Sejarah dan Perkembangan Manga

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
961
Points
306
Gender
Male
#1
Definisi manga

Manga (di Indonesia dibaca Ma-nga, namun diJepang sana dibaca Man-ga atau Ma-ng-ga), berasal dari bahasa Jepang yang berarti “Komik”dalam bahasa Indonesia. Secara harfiah, manga memiliki arti “Gambar Aneh”atau "sketsa spontan". Manga telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa di negara-negara di luar Jepang termasuk Cina, Perancis, Italia, Malaysia, Indonesia dan lainnya. Untuk beberapa negara terdapat sebutan tersendiri untuk menyebut komik yaitu “Manhua” untuk China / Hongkong / Taiwan dan “Manhwa” untuk Korea.

Manga khas Jepang umumnya menggunakan gaya/style sederhana dalam menggambar manga. Ciri khasnya adalah mata besar, mulut kecil dan hidung sejumput. Ada juga gaya menggambar Lolicon maupun Shotacon. Tapi tidak semua manga digambarkan dengan sederhana. Beberapa mangaka menggunakan style yang realistis, walaupun dalam beberapa elemen masih bisa dikategorikan manga. Namun, gambar latar belakangnya hampir semua manga digambarkan serealistis mungkin. Manga biasanya dicetak hitam-putih, namun ada juga beberapa yang berwarna (colorfull).

Sejarah manga

Manga di Jepang diawali pada jaman Edo, di mana seorang pemahat kayu dan pelukis bernama Katsushika Hokusai (1760 –1849), menciptakan istilah Hokusai Manga pada serial sketsanya yang berjumlah 15 volume dan diterbitkan pada tahun 1814. Hokusai itu sendiri berasal dari 2 huruf Cina yang memiliki arti “gambar manusia untuk menceritakan sesuatu”.

582d2f85d8caa.jpg
Ada juga karya manga lainnya seperti karya Satou Kyouden buku bergambar“Shiji no yukikai” (1798) dan karya Aikawa Minwa, “Manga Hyakujo” (1814) sertaRakuten Kitazawa yang menggunakan bahasa manga dalam pengertian modern. Buku komik pertama muncul di akhir abad 18, Kibyoushi, dengan tatanan gambar yang dikelilingi oleh tulisan sebagai narasinya. Manga tidak begitu berkembang hingga Perang Dunia II.

Pada awal abad 19, muncul seorang mangaka bernamaOsamu Tezuka (1928-1989) yang membawa sejarah baru di dunia manga Jepang. Karyanya yang terkenal adalah Tetsuwan Atom (Astro Boy) dan manganya yang diadaptasi dari novelTreasure Island (karya Robert Louis Stevenson) meraih nilai penjualan tertinggi nasional karena sukses dijual sebanyak 400.000 eksemplar.

Mulanya komik-komik di Jepang adalah peniruan dari film animasi dari Walt Disney maka para penggemar komik Jepang saat itu adalah anak-anak. Kemudian pada tahun 1959 mulai diterbitkan dua majalah mingguan untuk anak laki-laki yaitu Shonen Magazine dan Shonen Sunday. Saat itu hiburan untuk anak di Jepang hanyalah komik saja, belum ada anime dan tentu saja belum ada game komputer.

Sepuluh tahun kemudian, majalah komik untuk remaja mulai terbit, diantaranya yaitu Manga Action (1967), Young Comic (1967), Play Comic (1968), Big Comic (1967). Majalah-majalah tersebut sendiri biasanya mempunyai tebal berkisar antara 200 hingga 850 halaman. Beberapa manga cerita aslinya diangkat dari novel/visual novel, contohnya adalah "Basilisk" berdasarkan dari novel “Kouga Ninpouchou” oleh Futaro Yamada, ada juga yang diangkat dari segi sejarah, seperti sejarah Tiga Kerajaan (The Three Kingdom), Legenda Naga (Ryuuroden), dan sejarah-sejarah Jepang.

Setelah beberapa lama, cerita-cerita dari majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut“tankoubun” (volume). Dari bentuk tankoubon inilah manga biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain seperti Indonesia.

Untuk beberapa judul bahkan telah/akan dibuat versi manusia atau Live Action(kadang disingkat sebagai L.A. di jepang). Ada juga sebagian judul dibuat kembali atau “remake” secara internasional oleh produsen di luar negara Jepang, seperti Amerika, yang membuat film Live Action (yang berkualitas supe jelek dan sangat gagal) Dragon Ball versi Hollywood (20'th Century Fox).

Sejarah Manga di Indonesia

Manga yang pertama kali diterbitkan di Indonesia disesuaikan dengan gaya baca masyarakat Indonesia yaitu yang dimulai dari “kiri ke kanan”. Padahal, manga original dari Jepang dimulai dari “kanan ke kiri”, sehingga untuk manga yang diterbitkan di Indonesia rata-rata tokohnya menjadi kidal karena gambar yang umumnya di flip. Ketidaksamaan ini menyebabkan kerancuan untuk komik yang bergenre detektif, seperti Conan dan Kindaichi, karena menyebabkan proses penyelesaian kasus dengan gambar alibi tokoh menjadi tidak sama.

