Best of Indonesia

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
949
Ratings
3,539
Points
551
Gender
Female
#1
Bebas! bisa place of interest, makanan, kebiasaan masyarakat Indonesia, budaya dll

Tapi harus:

- spesifik, dan most importantly...
- disertai penjelasan dan mungkin cerita dan tips (kalau tempat pariwisata disertai travel tips, kalau makanan, belinya di mana, metode memasak dll)

Saya mulai duluan:

1) Cuaca
Ini bisa ditanya ke orang2 perantauan, mahasiswa2 yang terdampar di negeri orang. Jarang di belahan dunia manapun ditemui tempat sehangat dan secerah Indonesia, matahari 360 hari setahun, terbit dan terbenam konsisten setiap hari. Bebas dari angin dingin, hujan es dan salju.

Log in or register to view this content!

2) Rendang
Dimasak dengan berbagai bumbu, makanan tradisional khas Minang yang masuk sebagai 50 masakan terlezat versi CNN.

Log in or register to view this content!

komen sobat ditunggu :)
 

Hasan

=Penataran P4F=
Joined
Nov 29, 2016
Messages
223
Ratings
194
Points
86
Gender
Male
#2
Last edited by a moderator:

Ben

Nostalgic
Joined
Sep 29, 2013
Messages
145
Ratings
27
Points
76
Gender
Male
#3
7) Pempek

Hmm .. pempek kali ya,soal nya saya orang sumatra dan suka sekali makan pempek,dan itu gak ada di luar indonesia .. :)

Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
955
Points
336
Gender
Male
#4
2) Rendang
Dimasak dengan berbagai bumbu, makanan tradisional khas Minang yang masuk sebagai 50 masakan terlezat versi CNN.
sebagai orang Minang, saya bangga banget sama Rendang ini yg udah bisa dibilang jadi Kuliner legendaris khas Minang yg diakui diseluruh Nusantara sampai Internasional...

Mungkin sobat ZD semua mayoritas cuma tau Rendang berbagai daging sapi/kambing dan ayam saja, tapi apa sobat tau ada banyak varian rendang khas minang yg rasanya gak perlu dipertanyakan lagi namun jarang didengar/ditemui ?

Berikut diantaranya :

1. Rendang Belut
Rendang ini adalah rendang khas dari kampung halaman ayah saya, yakni Batusangkar
Log in or register to view this content!

2. Rendang Lokan (Kerang) + Paku (Pakis)
Kalo rendang ini sering dijumpai didaerah pesisir pantai, seperti dikampung halaman istri saya, Painan
Log in or register to view this content!

3. Rendang Paru
Rendang ini biasa dijumpai diarea tinggi seperti dikampung halaman ibu saya, Bukittinggi sampai ke Payakumbuh
Log in or register to view this content!

4. Rendang Itik
Hampir sama seperti rendang paru penjelasannya
Log in or register to view this content!

5. Rendang telur
Tolong diperhatikan gambar dibawah dengan seksama untuk tahu yg mana yg Rendang Telur Asli Minang
Log in or register to view this content!
 

zamul

Enthusiast
Joined
Jan 2, 2017
Messages
77
Ratings
39
Points
51
Gender
Male
#5
yang di atas sudah menyebutkan yg postif2 gimana kalo ana nyebutin yg best of negatif dr indonesia tapi khas banget

1. Tawuran Antar Pelajar : pakai seragam komplit tapi bawa senjata tajam persis para gangster, berkelahi di tengah keramaian umum, kalo anda menjumpai kek gini, tidak salah lagi anda berada di INDONESIA
2. Korupsi Pejabat : udah tersangka, didakwa tapi senyam-senyum penuh keramahan tak kenal malu, tak merasa bersalah, sudah pasti itu pejabat INDONESIA
 
Joined
Sep 18, 2017
Messages
162
Ratings
117
Points
76
Gender
Male
#6
8) Soto Ayam
Soto ayam, enak banget ni, apa lagi kuahnya kental, dimakan pake nasi yang hangat, enak banget, sumpah deh top banget, datang-datang lah ke Medan dan rasain sop ayam nya, nggak nyesel deh
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
903
Ratings
1,826
Points
421
Gender
Male
#7
5. Rendang telur
Tolong diperhatikan gambar dibawah dengan seksama untuk tahu yg mana yg Rendang Telur Asli Minang
bukan telur bulet ya mas cerber? itu telornya yg mana nya sih? kok keliatannya malah kayak kerupuk pangsit ya?
 

