Film Runaway Jury (2003)

575f6c5709ea6.jpg

Cerita dibalik berjalannya suatu sidang yang mengetengahkan proses pemilihan juri dari ratusan orang menjadi 15 orang yang terbagi lagi menjadi 12 orang juri tetap dan 3 orang juri cadangan. Proses ini melibatkan pihak yang bersengketa yang diwakili oleh Pengacara (Penuntut maupun Pembela) dan konsultan juri yang membantu menganalisa calon juri yang mana yang bisa menguatkan pihak masing-masing.

Dalam film ini digambarkan intrik yang terjadi selama proses sidang meliputi pelacakan latar belakang juri, pemilihan juri yang dilakukan dengan curang (penggunaan alat komunikasi dan pengintaian sangat dilarang), intimidasi, penculikan saksi hingga jual beli vonis juri (dalam sistem hukum Anglo-saxon hakim hanya mengatur jalannya sidang dan membacakan vonis akhir yang dibuat dewan juri, berlawanan dengan Eropa Continental dimana hakim seolah-olah wakil tuhan).

SutradaraGary Fleder
Jenis FilmLegal Thriller
PemainJohn Cusack, Gene Hackman, Rachel Weisz, Dustin Hoffman
Durasi127 menit
Tahun2003
RatingIMDB 7.1/10, Rotten Tomatoes 72%
Diangkat dariThe Runaway Jury (1996), John Grisham
Bisakah seorang warga negara biasa memenangkan vonis melawan perusahaan besar? Apa yang terjadi dalam suatu persidangan dengan juri-juri di dalamnya? Dan mengapa ada juri yang bertindak aneh? Siapa pula wanita misterius yang mengaku bisa mengatur keputusan sidang?
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Melihat kondisi Amerika saat ini dimana banyak terjadi kekerasan menggunakan senjata api di tempat umum seperti sekolah, bioskop, mal, dan yang terakhir di nightclub, kayaknya bagus juga kalo warga negaranya bisa menuntut perusahaan senjata seperti di film ini.
Mudah-mudahan hal seperti itu tidak terjadi di Indonesia.

Klik “Like” atau ketik komentar agar Indonesia bebas dari kekerasan bersenjata.
1 x like = 100 kebaikan
1 x komen = 1000 kebaikan
Tidak perlu ketik “Amin”

Terimakasih.
 
Last edited by a moderator:
salah satu film yg diangkat dari novel hukum pengadilannya john grisham. gak pernah nonton eh. yg pernah cuman A Time To Kill. jadi pengen juga nonton. selain itu ada "pelican brief" sama "the firm". ngeliat film atau baca karyanya john grisham jadi sedikit tahu lika-liku di ruang sidang.
 
Film di atas belum pernah saya tonton. :shame:
Btw ada sobat yang ngefans film drama pengadilan ga?
Yang saya pernah tonton dulu sekali antara lain :
- Rainmaker (awal karir matt damon),
- To Kill A Mockingbird (gregory peck),
- film Meryl Streep yg ceritanya anaknya dimakan dingo lupa judulnya,
- film seorang pria yg dituduh memperkosa dan akhirnya dipenjara puluhan tahun, setelah lama akhirnya dibebaskan karena pemerkosa yg sebenarnya tertangkap, lupa judulnya tp aktornya biasanya main di film seri TV genre komedi di RCTI malem-malem tentang pengadilan malam hari lupa juga judulnya dsb. :facepalm:
Syarat nonton film spt ini adalah subtitlenya harus jelas dan sabar menonton (karena ga ada eksyennya), dan satu lagi harus ada syarat "baper" nya agar hanyut terbawa emosi dan perasaan utk melihat endingnya. :cry::D
 
Last edited by a moderator:
mas lolak lolok : The Firm pernah nonton, tapi ga sampe selesai soalnya kyk beda ama di buku.. A Pelican Brief dan Time To Kill malah belum nonton sama sekali,, bisa masuk list nonton nih hehe..

mas roadsterian : Rainmaker itu adaptasi novel John Grisham juga ya mas? Liat di wiki sih kyknya banyak penghargaannya tuh.. boleh nih di tonton ntar... :D
To Kill A Mockingbird juga banyak penghargaannya ya.. luar biasa.. tahun rilisnya juga,,luar biasa..1962.. (y)
Kramer vs. Kramer bukan mas judulnya? Kalo Meryl Streep yang udh pernah saya tonton itu Death Becomes Her, yang ceritanya ibu-ibu bisa awet muda, leher patah, perut di tembak bazooka ga mati itu, ya kan.. :D

Sejauh yang maen aktingnya bagus, pasti penonton baper sih mas.. kalo kata saya sih syarat utamanya jangan ngantuk aja,, ntar ketinggalan teksnya hehehe..
 
btw indonesia juga punya film bertema pengadilan juga loh. tapi saya belum pernah nonton. wek. judulnya "perawan desa" tentang gadis desa dari djogja yg dizholimi 4 pemuda berandal anaknya penggede. sampai sekarang penasaran pengen liat. ini sempet jadi berita nasional akhir 70-an.
 
judulnya "perawan desa" tentang gadis desa dari djogja yg dizholimi 4 pemuda berandal anaknya penggede. sampai sekarang penasaran pengen liat. ini sempet jadi berita nasional akhir 70-an.
Rasanya itu awal karir Yati Surahman ya.. dan kasus dalam film ini pula yang membuat pak Hugeng "di-resign-kan" oleh penguasa orba. :unsure:
 
Oh iya,, pernah denger sih kisahnya, barusan refresh lagi si korban malah dituduh balik merekayasa kasus ya? bahkan korban di fitnah sebagai anggota gerwani yang pada masa itu dianggap organisasi terlarang.
Iya Pak Hoegeng sangat luar biasa, tetapi tidak berdaya melawan RI-1 kala itu.. (yang suka ada gambarnya lagi dadah sambil ngomong "piye kabare lek? iseh enak jamanku toh?")
 
Back
Top