Manfaat Tanaman (Herbal) Sebagai Obat-Obatan

c3rb3rus

Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
955
Points
336
Gender
Male
#1
Kabar gembira untuk kita semua, kini herbal sudah ada ekstraknya.

Beberapa tahun belakangan ini, mayoritas masyarakat, banyak yg mulai "lari" dari penggunaan obat2an kimia yang pasti memiliki efek sampin untuk menjaga kesehatan mereka dan beralih ke penggunaan tanaman2 herbal yg lebih aman untuk dikonsumsi.

Beberapa tanaman herbal yg sangat bermanfaat untuk kesehatan, antara lain :

A. Mengkudu / Pace / Noni

587322927ba45.jpg
Kandungan zat buah mengkudu sangat baik bagi tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Zat Terpenoid – Kandungan zat terpenoid pada mengkudu membantu proses sintesis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Kandungan Nutrisi – Protein, vitamin dan mineral yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.
  3. Zat anti bakteri ( misalnya, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis) – Zat tersebut membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat buah mengkudu juga berguna mengontrol bakteri mematikan seperti Pathogen. Hal ini membuat buah pace bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.
  4. Zat anti kanker – Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.
  5. Nutrisi. Pace memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Secara umum, pace adalah buah yang memberikan nutrisi secara lengkap.
  6. Scolopetin. Scolopetin adalah sejenis senyawa yang bermnafaat untuk mengusir peradangan dan juga alergi.
  7. Xeronine dan Proxeronine.
  8. Zat bioaktif.
  9. Zat iridoid.
  10. Serat.
  11. Metil.
  12. Asetil.
  13. Morindone.
  14. Asam kapril.
B. Sarang Semut

587323e7558cf.jpg
Manfaat sarang semut Papua Asli adalah :
  • Membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kanker dan tumor
  • Membantu menyembuhkan penyakit jantung koroner
  • Membantu mengatasi penyakit stroke yang ringan sampai parah
  • Mengatasi penyakit tekanan darah tinggi
  • Benjolan yang ada didalam payudara
  • Gangguan pada ginjal dan prostat.
C. Ginkgo Biloba

5873254d9521c.jpg
Khasiat dan Manfaat Ginkgo Biloba
  • Demensia dan penyakit Alzheimer
    Ginkgo secara luas digunakan di Eropa untuk mengobati demensia. Pada awalnya, dokter mengira itu membantu karena meningkatkan aliran darah ke otak. Sekarang, studi menunjukkan ginkgo biloba melindungi sel-sel saraf yang rusak pada penyakit Alzheimer. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa ginkgo memiliki efek positif pada memori dan berpikir pada orang dengan Alzheimer atau demensia vaskular. Namun penelitian terakhir menunjukan bahwa dampaknya tidak terlalu signifikan.
  • Intermittent Claudication
    Intermittent Claudication adalah nyeri yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke kaki. Orang dengan Intermittent Claudication memiliki saat dimana sulit berjalan tanpa merasa rasa sakit yang hebat. Sebuah analisis dari delapan studi menunjukkan bahwa orang yang memakaiginkgo biloba cenderung berjalan sekitar 34 meter lebih jauh dari mereka yang tidak mengkonsumsi. Bahkan, ginkgo merupakan obat yang diresepkan dokter untukIntermittent Claudication. Namun, latihan berjalan rutin lebih baik efeknya daripada ginkgo dalam meningkatkan jarak berjalan kaki.
  • Kegelisahan
    Satu studi pendahuluan menemukan bahwa ginkgo dapat membantu mengurangi kecemasan. Orang dengan gangguan kecemasan umum dan gangguan penyesuaian yang mengkonsumsi ekstrak tertentu ginkgo memiliki gejala kecemasan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang yang tidak mengkonsumsi.
  • Glaukoma
    Satu studi kecil menemukan bahwa orang dengan glaukoma yang mengkonsumsi 120 mg ginkgo setiap hari selama 8 minggu mengalami perbaikan dalam pengelihatan mereka.
  • Degenerasi Makula
    Flavonoid yang ditemukan dalam ginkgo dapat membantu menghentikan atau mengurangi beberapa masalah pada retina, bagian belakang mata. Degenerasi makula, yang sering disebut berkaitan dengan usia lanjut merupakan penyakit mata yang mempengaruhi retina. Beberapa studi menunjukkan bahwa ginkgo dapat membantu pengelihatan pada penderita degenerasi makula.
D. Bawang Putih (Garlic)

