Permainan Mengasyikan Kala Itu

Bech

Nostalgic
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Ratings
188
Points
86
Gender
Female
#1
Karena semua pernah kecil (nggak mungkin kan langsung besar dan tua๐Ÿ˜‰) pasti para sobat ZD pernah memainkan berbagai permainan yang ngetren di kala itu. Naahhh.. permainan apa nih yang menurut sobat ZD yang mengasyikkan di kala itu..

Ada beberapa permainan yang menurutku mengasyikkan..

ENGKLEK
Sobat ZD tau kan yang dinamakan engklek? Permainan dengan menggambarkan petak2 yang dibuat sedemikian rupa yang akan dilompati2 dengan mengangkat satu kaki namun ada juga petak untuk meletakkan dua kaki. Setiap pemain akan membawa benda yang dijadikan gaco atau pion untuk dilemparkan ke dalam petak sesuai level yg dijalani. Permainan akan terus berlangsung sampai petak2 tersebut habis dimiliki oleh para penyelesai level.. dan ini kalo di tempatku bisa dimainkan hingga lebih dari sehari๐Ÿ˜†

BOLA BEKEL
Permainan ini lebih banyak anak perempuan yang melakukannya. Alat yang dipakai adalah sebuah bola karet warna-warni dan buah bekel yang jumlahnya bergantung pada kesepakatan para pemain. Aturan permainan juga sesuai kesepakatan. Cara bermainnya adalah dengan melempar bola.. saat bola masih di atas pemain harus segera mengambil buah bekel dan segera menangkap bola yang hanya boleh memantul sekali saja.. semakin banyak buah bekel yang dipakai dalam permainan maka akan semakin lama permainannya

KELERENG/GUNDU
Sebenarnya permainan ini dominan dimainkan oleh anak laki2 tapi aku juga suka memainkannya lhoo..๐Ÿ˜† kalo di daerahku menyebutnya NEKERAN. Cara bermainnya pun berbeda2 namun yang sering kumainkan dengan teman2 kala itu yaitu dengan menempatkan kelereng2 di dalam suatu gambar kotak cukup besar yang dibuat sblm permainan. Pemain akan menjentikkan kelereng dari jarak yang sudah disepakati ke arah kumpulan kelereng dalam kotak tadi. Pemain harus mengeluarkan kelereng2 dari kotak, kelereng akan menjadi milik pemain yg berhasil mengeluarkannya dari kotak. Siapa yang memperoleh kelereng paling banyak dia lah pemenangnya..

Nah bagaimana kah asyiknya permainan para sobat ZD kala itu? Monggo diceritakan.. ๐Ÿ˜Š
 
Last edited by a moderator:
Thread Starter
TS
Bech

Bech

Nostalgic
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Ratings
188
Points
86
Gender
Female
#3
Maen gobak dan benteng.
#kidsjamanold
Sebenarnya saat ini permainan2 kidsjamanold mulai diperkenalkan pada kidsjamannow lhoo.. sobat ZD yang punya anak2 di usia sekolah pasti pernah mendengar pertanyaan atau cerita anak2 kita.. tentang pelajaran olah raga mereka (PJOK) ada beberapa permainan sebagai kegiatan olah raga.. seperti tarik tambang, bentengan, gobak sodor, bintang berpindah.. seingatku malah ada yang masuk dalam soal ujian ttg aturan dan tata cara permainan2 tsb.. (yang suka ndampingi anaknya belajar pasti tau deh..๐Ÿ˜† karena aku juga sempat browsing waktu ditanya anakku tentang permainan tradisional utk pelajarannya di sekolah๐Ÿ˜…)
 
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Ratings
210
Points
101
Gender
Male
#4
Ada yang ngalamin permainan ini waktu SD? "Pancasila ada liiii... ma !"
Peserta permainan harus "suit" dulu, untuk menentukan huruf depan kata misterinya.. Setelah ketemu hurufnya, kemudian peserta menuliskan satu nama di buku masing-masing.. Entah kesepakatan awalnya topik nama buah, nama hewan atau nama lain. Yang jawab bener dapet poin 100, yg gak bisa jawab nilainya nol ๐Ÿ˜„
 
Thread Starter
TS
Bech

Bech

Nostalgic
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Ratings
188
Points
86
Gender
Female
#5
Mungkin yang dimaksut mas @Johan1975 adalah permainan ABC 5 DASAR..
Log in or register to view this content!
Yang cara bermainnya mudah, kita menyepakati terlebih dahulu nama-nama yang nantinya akan menjadi tema, misalkan nama-nama hewan, nama-nama pemain bola atau nama-nama negara. Nama-nama tersebut akan menjadi tema permainan tradisional ABC 5 dasar.

Setelah itu kumpulkan jari-jari pemain dan mulai berhitung dengan huruf alfabet (ini mungkin yang dimaksut "suit" sama mas @Johan1975. Contoh, semua jari yang keluar dari teman-teman ada 10 huruf alfabet kesepuluh adalah โ€œJโ€ nah huruf ini akan menjadi huruf nama-nama hewan yang berawalan huruf โ€œJโ€. Pemain yang menjawab paling akhir atau tidak bisa menjawab akan mendapatkan hukuman yang telah disepakati diawal permainan.
 
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Ratings
210
Points
101
Gender
Male
#6
Ini juga asik..
Nama permainannya "Krupukan".
Kalo nama Indonesia kayaknya permainan "Ular Naga."