AyuNuni

Nostalgic
Joined
Sep 16, 2017
Messages
104
Ratings
93
Points
61
Gender
Female
#8
Sebagai orang minang bagi saya pribadipun Rendang menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi sekarang udah bisa bikin rendang yang rasanya endes gulindes (pokoknya beneran brasa rendang lah) maklum, ibu ibu baru, jd baru bisa masak beginian

9) Mie Instan

Selain Rendang, yang ga mungkin dilewatkan dan dilupakan anak kos adalah Mie Instan (apapun merk nya)
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Donatur
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
674
Ratings
2,183
Points
456
Gender
Male
#10
Ojek. Rasanya untuk yg satu ini hanya ada di Indonesia.

Bus Kopaja miring ke kiri dengan asep hitam mengepul. Ini juga khas Indonesia. Eh, lebih tepatnya adalah khas Jakarta....wkwkwkw

Micin juga hanya dijual di Indonesia. Udah banyak negara yang melarang produk MSG.
 
Joined
Jan 13, 2017
Messages
144
Ratings
287
Points
136
Gender
Male
#11
Micin juga hanya dijual di Indonesia. Udah banyak negara yang melarang produk MSG.
Setahu saya vetsin (karena IQ lidah orang indonesia yg ya begitu deh, maka sering disebut dengan mecin) asli dari Tiongkok, Korea dan Jepang.
Sama kayak nyebut muisjes (coklat beras) dengan meses, tololnya perusahaan coklat ternama kelas internasional asal indonesia menulisnya dengan MESES, padahal lebih tepat kalau nulis sprinkler atau hagelslag sekalian..

Kalau di Tiongkok dan Jepang, masih menggunakan ekstraksi sari tetes tebu (MSG alamiah).
Kalau disini MSG nya sudah kimia.

Makanya ngga heran, orang Tiongkok sama Jepang hampir overdosis makan vetsin setiap hari di setiap masakannya, pada pintar2...
Kalau disini, identik dengan kebodohan.....

Sungguh ironis.

Oh ya, balik ke trit awalnya.
Sesuatu yg khas dan hanya ada di Indonesia yaituuuu

Log in or register to view this content!
 
Last edited:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
903
Ratings
1,826
Points
421
Gender
Male
#12
Setahu saya vetsin (karena IQ lidah orang indonesia yg ya begitu deh, maka sering disebut dengan mecin) asli dari Tiongkok, Korea dan Jepang.
ini namanya kearifan lokal mas... :D kata dari bahasa asing banyak yang jadi kata serapan gara-gara IQ lidah orang indonesia yg ya begitu deh...:ROFLMAO:
Sama kayak nyebut muisjes (coklat beras) dengan meses, tololnya perusahaan coklat ternama kelas internasional asal indonesia menulisnya dengan MESES, padahal lebih tepat kalau nulis sprinkler atau hagelslag sekalian..
coba bayangin 50 tahun yang lalu, anak kecil disuru ibu nya beli meises ke pasar (ato orang yang udh gede tapi wawasannya kurang luas deh), dia liatnya muisjes, trus di sebelahnya ada coklat butir juga tapi tulisannya persis meises. Kira-kira dia ambil yang mana? Saya rasa ini strategi marketing agar produknya lebih mudah dikenali. ;)

Kalo sprinkler saya kebayangnya orang makan roti pake pemadam api yang di plafon gedung eh... :ROFLMAO::ROFLMAO:
 
Top