587326845be0d.jpg
Sebelum teknologi di bidang kesehatan maju pun, para nenek moyang udah menggunakan bawang putih sebagai bahan pengobatan alami, dan mungkin kamu akan terkejut dengan berbagai manfaat tersembunyi dalam bawang putih bagi kesehatan tubuh berikut ini:

1. Pelindung Kesehatan Jantung
Radikal bebas yang bercampur dengan oksigen yang dihirup dapat membahayakan kesehatan jantung anda. Nah, dengan mengkosumsi bawang putih, kamu sudah mampu melindungi organ jantung dari berbagai radikal bebas yang bertebaran di udara.

2. Obat Alami Diabetes
Bawang putih juga mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes loh, sehingga si bawang putih ini sangat cocok untuk dijadikan obat alami bagi yang menderita atau baru mempunya gejala diabetes.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah
Kandungan kolesterol jahat dalam darah tentu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, dengan mengkonsumsi bawang putih kamu melakukan langkah tepat dan hal ini sudah terbukti ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat!

4. Penangkal Kanker
Bawang putih yang mengandung dialil sulfide, mampu mencegah kanker yang membahayakan loh! Bagi perempuan, mengkonsumsi bawang putih yang cukup bisa menangkal kanker pada payudara.

5. Mengontrol Tekanan Darah
Dengan kandungan hidrogen sulfida dalam bawang putih, sangat bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah serta berperan besar dalam mengontrol tekanan darah.

6. Menghindarkan Penyakit Kulit
Kandungan ajoene, suatu zat yang terkandung didalam bawang putih berkhasiat untuk membasmi berbagai infeksi jamur yang menyerang kulit tubuh.

7. Sebagai Antivirus dan Antibakteri.

E. Pegagan

58732857780f1.jpg
Daun pegagan memiliki kandungan demikian banyak kandungan kimia, sebut saja asiaticoside, centellose, carotenoids, thankuniside, isothankuniside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, madecassoside, brahmoside, meso-inositol, garam-garam mineral sebagaimana garam kalium, kalsium, besi, vellarine serta zat samak, natrium, magnesium. Berikut 20 manfaat luar biasa daun pegagan untuk kesehatan :

1. Pembengkakan hati
2. Batuk darah
3. Radang serta amandel
4. Darah tinggi
5. Anti Depresan
6. Sulit buang air kecil
7. Sakit kepala
8. Batuk asma
9. Typhus
10. Wasir
11. Sakit maag serta perut kembung
12. Menaikkan nafsu makan
13. Keracunan Makanan
14. Insomnia
15. Sariawan di mulut
16. Cacingan
17. Menambah stamina serta panjang umur

Demikianlah beberapa tanaman yg bermanfaat bagi kesehatan. Sebenernya masih sangaaat banyaaakkk lagi, namun karena sudah terlalu panjang, jadi cuma 5 tanaman saja yg saya ambil.

#Sumber : Sedikit pemikiran dan pengetahuan pribadi dan disadur dari beberapa sumber yg didapat digugel

Pembahasan selanjutnya adalah beberapa masalah kesehatan dan beberapa solusi herbalnya :

1. Kolesterol, Jantung, Hipertensi
a. Omega 3
b. Garlic
c. Lecithin
d. Daun Uncariae
e. Sarang Semut
f. Buah Merah
g. Ekstrak Teripang

2. Diabetes
a. Daun Uncariae
b. Mengkudu/Noni/Pace
c. Sambiloto
d. Brotowali
e. Pare
f. Ekstrak Gamat
g. Sarang Semut
h. Buah Merah

