Komik vs Novel

Komik vs Novel, kamu lebih suka mana?

  • komik

    Votes: 5 83.3%
  • novel

    Votes: 2 33.3%

  • Total voters
    6

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
178
Points
121
Gender
Male
#1
58e2f06d865e8.jpg

Semua teman yang disini pasti senang membaca ya, pasti,hehe..
cerita dulu ya,
dulu awal mula bisa baca seperti kebanyakan anak-anak lainnya, saya suka nya baca komik, awal-awal punya komik petruk - gareng, komik religi, Donald bebek,komik kemerdekaan Indonesia, dll,
lalu saat sudah kira-kira kelas 4 SD saya mulai ngelirik Novel di perpustakaan sekolah, waktu itu sukanya Trio detektif, dan buku apa saja yg judulnya diawali kata misteri, sebut saja misteri lukisan candi, misteri sebuah patung, misteri gubuk tua,misteri elang perak, ini karya dalam negeri,.

Setelah tamat SD saya sering nya minjam Novel dan komik di perpustakaan daerah saja, nggak beli, yang saya beli hanya buku-buku nonfiksi saja..
jadi diantara komik dan Novel, saya suka keduanya, karena masing-masing ada kelebihan nya, yang bikin menarik tetap lah segi penceritaan dan sesuai selera pembaca.

komik :
+bergambar.
kita semua, anak-anak dan dewasa pasti suka dengan gambar,

+penceritaan biasanya sederhana.
meskipun komik remaja atau dewasa, cerita nya nggak rumit-rumit banget, bahkan komik detektif sekalipun..

+harga lebih murah.
kalau komik bajakan sih, yg hitam putih, kalau komik original yang full color itu harganya sama dengan Novel kan ya..

-imajinasi kurang.
karena tokoh dan tempat sudah digambarkan,


novel :
+Lebih menantang
karena imajinasi kita bermain disana,memasuki dunia nya, kita bisa membayangkan tempat seaneh mungkin,atau seperti lingkungan kita, tokoh mirip kita,adegan dan keadaan sekreatif daya Imajinasi kita, dll

+banyak stok diperpustakaan
meskipun harganya lebih mahal dari komik, tapi kita bisa baca nya di perpustakaan sekolah maupun umum

-lebih mahal
udah dibahas ya diatas, tp kalau kita mau yang nggak ada tersedia di perpustakaan, ya terpaksa beli, hehe..

kalau kamu suka novel atau komik? kenapa? judul komik/novel apa yang kamu suka? dan kenapa?
 
Last edited:

msayuti

Vintage
Translator
Joined
Sep 29, 2013
Messages
716
Ratings
955
Points
296
Gender
Male
#2
Ini sih tergantung mood mas, hehehe. Kalo lagi baik, satu buku novel pun habis nggak kerasa. Kalo lagi kurang baik, larinya ke komik kalo saya. Komik yang disuka : komik Eropa dah. Semuanya, hehehe. Ceritanya nggak habis-habis. Banyak macamnya. :D
 

Ben

Nostalgic
Joined
Sep 29, 2013
Messages
145
Ratings
27
Points
76
Gender
Male
#3
Menurut saya ,kalo kesini" nya suka baca novel tapi masih gak bisa move on dari komik,kalo di ibarat kan makanan,novel ikan , komik bumbu , soal nya saya kalo baca novel pasti nyicil dan di rentang waktu ngabisin novel saya baca komik ... :)
 
Thread Starter
TS
mahyudin1992

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
178
Points
121
Gender
Male
#4
Ini sih tergantung mood mas, hehehe. Kalo lagi baik, satu buku novel pun habis nggak kerasa. Kalo lagi kurang baik, larinya ke komik kalo saya. Komik yang disuka : komik Eropa dah. Semuanya, hehehe. Ceritanya nggak habis-habis. Banyak macamnya. :D
iya, nggak habis2, komik profesi aja macem2, dari polisi sampai napi, dari perawat dan dokter yg nyelamatin orang, sampai tukang gali kubur yg ngubur orang yg nggak selamat dr tangan dokter dan perawat tadi... hihi :D
Menurut saya ,kalo kesini" nya suka baca novel tapi masih gak bisa move on dari komik,kalo di ibarat kan makanan,novel ikan , komik bumbu , soal nya saya kalo baca novel pasti nyicil dan di rentang waktu ngabisin novel saya baca komik ... :)
Ternyata saya nggak sendirian, saya juga sering nyicil untuk Novel :p novel apa yg paling berkesan? yg ceritanya selalu di ingat.. tsah:LOL:
 
