Takeshi Maekawa

takeshi.jpg
Nama keluarga (dalam kanji): 前 川
Nama depan (dalam kanji): た け し
Tanggal lahir: 1960-07-29
Asal: Asahikawa, Hokkaido, Jepang

Takeshi Maekawa (umur 61 tahun) adalah seorang mangaka. Takeshi Maekawa menjadi mangaka terkenal melalui karyanya, Kungfu Boy, yang pertama kali dipublikasikan di kodansha pada Desember 1983. Kungfu Boy cukup sukses baik di Jepang sendiri ataupun di negara-negara lain, sehingga Takeshi Maekawa menerima penghargaan Kodansha Manga Award pada tahun 1987.
Di tengah kesibukannya meramu kungfu boy,Takeshi maekawa sensei (sebutan untuk seseorang yang di anggap menjadi inspirator) sempat membuat beberapa cerita lainnya yang agak sedikit berbeda. Mulai dari tema bilyar, sepak bola, sumo, sejarah, dan lain-lain.

Karya Takeshi Maekawa:

1. Kungfu Boy

Adalah sebuah mahakarya dari Takeshi Maekawa, ada beberapa versi atau sub serial dari Kungfu Boy yang sudah diterbitkan di Indonesia yaitu:
1. Kungfu Boy / Kungfu Boy Classic terdiri dari 39 volume. Yang kemudian diterbitkan ulang dan dibundel menjadi Kungfu Boy Premium sebanyak 18 volume.
2. New Kungfu Boy terdiri dari 20 volume yang kemudian diterbitkan ulang dan dibundel menjadi New Kungfu Boy Premium 10 volume.
3. Kungfu Boy Legends aka Chinmi Legends, sejauh ini sudah diterbitkan sebanyak 26 volume dan masih bersambung. Yang diterbitkan ulang dan dibundel menjadi Chinmi Legends Estra.
4. Kungfu Boy Other Story aka Chinmi Other Story (Tekken Chinmi Gaiden) yang terdiri dari 3 buku. Buku pertama dalam cerita pertama tentang Chinmi yang ketemu guru Yosen & cerita kedua tentang Chinmi yang bertemu dengan rombongan pemusik Sou En. Buku kedua cerita pertama tentang masa kecil Chinmi yang tinggal bersama kakaknya dan cerita kedua tentang Sie Fan yang mendapat murid pertamanya. Buku ketiga cerita tentang Tan Tan yang menyelamatkan seorang cewek yang mencuri permata dari para penculiknya.
5. Short Story about Chinmi yang terdiri dari 1 jilid saja menceritakan Chinmi yang sedang berkelana bertemu dengan orang-orang dari rumah Ryukaku yang ahli dalam bidang obat-obatan.

2. Breakshot
break.jpg

Komik ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Chinmi yang menjadi satu-satunya anggota di klub Billiard. Cerita dimulai dengan Olive (ketua OSIS) yang mendatangi berbagai klub untuk membahas mengenai pendanaan. Saat itu, klub Billiard tidak bisa meminta dana karena hanya memiliki satu anggota dan tidak ada prestasi. Akhirnya berkat kemampuan Chinmi, klub Billiar tersebut bisa memperoleh dana dan anggota baru. Cerita pun dilanjutkan dengan perjuangan Chinmi di dunia Billiar melawan berbagai macam orang dengan teknik Billiarnya yang hebat dan unik. Komik ini terdiri dari 16 volume dan mulai terbit di Indonesia pertama kali pada tahun 1993.

