Desinfektan Buku Bekas

idanora

Retro
Scanlation team
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
466
Reaction score
2,023
Points
323
Gender
Female
Kalo disemprot alkohol bisa luntur dong tintanya ๐Ÿ˜

Lampu UV bisa kok beli yg kecil itu kayak buat ngecek uang palsu. Di olshop banyak. Mestinya di toko alat elektronik juga banyak. Ada yg kecil mirip lampu belajar mini jd bisa dibawa kmana2.

Solusi mudah ya dijemur aja. Kena panas dan sinar matahari kan pasti virusnya mati.
 

JokPras

Enthusiast
Joined
Jan 28, 2017
Messages
82
Reaction score
183
Points
73
Gender
Male
baru nyadar juga yha sekarang beli buku bekas juga harus disterilkan, apalagi ada covid. Tapi mungkin saat proses scan bisa lebih aman pakai sarung tangan barangkali yha, bacanya di HP atau di komputer supaya kertas komiknya bisa lebih aman ngga kena-kena tangan dan ngga robek...
 

woky94

Vintage
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Feb 7, 2014
Messages
773
Reaction score
4,780
Points
438
Gender
Male
Kalo disemprot alkohol bisa luntur dong tintanya ๐Ÿ˜

Lampu UV bisa kok beli yg kecil itu kayak buat ngecek uang palsu. Di olshop banyak. Mestinya di toko alat elektronik juga banyak. Ada yg kecil mirip lampu belajar mini jd bisa dibawa kmana2.

Solusi mudah ya dijemur aja. Kena panas dan sinar matahari kan pasti virusnya mati.
Dijemurnya antara jam 9-10 pagi. Cukup setengah jam aja. Biar sehat xixixixixi
 

idanora

Retro
Scanlation team
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
466
Reaction score
2,023
Points
323
Gender
Female
Sebenarnya sama sih buku baru juga di toko juga dipegang2 orang termasuk calon pembeli lain, kasir, pramuniaga yg nata buku, juru stok dari gudang. Kalau sabar tinggal diamkan saja bukunya seminggu baru dibuka. Kalau nggak sabar ya dijemur di luar ruangan atau disinar UV. Kalau bukunya masih dibungkus plastik sih tinggal memastikan covernya kena sinat. Kalau bukunya sudah dibuka2 orang banyak, ini agak repot.
Waktu proses scan juga pas bukunya dibuka, pasti ada debu yg mabul2 keluar dari lembaran buku itu. Debu bisa mengangkut virus selama bbrp hari, maaf saya lupa. 2 hari?
Jadi yg paling mudah ya bukunya "diperam dulu sampai matang" ๐Ÿคฃ
 

kresnaw

Collector
Veteran
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,230
Reaction score
4,353
Points
573
Gender
Male
Kalau di lemari buku saya selalu taro silica gel agar tidak lembab. Kemudian lemari / rak buku saya suka semprot dengan desinfektan yg biasa dijual online (Futanlux atau Dettol).
 

steven097

Greenhorn
Joined
Dec 20, 2020
Messages
28
Reaction score
27
Points
18
Gender
Male
Kalau saya, buku2 yang baru dibeli semua dimasukkan dulu ke box tertutup lalu disinar uv pakai lampu uv kurang lebih 30 menit. Lalu udah gt saya semprot alkohol dan dijemur/diangin2kan
waktu itu perna sampulnya saya semprot alkohol. padahal cuman dikit dan sampul depannya doank tapi langsung keriting bukunya :cry:
 

idanora

Retro
Scanlation team
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
466
Reaction score
2,023
Points
323
Gender
Female
Alkoholnya berapa persen? ๐Ÿ˜
 

steven097

Greenhorn
Joined
Dec 20, 2020
Messages
28
Reaction score
27
Points
18
Gender
Male
Alkoholnya berapa persen? ๐Ÿ˜
wah ga inget deh, waktu itu ada alkohol yg buat pake desinfektan, semprot ke sampulnya depan belakang, semprotnya juga cuman dikit, abis itu langsung di lap pakai tissue, ga lama eh keriting :cry: sejak itu uda ga pake semprot2 lagi. kalaupun mau bersihin sampulnya paling pakai tissue aja
 

johonson

Nostalgic
Donatur
Joined
Oct 22, 2016
Messages
165
Reaction score
153
Points
115
Gender
Male
Bisa juga masukin buku bekas dalam kotak plastik yang sudah ditaburin baking soda secukupnya lalu ditutupin, diaduk2 dan dibiarkan selama beberapa hari. Setelah itu bukunya bisa dikeluarkan, dan masukin lagi buku lainnya yang perlu dibersihkan.

Baking Soda sangat bagus buat bersihin buku sekaligus menghilangkan bau2 apek yang gak sedap. Hasilnya buku bersih dan harum. Bisa dicoba. Gampang dan murah meriah.

R (1).jpg
 
Last edited by a moderator:

hendriir

Enthusiast
Joined
Oct 10, 2020
Messages
48
Reaction score
74
Points
33
Gender
Male
Kl ane mah selalu terapin protokol 3M pas membaca komik,Mencuci tangan biar gk kotor bukunya ,Menyiapkan cemilan dan sendok/garpu biar tangan tetep bersih,Memakai kacamata buat baca soalnya ane minus hehe...aman dah.
 

FIRS

Enthusiast
Joined
Sep 22, 2021
Messages
64
Reaction score
77
Points
38
Gender
Male
kalo koleksi buku2 saya dilemari, cuma saya kasi kapur barus/kamfer saja biar tidak ada rayap.
cuma dulu seingat saya, di persewaan komik, pemiliknya sempat bilang ke saya kalo komik2nya rutin di semprot
ntah fungsinya apa agar tidak dimakan rayap juga, atau apakah biar kertasnya tidak cepat menguning

tapi kualitas kertas komik2 manga terbitan lama memang lumayan rendah daripada cetakan luar, kualitas kertasnya mirip koran
jadi mungkin perawatan memang harus lebih, saya sendiri punya beberapa komik yang beli dari blok m, kualitas kertsnya
selain kotor juga menguning, kadang berasa agak jijik juga kalo mau bacanya karena sya sering baca sambil makan/ngemil.

makanya saya sangat antusias dengan komik digital/scanan, selain sedang project scan komik2 koleksi sendiri, berharap juga bisa
dapat akses komik komik di zonadjadoel ini, baca di tab lebih enak, selain hemat penyimpanan, juga tidak ribet soal perawatan.
 
Top