Oleh karena itu, semenjak tahun 2000an, manga yang beredar di Indonesia disesuaikan dengan keadaan asli manga yang diterbitkan di Jepang. Manga pertama yang diterbitkan di Indonesia dan menggunakan metode ini (format asli jepang atau raw) adalah Rurouni Kenshin.

Genre dalam Manga

Genre dalam manga, terbagi 2, yaitu :

1.Genre secara umum, yaitu "
#Aksi/Action (Akushon)

Genre manga yang menceritakan tentang pertempuran, perkelahian, atau kekerasan.
#Fantasi/Fantasy (Fantaji)
Genre manga yang menceritakan tentang benda-benda aneh atau memiliki kekuatan di luar logika, dunia yang tidak terlihat atau lain.
#Sejarah/History (Hisutorikaru)
Genre manga yang menceritakan tentang sejarah seseorang, benda, ataupun suatu tempat.
#Seni Bela Diri (Budou)
Genre manga yang menceritakan tentang berbagai seni bela diri, biasanya seni bela diri Jepang.
#Misteri/Mistery (Nazo)
Genre manga yang menceritakan tentang sebuah misteri. Biasanya cerita tentang detective.
#Percintaan/Romance (Romansu)
Genre manga yang menceritakan tentang percintaan, biasanya percintaan remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah maupun atas.
#Olahraga/Sport (Supoutsu)
Genre manga yang menceritakan tentang berbagai olahraga misalnya sepak bola, baseball, basket dan lainnya.
#Supernatural (Chou Shizen)
Genre manga yang menceritakan tentang orang-orang yang memiliki kekuatan di luar logika. Entah itu kepercayaan atau sihir.

2. Genre berdasarkan jenis pembaca, yaitu :
#Anak-anak (Kodomo)

Genre manga yang berpusat pada jenis pembaca umumnya anak-anak. Namun tak jarang orang dewasa juga membacanya.
#Wanita Dewasa (Josei atau Redikomi)
Genre manga yang berpusat pada jenis pembaca umumnya wanita dewasa.
#Pria Dewasa (Seinen)
Genre manga yang berpusat pada jenis pembaca umumnya laki-laki dewasa.
#Remaja Perempuan (Shoujo)
Genre manga yang berpusat pada jenis pembaca umumnya remaja perempuan.
#Remaja laki-laki (Shounen)
Genre manga yang berpusat pada jenis pembaca umumnya remaja laki-laki.

Sumber
galleryotaku.blogspot.co.id/2014/05/manga-definisi-sejarah-dan-genre-manga.html?m=1
 

heri_pires

Vintage
Kontributor
Joined
Oct 2, 2013
Messages
776
Ratings
330
Points
261
Gender
Male
#2
Ketidaksamaan ini menyebabkan kerancuan untuk komik yang bergenre detektif, seperti Conan dan Kindaichi, karena menyebabkan proses penyelesaian kasus dengan gambar alibi tokoh menjadi tidak sama.
yg ini bener banget.. dulu waktu kecil suka bingung, knp tokoh komiknya dibilang kidal, padahal pake tangan kanan.. nah klo komik2 skrg uda dicetak sesuai versi aslinya, harusnya uda ga bingung hehehe...
 

Armawaty

Nostalgic
Kontributor
Joined
Aug 19, 2015
Messages
270
Ratings
248
Points
146
Gender
Female
#3
Ketidaksamaan ini menyebabkan kerancuan untuk komik yang bergenre detektif, seperti Conan dan Kindaichi, karena menyebabkan proses penyelesaian kasus dengan gambar alibi tokoh menjadi tidak sama
ooo, pantesan kalo baca detektif Conan biasanya perlu diulang 2-3 kali, rupanya sumber masalahnya dari sini
 
Thread Starter
TS
c3rb3rus

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
961
Points
306
Gender
Male
#4
ooo, pantesan kalo baca detektif Conan biasanya perlu diulang 2-3 kali, rupanya sumber masalahnya dari sini
dikomik yg temanya sepakbola juga gitu mbak...contoh dikomik Shoot...jagoannya punya senjata andalan tembakan kaki kiri yg dinamain kiri meteor...tapi digambarnya nendangnya pake kaki kanan
 

Armawaty

Nostalgic
Kontributor
Joined
Aug 19, 2015
Messages
270
Ratings
248
Points
146
Gender
Female
#5
dikomik yg temanya sepakbola
oh ya, aku nggak suka ama bola, jadinya nggak pernah baca.
sudah ada teman di 2017 ini, kemarin biasanya saya cuman sendirian, mungkin teman2 lain lagi pada sibuk :)
 

richie200671

Collector
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,150
Ratings
2,581
Points
586
Gender
Male
#6
Saya gak terlalu suka baca manga, kecuali kalau udah diangkat jadi anime baru mau nonton animenya aja hehehehe....😁
 
Top