3. AS - Animal Sense
as.jpg

Satu-satunya karya Takeshi Maekawa sensei yang menjadikan wanita sebagai tokoh sentral. Yang bertemakan kemampuan berkomunikasi dengan binatang. Tokoh utama di komik ini adalah seorang gadis SMU bernama Fuzuki Hosino yang memiliki kemampuan memasuki pikiran hewan. Dia bisa melihat dan merasakan apa yang dialami oleh hewan yang dia rasuki. Kemampuan ini digunakan oleh Fuzuki untuk berbuat kebaikan seperti menangkap pencopet hingga terlibat dengan kasus penculikan binatang. Cerita komik ini sangat unik dan didukung oleh teknik menggambar yang sangat baik oleh Takeshi Maekawa. Hal ini membuktikan bahwa Takeshi Maekawa adalah pengarang kreatif yang tidak hanya terpaku pada satu genre komik saja. Komik Animal Sense ini sendiri terbit pertama kali di Indonesia pada tahun 2008 dan memiliki total tiga volume.

4. Sam si 3000 Bath
sam.jpg

Sebuah maha karya Takeshi Maekawa. Tentang anak yang bernama Sam Yonkon yang bercita-cita jadi juara Thai Boxing (1 volume).

5. Hakkeyoi
hak.jpg

Petualangan chinmi dalam olahraga sumo ( 1-6 volume).
Catatan: Sebenarnya bukan chinminya Kungfu Boy, hanya saja karakter utamanya saat diterbitkan di Indonesia menggunakan nama Chinmi, sama seperti manga Breakshoot.

6. Hoshi no Ken
hoshi.jpg

Komik ini menceritakan seorang samurai bayaran bernama Nagahisa Amachi yang sedang mencari musuh yang dibencinya. Suatu hari, Nagahisa bertemu seorang gadis yang sedang dikejar orang-orang jahat. Gadis itu ternyata putri Mizuki yang berhasil kabur ketika tempatnya, benteng Marutani, diserang. Benteng tersebut diserang oleh Mitsumaru Yamato yang juga membunuh keluarga Nagahisa. Mitsumaru menggunakan Pedang Bintang buatan ayah Nagahisa yang terkenal karena kekuatannya dan berbuat semena-mena. Hal ini mengharuskan Nagahisa pergi mencari teman ayahnya yang juga seorang pandai besi untuk dibuatkan pedang yang bisa menyaingi Pedang Bintang. Komik ini terbit di Indonesia pertama kali pada tahun 1993 dan hanya memiliki satu volume saja.

7. Kungfu Tao
kung-fu-tao-10792.jpg

Komik ini bercerita tentang pemuda bernama Chinmi Tao dalam mempelajari ilmu kungfu dan melawan kejahatan (11 volume).

8. The Striker
strike.jpg

The Striker adalah komik bertema sepak bola yang menceritakan tentang dua orang yang awalnya bermusuhan, tetapi akhirnya bersahabat. Mereka bernama Koichi Najima dan Gogan Tomero alias Gol, hubungan kedua orang itu seperti air dan minyak karena Najima sangat patuh pada peraturan dan Gol yang cenderung bermain dengan kasar. ( 1-3 volume )

9. Roulette Battler
roulet.jpg

Komik ini menceritakan seorang pemuda bernama Kentaro yang suka berlatih pedang dan bermimpi menjadi pendekar yang tangguh. Namun, suatu hari dia terpilih sebagai pemakai pedang digital yang dirasuki oleh roh Musashi Miyamoto. Selain Kentaro, ada lima pemuda lain yang terpilih pedang digital dan membantu mengembangkan potensi pedang digital tersebut. Suatu hari, ketika sedang dilakukan penelitian terhadap pedang peninggalan klan Yagyu, tiba-tiba roh Jubee Yagyu dan roh samurai lainnya muncul dan memiliki bentuk fisik. Jubee Yagyu pun melihat potensi pedang digital dan berusaha merebutnya dari tangan Kentaro dan kawan-kawan. Komik ini terbit di Indonesia pada tahun 2008 sebanyak empat volume. ( 1-4 volume)

Sumber: wikipedia + editan keterangan tambahan saya sendiri.
 

Attachments

  • break.jpg
    break.jpg
    16.8 KB · Views: 0
  • as.jpg
    as.jpg
    50.1 KB · Views: 0
Last edited:
Top