
Belum handphonenya nih, wkwkwkwk :ROFLMAO:
 
Last edited:
Handphone pertama yang saya pakai sekitar tahun 2001 adalah Ericsson GF788 model flip yang mempunyai layar sebaris saja, jadi untuk membaca/mengetik SMS, kata-katanya akan bergeser kesamping mirip dengan running text di TV.
HP ini juga legendaris bagi saya. Soalnya ini HP pertama kakak saya. Dan namanya barang baru langsung jadi rebutan adik-adiknya dan hasilnya sukses ke-lock:D.
 
Motorola(Bagian 2)
58e73df369460.png

Handphone

1973 >> Motorola menciptakan prototipe telepon seluler portabel pertama di dunia yang menggunakan DynaTAC (Dynamic Adaptive Jumlah Coverage Area) sistem.
1983 >> Telepon genggam selular komersil pertama di dunia, ponsel Motorola DynaTAC 8000X, mendapat persetujuan FCC.
Log in or register to view this content!
Beratnya 28 ons (794 gram), dan mulai dijual pada tahun-tahun setelahnya. Perangkat ini memerlukan waktu charge selama 10 jam untuk mengisi dayanya hingga penuh, dan tahan sekitar 30 menit untuk menelepon. Selain itu, perangkat ini juga mampu menyimpan 30 nomor kontak dan harganya dibanderol 3.995 $.

1989 >> Motorola merilis MicroTAC, telepon selular terkecil dan teringan pada zamannya.
Log in or register to view this content!
Dengan desain setengah bagian yang bisa dilipat, panjang 6 inchi ketika dibuka dan berat 349 gram. Handphone ini merupakan handphone analog dan mendukung GSM. Beberapa tahun kemudian, versi TDMA / Dual-modenya diluncurkan.

1996 >> Motorola meluncurkan penerus DynaTAC. Dijuluki StarTAC, yang merupakan handphone lipat pertama di dunia.
Log in or register to view this content!
Meskipun kala itu harganya dibanderol dengan harga 1.000 $, handphone ini sangat laris dan hampir 60 juta unit terjual.

2001 >> Motorola memperkenalkan V60, handphone lipat lain yang lebih kecil daripada seri sebelumnya. Ukurannya 3,43 x 1,77 x 0,94 inci dan dengan berat 109 g, dapat bertahan hingga 3 jam jika digunakan untuk menelepon, akses internet, pesan teks dan nada dering.
Log in or register to view this content!
Handphone seri ini dibuat tiga versi dengan tiga teknologi seluler yang berbeda - GSM, TDMA dan CDMA - dan dengan cepat menjadi best seller di seluruh dunia.

2003 >> Motorola memperkenalkan A760, handphone pertama di dunia yang ber-OS Linux dan dilengkapi dengan teknologi Java. Beberapa tahun kemudian, RAZR V3 diluncurkan. Ukurannya 3,86 x 2,09 x 0,55 dan berbobot 95 g, handphone ini memakai desain yang mencolok.
Log in or register to view this content!
RAZR V3 juga memiliki jack mini-USB untuk pengisian dayanya dan sukses di pasaran, dengan lebih dari 130 juta unit yang terjual, dan menjadi handphone lipat terlaris di dunia sampai saat ini.

2005 >> Motorola Q diluncurkan. Handphone ber-OS Windows Mobile ini mirip dengan BlackBerry serta tak ketinggalan keyboard QWERTY dan tombol navigasinya. Ada juga bola yang digerakkan dengan ibu jari yang membantu menggulir halaman dengan cepat dan mudah.
Log in or register to view this content!

Di tahun yang sama, Motorola kembali meluncurkan handphone seri PEBL (model U6). Sekali lagi, itu adalah handphone lipat, tapi bedanya, yang ini lebih kecil, dan terlihat seperti batu kristal, sesuai dengan namanya.
2008 >> model U9 dan U3 menyusul diluncurkan.
Log in or register to view this content!

2005 >> Motorola meluncurkan SLVR L7. Kali ini, Motorola membuang desain handphone lipatnya dan memperlihatkan model candybar untuk membedakan dengan seri-seri lain yang dirilis di bawah seri SLVR.
2006 >>SLVR l7e diluncurkan.
2007 >> L9 diluncurkan.
Log in or register to view this content!

2008 >> Motorola meluncurkan handphone Aura R1. Dengan tampilan layar yang melingkar dan bodi stainless steel, sangat berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Bahkan, handphone ini dapat diputar 180 derajat. Ada juga lensanya yang dilapisi kristal safir 60 karat.
Log in or register to view this content!

Desainnya unik-unik ya? Adakah salah satunya yang dulu sobat djadoel ingin beli tapi tak kesampaian atau sudah beli? :D Kalo saya dulu, demen RAZR V3 tuh, hehe
 
Last edited:
He.he..kalo Hp pertama saya Nokia 5510 tapi akhirnya hancur terlindas truk. Trus ganti Nokia warna biru (lupa jenisnya), lanjut Sony Ericsson T610 ganti T750 trus ganti ganti terus. Sekarang punya 2 Hp, merk Nokia dan Android.
Ada yang pengen saya punya kalau saja ada yang masih jual yakni merk Philip Xenium yang bisa tahan baterainya lama, katanya sih bisa sebulan.
 
Back
Top