TITANIC (1997)

58737c6040acd.jpg

Judul : Titanic (1997)
Jenis Film : Drama Romantis
Sutradara : James Cameron
Produksi : 20th Century Fox, Paramount Pictures, Lightstorm Entertainment.
Pemain : Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, Billy Zane, Kathy Bates, Gloria Stuart, Victor Garber
Durasi : 194 menit
Tahun Tayang : 19 Desember 1997
Anggaran : $200 juta
Pendapatan kotor : $2.185.372.302

Ringkasan :
Berkisah tentang sepasang kekasih bernama Jack & Rose yang menjalin cinta di atas kapal mewah Titanic. Bersetting tahun 1912, Ketika sebuah kapal yang paling canggih di masa itu yaitu Titanic akan segera melakukan pelayaran. Ada seorang pemuda yang bernama Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) yang memenangkan sebuah perjudian. Sehingga ia dan sahabatnya berhak untuk mendapatkan tiket berlayar menggunakan kapal Titanic yang terkenal. Di sisi lain, ada seorang anak bangsawan yaitu Rose (Kate Winslet) yang juga naik ke kapal Titanic. Namun ternyata meskipun dikelilingi oleh kemewahan ternyata hal tersebut tidak mampu membuat Rose menjadi bahagia. Apalagi dia telah dijodohkan dengan seorang pria yang sama sekali tidak ia cintai. Kegundahan Rose kemudian memuncak dan ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari kapal Titanic. Namun ternyata sebelum hal tersebut terjadi, aksi dari Rose tersebut berhasil dicegah oleh Jack. Tidak membutuhkan waktu lama bagi mereka berdua untuk saling akrab dan kemudian jatuh hati. Namun menyatukan cinta mereka berdua memang terlihat mustahil. Karena status sosial mereka yang sangat jauh berbeda. Kisah cinta mereka berubah menjadi cerita perjuangan hidup setelah Titanic mengalami nasib buruk, kapal mewah itu menabrak karang es pada tanggal 15 April 1912, empat hari pasca pelayaran, tepatnya 375 mil di selatan Newfoundland. Kisah cinta yang ada di Titanic sendiri berakhir karena Jack Dowson meninggal karena kedinginan saat menyelamatkan Rose.

Kelebihan :
Membuat replika tenggelamnya kapal Titanic memang tidak mudah, apalagi jika harus melakukannya di tahun 1997. Tapi nyatanya James Cameron dengan visinya mampu menyajikan film yang sangat realistis tanpa harus membuatnya kelihatan mengobral teknologi. Untuk prestasi yang mengagumkan ini, layak jika film berbiaya produksi US$200 juta atau hampir Rp.2 triliun ini mencapai angka penjualan sampai US$1,83 miliar atau jika dikurs-kan dengan nilai rupiah saat itu, hampir mencapai Rp17 triliun dan menempatkannya menjadi film terlaris kedua sepanjang masa setelah Avatar (2010).

Kekurangan :
Kelemahan film ini adalah pesan yang kurang bermanfaat untuk penonton. Pesan ceritanya saja yang tersampaikan dengan baik. Pesan yang dapat menginspirasi penonton agak kurang. Fokus film ini adalah visual-effect dan drama sebagai hiburan dalam film yang menyabet 11 piala Oscar ini dan akhirnya harus rela didepak oleh AVATAR di awal tahun 2010.

Kesimpulan :
Kisah sejarah tenggelamnya Titanic menginspirasi sebuah drama yang dimiliki oleh penumpang yang sedang jatuh cinta dengan penumpang lain. Kisah Titanic menjadi kisah yang paling mengharukan bagi semua yang melihatnya hingga membuat Titanic menjadi film legendaris sepanjang masa.

Nilai rekomendasi untuk film : 5/5
 

wigfranz

Enthusiast
Joined
Mar 19, 2015
Messages
42
Reaction score
83
Points
38
Gender
Male
Saya rasa memang film ini kurang banget memberi makna kepada penonton selain menyuguhkan drama percintaan disertai visual efek yg sangat cantik dgn latar belakang peristiwa yg sangat terkenal di seluruh dunia... Kita terkagum pada visual efeknya, bukan pada makna dan alur ceritanya.
 

kresnaw

Collector
Veteran
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,230
Reaction score
4,351
Points
573
Gender
Male
Saya rasa memang film ini kurang banget memberi makna kepada penonton selain menyuguhkan drama percintaan disertai visual efek yg sangat cantik dgn latar belakang peristiwa yg sangat terkenal di seluruh dunia... Kita terkagum pada visual efeknya, bukan pada makna dan alur ceritanya.