Cara mainnya :
2 anak saling berhadapan dan membentuk gerbang. Anak-anak yang lain berbaris sambil memegang bahu/baju teman yang ada di depannya. Barisan itu berjalan berputar melewati gerbang sambil bernyanyi. Liriknya kalo di kampung saya begini :
"Krupukan-krupukan
Minta jalan dandang sapi
Berapa yang sekalian

Empat puluh tuhan maaa.... suk!"
Log in or register to view this content!
Pada akhir lagu, 2 anak yang bertugas menjadi gerbang menurunkan tangan mereka, sehingga ada salah satu anak dalam barisan yang akan terjebak di dalam gerbang itu. Kemudian si gerbang akan melakukan "suit". Pemenang suit akan mendapatkan anak yang terjebak itu untuk berdiri di belakangnya. Anak yg terjebak tidak diijinkan ikut dalam putaran lagu berikutnya. Demikian seterusnya sampai anak terakhir dalam barisan habis tertangkap oleh si gerbang.
Log in or register to view this content!
Ketika anak dalam barisan sudah habis tertangkap, si gerbang akan melakukan suit terakhir. Siapa yang menang suit akan mendapat semua anak yang terjebak tadi untuk berdiri di belakangnya.
Nah, bagian terseru adalah : gerbang yang tidak mempunyai pengikut nantinya akan berusaha mengejar anak2 yang ada di belakang gerbang pemenang. Dan usahanya akan dihalang-halangi oleh gerbang pemenang, yang bertindak sebagai induk anak2 tadi. Wah.. ramenya nggak karu-karuan deh. Teriak sana-sini. Kayak di pasar. Bruisik banget teriakan anak2 itu menghindari si gerbang yang mengejarnya. Apabila ada anak yang tertangkap oleh gerbang pengejar, maka berakhirlah permainan. Dan diulang lagi dari awal sampe capek. Semakin banyak anak-anak yang ikut permainan ini, akan semakin seru dan semakin rame lah suara anak2 itu. Untung nggak ada yang ngamuk, soalnya mainnya di trotoar deket jalan raya.. Hehehe..
Log in or register to view this content!
Yang masih jadi pemikiran saya sampe sekarang, arti lagu yang dinyanyikan temen2 kampung saya itu, apa ya? Kok kayaknya kata-katanya ada yang aneh dan salah sebut deh.. Tapi biarin lah.. Namanya juga masih anak2.. Nangkep kata2-nya suka aneh kayak anak saya waktu masih umur 3 tahun dulu ๐Ÿ˜‚)
 
Thread Starter
TS
Bech

Bech

Nostalgic
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Ratings
188
Points
86
Gender
Female
#7
Permainan ini memang seru apalagi kalo pesertanya banyak, tapiii๐Ÿค”.. seingatku syair lagunya kok agak beda yah.. kalo di kampungku dulu begini
Krupukan.. krupukan..
minta jalan kandang sapi
belakangan tuaann mmaassuukk..
(kalo nggak salah sih.. )๐Ÿ˜†
 
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Ratings
210
Points
101
Gender
Male
#8
Permainan ini memang seru apalagi kalo pesertanya banyak, tapiii๐Ÿค”.. seingatku syair lagunya kok agak beda yah.. kalo di kampungku dulu begini
Krupukan.. krupukan..
minta jalan kandang sapi
belakangan tuaann mmaassuukk..
(kalo nggak salah sih.. )๐Ÿ˜†
Hahahaha.. Trus anak-anak di kampung saya dulu denger lirik lagunya dari mana ya? Kok jadi salah kaprah semua.. ๐Ÿ˜‚ Jangan2 kepengaruh Pak Bo**t ini.. Wkkkkk.
Btw, permainan krupukan ato ular naga ini sepertinya memang permainan jadul banget. Saya dapet foto jadulnya di internet..
Log in or register to view this content!
Tapi kostumnya pada rapi2. Ada yg pake rok panjang. Terus barisnya pada sopan banget, nggak brutal. Lha kalo dikejar ama yang jadi gerbang gimana dong.. Apa nggak kesandung-sandung tuh? Lagi enak-enak main malah disuruh foto dulu ๐Ÿ˜„
 
Thread Starter
TS
Bech

Bech

Nostalgic
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Ratings
188
Points
86
Gender
Female
#9
Nggak kebayang yah larinya gimana kalo pake kain panjang begitu๐Ÿ˜…

Seingatku yang menjadi gerbang akan jadi indukan/kepala dari ular naga yang tugasnya melindungi ekor atau bagian belakang dan juga berusaha mendapatkan ekor atau bagian belakang dari lawan (gerbang sisi lain)
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
808
Ratings
3,939
Points
461
Gender
Male
#10
Dulu pas libur sekolah, kami terkadang bermain tebak-tebakkan dengan medium batang korek api. Sayang yang saya ingat hanya dua.
1. Bisakah kalian merubah arah hadap ikan di bawah ini ke arah hadap yang berlawanan?
Kalian hanya diijinkan untuk mengambil dan meletakkan kembali 3 batang korek api ke posisi tertentu agar arah hadap ikan itu menjadi berlawanan. Tiga batang mana sajakah yang harus di ambil dan di posisi manakah 3 batang korek api itu harus diletakkan?

Log in or register to view this content!

2. Di bawah ini ada 18 batang korek api. Dengan 18 batang korek api ini, bisakah kalian membuat 10 segitiga sama kaki?
Selamat menebak! :)

Log in or register to view this content!
 
Top