Morris

roadsterian

Administrator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,404
Ratings
6,192
Points
771
Gender
Male
#1
230px-Morris_-_Maurice_De_Bevere.jpg 1-M160x244.jpg
Maurice De Bevere (1 December 1923-16 Juli 2001), lebih dikenal sebagai Morris, seorang kartunis Belgia dan pencipta Lucky Luke. Nama pena-nya sebenarnya adalah ejaan alternatif dari nama depannya.
Lahir di Kortrijk, Belgia. Ia pergi sekolah di perguruan tinggi Jesuite terkenal di Aalst, yang mana pakaian seragamnya menginspirasinya untuk menggambarkan pengurus makam "undertaker" dalam seri Lucky Luke. Guru matematikanya mengatakan kepada orang tuanya bhw anak itu sayangnya tidak akan pernah berhasil dalam hidup, saat ia melewati kelas matematika mencoret-coret di buku matematikanya. Morris mulai menggambar di Compagnie Belge d'Actualités (CBA) studio, sebuah studio animasi kecil dan berumur pendek di Belgia di mana ia bertemu Peyo dan André Franquin. Setelah perang, perusahaan bangkrut dan Morris bekerja sebagai ilustrator untuk Het Nieuws laatste, sebuah surat kabar Flemish, dan Le Moustique, sebuah majalah mingguan berbahasa Perancis yang diterbitkan oleh Dupuis, yang ia membuat sekitar 250 cerita dan berbagai ilustrasi lainnya, terutama karikatur bintang film.

Dia menciptakan Lucky Luke tahun 1946 untuk majalah Spirou, majalah komik Franco - Belgia yang diterbitkan oleh Dupuis. Lucky Luke adalah seorang koboi soliter yang bepergian di Wild West, membantu mereka yang membutuhkan, dibantu oleh kudanya yang setia, Jolly Jumper. Petualangan pertama, Arizona tahun 1880, diterbitkan di L' Almanach Spirou 1947, dirilis pada tanggal 7 Desember 1946.
Morris menjadi salah satu seniman utama majalah, dan salah satu yang disebut "La bande des quatre" (Gang of 4), dengan Jijé , André Franquin dan Will . Ia tidak bekerja di rumah Jijé , bertentangan dengan dua lainnya, tapi mereka berempat menjadi teman yang sangat baik, membantu satu sama lain scr artistik. Bersama-sama mereka meletakkan dasar bagi "Marcinelle School", gaya khas komik dari Spirou yang kontras keduanya baik gaya dan tematis dengan "Ligne Claire" yg digunakan oleh kelompok seniman yang terkait dengan Hergé di majalah Tintin.

Pada tahun 1948, Morris , Jijé dan Franquin melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (Will masih terlalu muda dan harus tetap berada di Belgia). Mereka ingin mengenal negara tsb, melihat apa yang tersisa dari Wild West, dan bertemu dengan beberapa komikus Amerika. Morris tetap tinggal daripada tiga temannya dan hanya kembali setelah 6 tahun kemudian. Sementara itu ia bekerja untuk majalah Mad, dan bertemu René Goscinny, komikus Perancis dan penulis, yang akan menulis semua cerita Lucky Luke antara tahun 1955 sampai kematiannya pada tahun 1977. Goscinny saat itu masih cukup dikenal, akan menjadi penulis komik paling sukses di Eropa, yg awalnya dengan Lucky Luke dan beberapa tahun kemudian dengan Asterix.

Tahun-tahun ketika tinggal di Amerika Serikat menjadi momen penting bagi Morris, bukan hanya karena ia bertemu Goscinny, tetapi juga karena dia mengumpulkan banyak dokumentasi untuk tugas-tugas selanjutnya, dan menjadi akrab dengan film-film Hollywood waktu itu. Morris diperkenalkan di tahun-tahun berikutnya dgn banyak teknik sinematika dalam cerita-ceritanya, seperti "freeze-frame" dan "close-up". Gaya Walt Disney mempengaruhinya, banyak yang dapat dilihat dalam garis yang sangat bulat yang menjadi ciri awal album Lucky Luke. Banyak karakter dalam komiknya juga jelas didasarkan pada aktor Amerika terkenal saat itu seperti Jack Palance, Gary Cooper, WC Field dan William Hart, meskipun ia juga mengkarikaturi tokoh-tokoh lain yang tak terduga seperti Louis de Funes atau Serge Gainsbourg. Judul Lucky Luke yang pertama sejumlah 31 petualangan diterbitkan oleh Dupuis, tetapi di akhir tahun enam puluhan, Morris meninggalkan Dupuis dan Spirou kemudian pergi ke Dargaud dan majalah Pilote, yang dimulai oleh temannya Goscinny.

Pada tahun 1984 , Hanna - Barbera membuat serangkaian 52 kartun Lucky Luke, sehingga menambah popularitas seri tsb lebih jauh. 52 lebih kartun yang dibuat di awal 1990-an, dan tiga film live action berikutnya. Beberapa videogame berdasarkan seri tsb juga dibuat, misalnya untuk PlayStation 1 dan Game Boy Color. Lucky Luke saat ini yang best seller menjual komik Eropa daripada seri sebelumnya, dengan lebih dari 300 juta eksemplar terjual di lebih dari tiga puluh bahasa. Tidak seperti banyak orang sezamannya , Morris pernah bekerja pada beberapa seri, meskipun ia membuat banyak ilustrasi untuk cerita dalam tahun empat puluhan dan tahun lima puluhan. Pada tahun sembilan puluhan, ia membuat Rantanplan, spin-off dari seri Lucky Luke, dibintangi anjing terbodoh di Barat.
Morris meninggal pada tahun 2001 akibat emboli paru-paru.
Log in or register to view this content!
Berikut beberapa hasil karyanya
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
 
Last edited by a moderator:

yudibrewox

Nostalgic
Kontributor
Joined
Dec 24, 2013
Messages
148
Ratings
353
Points
141
Gender
Male
#2
Saya menyukai karya Morriss seperi lucky Luke dan Rantanplan. Ngoleksi terbitan anyar Lucky Luke dari Gramedia tapi belinya kalo pas lagi diskon, hehehe
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
962
Points
306
Gender
Male
#3
Memang hebat morris dengan karyanya lucky luke yg sangat fenomenal ini...ternyata banyak juga kartunis belgia yg melegenda dan mampu menyaingi para mangaka legendaris jepang plus walt disney...
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
939
Ratings
1,895
Points
421
Gender
Male
#4
06 July 2015: huh, syukurlah komik Lucky Luke juga mengalami sensor, kalau tidak, bisa merusak citra LL yang selama ini saya kagumi..

14 July 2015: Mas @roadsterian , kalo sensorship itu mulai terbitan taun berapa? Billy the Kid yang ada di Zonadjadoel masih ada gambar bayi mengisap revolvernya ya..
 
Last edited by a moderator:

kresnaw

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
734
Ratings
2,353
Points
456
Gender
Male
#5
Juga ada perubahan dari sebelumnya gambar cover Lucky Luke sedang merokok akhirnya diganti menjadi sedang menggigit rumput.
Itu mulai cerita keberapa ya?
 
Joined
Nov 20, 2017
Messages
166
Ratings
65
Points
61
Gender
Male
#6
Yang paling terkenal tentu Lucky Luck, aku mengikutinya dari mulai merokok sampai akhirnya ngunyah jerami.
 
Top