Waduh... tapi saya nonton sampai 4x :love:.
 

Miyu

Retro
Kontributor
Joined
Jan 30, 2020
Messages
320
Reaction score
407
Points
183
Gender
Female
Waktu pertama kali nonton ini SD kayanya. Jaman dulu banyak adegan kiss nya. Jadi pas nonton disuruh tutup mata sama kakak. đŸ˜‚ Wkwkwkwkw jd kalo di inget cuma pas kapalnya tenggelam doang.wkt kuliah baru nntn semuanya kl ga salah.
 
A

Anonim 2524

Guest
Gue mmg pada dasarnya gak terlalu suka film2 roman/percintaan. Jadi bagiku film ini yah biasa2 aja sih, cuma tertarik pengen tau/liat bagaimana kapalnya tenggelam sesuai sejarah yg dibaca.
 

Awee

Retro
Scanlation team
Kontributor
Best Comment
Joined
Jan 19, 2021
Messages
398
Reaction score
1,026
Points
258
Gender
Male
Saya rasa memang film ini kurang banget memberi makna kepada penonton selain menyuguhkan drama percintaan disertai visual efek yg sangat cantik dgn latar belakang peristiwa yg sangat terkenal di seluruh dunia... Kita terkagum pada visual efeknya, bukan pada makna dan alur ceritanya.
Bagi sebagian orang sich, film ini memiliki kesan mendalam, terutama mengenai cinta dari tokoh utamanya, Rose (Kate Winslet) terhadap lawan mainnya (Leonardo DiCaprio) yang tidak lekang meski puluhan tahun berlalu, dan Rose sudah menikah dengan orang lain (diketahui dengan adanya cucunya di awal-awal adegan). Meski settingnya "agak" lazim, yaitu gadis kaya jatuh cinta dengan pemuda imigran miskin yang bahkan dapat tiket naik Titanic hasil dari menang judi, namun rasanya setting semacam ini memang kerap menjadikan potensi konflik yang laku untuk dibuat film......:)
 

FIRS

Enthusiast
Joined
Sep 22, 2021
Messages
64
Reaction score
73
Points
38
Gender
Male
kalo menurut saya ini tetaplah film terlaris sepanjang masa, meski secara hitung2an sekarang keuntungannya sudah di lampaui avatar atau mungkin avenger. namun menurut pemikiran saya, sangat wajar bberapa film2 terkini akan mengalahkan total penjualan/keuntungan titanic tersebut, karena faktor utama tetntunya jumlah penduduk yang semakin meningkat, kemampuan ekonomi dan juga jumlah bioskop2 yang semakin banyak.

sebagai contoh, di provinsi saya sendiri saat film titanic rilis, belum/tidak ada bioskop disini, baru ada kembali bioskop di tahun 2016/2017,
belum lagi dengan tren dan perkembangan teknologi informasi sekarang ini yang semakin mempermudah akses masyarakat dalam mengetahui info2 terkait film2 terbaru/terlaris, sehingga animo dalam menonton film2 terbaru juga semakin tinggi.

dengan point2 tersebut, entah apakah fair hitung2an bahwa titanic tadi sudah terlampaui oleh film2 lainnya sekarang, meski secara total keuntungan memang bisa diperhitung/diperbandingkan, tapi kondisi2 tadi juga pastinya berpengaruh.

coba saja seandainya titanic baru rilis sekarang/tahun2 seperti saat avatar rilis, mungkin hitung2annya bisa berbeda
 

idanora

Retro
Scanlation team
Kontributor
Joined
Jun 23, 2015
Messages
459
Reaction score
2,010
Points
323
Gender
Female
Di masa2 itu film ini memang bikin penasaran anak2 muda, terutama karena ada adegan ini-itu đŸ˜† tapi setelah umur segini baru sadar memang film Hollywood rata2 mengandung unsur ini-itu.
 

bayangan

Enthusiast
Joined
Sep 23, 2021
Messages
51
Reaction score
23
Points
28
Gender
Male
legend emang ni film.. sampe soundtracknya juga legend
 
Top