3. Asam Urat
a. Pegagan
b. Ekstrak Gamat
C. Daun Binahong
d. Daun Uncariae

4. Anti Depsresi, Pikun, dan Masalah Gangguan Otak Lainnya
a. Ginkgo Biloba
b. Omega 3
c. Biji Pala
d. Pegagan

5. Kanker, Tumor, Stroke
a. Daun Uncariae
b. Sarang Semut
c. Buah Merah
d. Daun Sirsak
e. Kunir Putih
f. Kunyit Putih

6. Pasca Operasi, Memar Sehabis Terjatuh, dan Untuk Pendarahan Dalam Lainnya
a. Daun Uncariae
b. Binahong
c. Pegagang
d. Sarang Semut
e. Buah merah

7. Lambung dan gangguan Pencernaan Lainnya
a. Ekstrak Gamat
b. Kunyit
c. Kunyit Putih
d. Temulawak

8. Kesehatan Wanita
a. Manjakani
b. Sirih
c. Kulit Delima
d. Tribulus
e. Kunyit Putih
f. Daun Sirsak

9. Kesehatan Pria
a. Tribulus
b. Maca
c. Saw Palmetto

10. Mata
a. Bilberry
b. Wortel

Saking populernya obat2an herbal sekarang, perbandingan produk yg dibeli oleh customer di Apotik saya bahkan rata2 bisa 6 (herbal) : 4 (obat kimia)

Karena udah kepanjangan saya sudahi cukup sampai disini aja ya...:notworthy::cool:
 

Bagas

Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
891
Ratings
1,793
Points
421
Gender
Male
#2
mantap informasinya mas... bisa rekues lengkap dengan resepnya ga? berapa buah mengkudu, dicampur air 200cc dst dst gitu... :D:D
 
Thread Starter
TS
c3rb3rus

c3rb3rus

Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
955
Points
336
Gender
Male
#3
mantap informasinya mas... bisa rekues lengkap dengan resepnya ga? berapa buah mengkudu, dicampur air 200cc dst dst gitu... :D:D

Daripada repot2, lebih baik minum yg udah dikemas aja mas...seperti yg dalam bentuk cair atau kaplet/tablet/pil/kapsul...banyak dan gampang dicari ditoko kok
 

willy

Kontributor
Joined
Jan 10, 2014
Messages
1,026
Ratings
1,007
Points
396
Gender
Male
#4
Kalau saya waktu kecil kalau sedang batuk sering diberi minum air rebusan daun kumis kucing oleh nenek saya. Dulu nenek saya menanam kumis kucing ini.
 

Mido

Translator
Kontributor
Joined
Apr 3, 2016
Messages
802
Ratings
1,663
Points
371
Gender
Female
#5
Dulu di rumah ada tanaman ginseng jawa, daun dewa dan sambung nyawa. Ketiga tanaman diatas sangat mudah dipelihara, di tanah manapun jadi. Biasanya daun tanaman tersebut suka ditumis dengan bawang putih. Yang saya paling suka adalah daun sambung nyawa soalnya rasanya unik, kalau daun ginseng rasanya agak asam.

1. Ginseng Jawa (Talinum paniculatum)
Beberapa khasiatnya:
- Meningkatkan stamina/afrosidiak
- Mengobati kanker payudara
- Memperlancar aliran darah

5874e03a5d52a.jpg


2. Sambung Nyawa (Gynura procumbens)
Beberapa khasiatnya:
- Mengobati kencing manis/diabetes
- Menurunkan hipertensi
- Mengobati sinusitis

5874e22b2d0bb.jpg


3. Daun Dewa (Gynura divaricata)
Beberapa khasiatnya:
- Mengobati stroke
- Mengobati rematik
- Mengobati sakit jantung

5874e36fc5093.jpg
 
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
176
Points
121
Gender
Male
#6
pegagan katanya enak juga ya dimakan di jadiin lalapan... pernah nyoba? yg diatas cara penggunaan nya nggak dijelaskan ya... hehe...
 
Top