Tradisi Tahun Baru

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
956
Ratings
3,571
Points
551
Gender
Female
#1
Menjelang akhir tahun gini, gimana kalau kita membahas tradisi tahun baru dari tahun ke tahun...menarik juga kalau membandingkan tradisi tahun baru jadul dan sekarang. Biasanya masing2 keluarga punya tradisi yang unik, di samping tradisi standar (seperti terompet):

Cara Bikin Terompet Sendiri Di Rumah.jpg

- Jagung Bakar

Log in or register to view this content!

Ini mungkin bbq tahun baru yang cuman ada di Indonesia.

- Siaran 24 jam

Seingat saya di tahun 90an, RCTI menayangkan seri2 bangsanya MacGyver dan Knight Ryder sampai pagi.

colek mbak @ari_jh :)
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
719
Ratings
2,311
Points
456
Gender
Male
#2
Yang paling jadi tradisi adalah bakar-bakaran (BBQan). Di tempat saya (cluster perumahan, maksudnya...wkwkwk) ini sudah jadi tradisi bertahun2. Selain jadi ajang makan2 juga menjadi sarana perkenalan, terutama dengan tetangga baru... :D
 

ari_jh

Fanatic
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
2,760
Ratings
9,464
Points
996
Gender
Female
#3
kalau di tempat saya tidak ada yang luar biasa. seperti kebiasaan keluarga suku Batak pada umumnya, malam tahun baru diisi dengan doa bersama :) tentunya juga makan bersama :)

saya malah keingetan jaman kuliah. dulu ujian akhir semester bisa dibilang pasti mulai tanggal 2 januari :D jadi bisa dibayangkan kegiatan saya pas malam tahun baru pasti nggak kemana2 :D karena berbeda dengan teman2 kos saya yg dari fakultas lain, bahan ujian saya kalau dibandingkan bagaikan bumi dan langit banyaknya :D
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,350
Ratings
1,378
Points
691
Gender
Male
#4
Yg pasti petasan roket yg jedar jeder jedor gak karu-karuan. Entah beberapa tahun ini gak pake bakar-bakar. Cukup makan-makan dan doa bersama aja. Tapi udah beberapa tahun ini saya memilih salawatan di masjid timbang dangdutan atau nonton gegap gempita yg hambur uang.

Jadi ingat waktu kecil. Karena ortu gak ada skedul akhirnya para anak kecil bakar singkong aja sambil buat kemah. Tapi namanya anak kecil jam 11 yah pada tidur. Tiap tahun baru RCTI hobi muter 6 film Star Wars.
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
797
Ratings
3,906
Points
431
Gender
Male
#5
Dulu pada waktu masih SMP dan SMA, menjelang tahun baru saya beserta teman-teman sekitar rumah (tidak hanya satu angkatan) biasa urunan uang untuk membeli ayam, kecap, bumbu2 dan arang. Malamnya ayam yang sudah dipotong-potong serta diberi bumbu itu dibakar ramai2. Kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama itu tidak hanya pada waktu menjelang tahun baru. Pada waktu libur panjang kenaikan kelas, saya beserta teman-teman sekitar pun biasa urunan uang untuk membeli buah-buahan, gula jawa, cabe merah dan cabe rawit untuk acara rujakan.
Terkadang ada kerinduan untuk melakukan kegiatan itu bersama-sama lagi tapi sayang hal itu susah sekali dilaksanakan karena mereka sudah terpencar-pencar dengan jarak yang sangat jauh juga alasan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dll. :(
 
Top