Osamu Tezuka

osamu.jpg

Dr. Osamu Tezuka (3 November 1928 - 9 Februari 1989)
Tezuka Osamu lahir sebagai putra tertua dari tiga bersaudara pada tanggal 3 November 1928, di Kota Toyonaka, Osaka. Seorang anak laki-laki yang sangat cerdas dan imajinatif, ia tumbuh dalam keluarga liberal yang terpapar manga dan animasi.

Sebagai anak laki-laki, dia juga menyukai serangga yang mengingatkan pada Fabre, dan, mencerminkan tingkat ketertarikannya pada dunia serangga, kemudian memasukkan ideogram untuk "serangga" ke dalam nama penanya.

Setelah mengembangkan pemahaman yang intens tentang betapa berharganya kehidupan dari pengalaman masa perangnya, Tezuka Osamu bertujuan untuk menjadi seorang dokter dan kemudian mendapatkan lisensinya, tetapi akhirnya memilih profesi yang paling ia sukai: seniman manga dan penulis film animasi.

Manga dan film animasi Tezuka Osamu memiliki pengaruh yang luar biasa pada pembentukan psikologi pemuda Jepang pascaperang. Karyanya mengubah konsep kartun Jepang, mengubahnya menjadi bentuk seni yang tak tertahankan dan menggabungkan berbagai gaya baru dalam menciptakan "kartun cerita". Mengubah wajah sastra dan film, karyanya juga memengaruhi berbagai genre lain.

osamu3.jpg

Dampaknya pada film animasi sama dengan yang dia miliki di dunia manga. Karakter menawan yang muncul dalam karya-karya seperti serial TV animasi pertama Jepang "ASTRO BOY", serial TV animasi berwarna "Jungle Emperor Leo", dan animasi spesial dua jam "Bander Book", merebut hati orang Jepang melalui media tersebut. televisi, mendorong film animasi menjadi sangat populer di masyarakat umum Jepang.

Karya Tezuka Osamu diekspor ke AS, Eropa, dan negara Asia lainnya, menjadi barang impian bagi anak-anak di seluruh dunia. Dia juga berkelana ke dunia animasi dewasa berdurasi penuh, menjelajahi semua kemungkinan bidang animasi.

Selain rekor pencapaiannya di TV dan animasi komersial, ia juga menerima pengakuan internasional atas karyanya dalam animasi eksperimental di tahun-tahun terakhirnya.

Temanya yang abadi yaitu betapa berharganya hidup, menjadi inti dari semua karya Tezuka Osamu. Tezuka Osamu, pencipta aset budaya yang hebat dan diberkahi dengan semangat kepeloporan yang tak terkalahkan dikombinasikan dengan hasrat abadi untuk pekerjaannya dan pandangan yang konsisten ke masa depan, menjalani seluruh hidupnya tanpa lelah mengejar usahanya, meninggal dunia pada usia 60 tahun. 8 Februari 1989.

osamu2.jpg

Hasil karyanya yang produktif, teknik perintis, dan pendefinisian ulang genre yang inovatif membuatnya mendapatkan gelar seperti "Bapak Manga " (Manga no Chichi), " Bapak baptis Manga" ( Manga no Kyofu) dan "Dewa Manga" (Manga no Kami-sam). Selain itu, ia sering dianggap orang Jepang yang setara dengan Walt Disney, yang menjadi inspirasi utama selama tahun-tahun pembentukan Tezuka. [1] Meskipun frasa ini memuji kualitas manga awalnya untuk anak-anak dan animasinya, frasa ini juga mengaburkan pengaruh signifikan darikarya gekiga di kemudian hari yang lebih bersifat sastra.

Tezuka memulai apa yang dikenal sebagai revolusi manga di Jepang dengan New Treasure Island yang diterbitkan pada tahun 1947. Keluarannya akan melahirkan beberapa serial manga yang paling berpengaruh, sukses, dan diterima dengan baik termasuk manga anak-anak Astro Boy, Princess Knight dan Kimba the White Lion, dan serial berorientasi dewasa Black Jack, Phoenix, dan Buddha, yang semuanya memenangkan beberapa penghargaan.

Tezuka meninggal karena kanker perut pada tahun 1989. Kematiannya berdampak langsung pada publik Jepang dan kartunis lainnya. Sebuah museum dibangun di Takarazuka yang didedikasikan untuk kenangan dan karya hidupnya, dan Tezuka menerima banyak penghargaan anumerta. Beberapa animasi sedang diproduksi pada saat kematiannya bersama dengan chapter terakhir Phoenix, yang tidak pernah dirilis.

Catatan:
Tezuka adalah keturunan dari Hattori Hanzo, seorang ninja dan samurai terkenal yang setia melayani Tokugawa Ieyasu selama periode Sengoku di Jepang.


Daftar koleksi komik karya Osamu Tesuka :

osamu4.jpg
Disusun berdasarkan abjad A-Z
Note: daftar koleksi anime tidak saya tampilkan berhubung ZD adalah spesialis komik.
Log in or register to view this content!

Sumber:
 

maszd

Novice
Staff member
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,669
Reaction score
54,321
Points
1,158
Gender
Male
Note: daftar koleksi anime tidak saya tampilkan berhubung ZD adalah spesialis komik.
bisa kok ditampilkan mas, berhubung ini kan thread profil :)
 
Top