Joined
Apr 5, 2017
Messages
13
Ratings
18
Points
31
Gender
Male
#5
Kalo ane sih apa aja dibaca, tinggal liat sikon dan materinya ...
Kalo ada novel yg ane pikir menarik ya di baca, cuma kalo novel kan kadang bacanya butuh waktu lama dan konsentrasi yg agak tinggi karena tulisan semua. Jadi waktu ane buat bacanya biasanya malem setelah anak2 tidur.
Tap,i kalo komik buat ane bacanya bisa kapan aja, soalnya ga butuh waktu terlalu panjang dan ga butuh konsentrasi yg tinggi soalnya terbantu dg ilustrasi gambar
 
Thread Starter
TS
mahyudin1992

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
178
Points
121
Gender
Male
#6
Kalo ane sih apa aja dibaca, tinggal liat sikon dan materinya ...
Kalo ada novel yg ane pikir menarik ya di baca, cuma kalo novel kan kadang bacanya butuh waktu lama dan konsentrasi yg agak tinggi karena tulisan semua. Jadi waktu ane buat bacanya biasanya malem setelah anak2 tidur.
Tap,i kalo komik buat ane bacanya bisa kapan aja, soalnya ga butuh waktu terlalu panjang dan ga butuh konsentrasi yg tinggi soalnya terbantu dg ilustrasi gambar
list judul komik dan Novel yg paling berkesan menurut kamu dong ;) sekalian buat referensi..
 
Joined
Apr 5, 2017
Messages
13
Ratings
18
Points
31
Gender
Male
#7
list judul komik dan Novel yg paling berkesan menurut kamu dong ;) sekalian buat referensi..
Novel yg paling ane suka MUSASHI
kalo komik ane suka Achille Talon sama Asterix omm

masing2 punya kelebihan dan kekurangan sih pastinya tapi 22 nya asik buat dibaca.
contohnya ane baca The Death of Superman versi Novel ..... dan versi komiknya
terbukti bahwa imajinasi gw waktu baca novelnya beda jauh penggambaran sama versi komiknya.
Itu sih pasti ..... tap jadi asik aja kalo menurut ane ....
 
Last edited:

rianasri

Enthusiast
Joined
Mar 23, 2017
Messages
58
Ratings
57
Points
61
Gender
Male
#8
bener kata @msayuti ,ini tergantung mood..klo lagi pengen lucu-lucuan saya biasa baca komik tpi klau lagi seriusaan ya baca novel
 
Last edited by a moderator:
Thread Starter
TS
mahyudin1992

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
178
Points
121
Gender
Male
#9
bener kata @msayuti ,ini tergantung mood..klo lagi pengen lucu-lucuan saya biasa baca komik tpi klau lagi seriusaan ya baca novel
apa novel dan komik pavorit nya atau yang paling berkesan? ;)
 
Last edited by a moderator:

rianasri

Enthusiast
Joined
Mar 23, 2017
Messages
58
Ratings
57
Points
61
Gender
Male
#10
apa novel dan komik pavorit nya atau yang paling berkesan? ;)
kalau komik saya sangat suka dengan komik Kotaro Jurus Rahasia kyokutan,,.sedangkan novel saya kebnyakan suka dengan novel romance islami 2000 an contoh Ketika Cinta Bertasbih,AAC,Qais dan Laila dll
 
Thread Starter
TS
mahyudin1992

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
178
Points
121
Gender
Male
#11
kalau komik saya sangat suka dengan komik Kotaro Jurus Rahasia kyokutan,,.sedangkan novel saya kebnyakan suka dengan novel romance islami 2000 an contoh Ketika Cinta Bertasbih,AAC,Qais dan Laila dll
mantap,kalau Novel islami saya pernah baca nya : Cogito Allah Sum, Hakikat Cinta, apa lg ya :confused: nggak terlalu suka sih dulu tuh dgn Novel islami.. :D
 

rianasri

Enthusiast
Joined
Mar 23, 2017
Messages
58
Ratings
57
Points
61
Gender
Male
#12
mantap,kalau Novel islami saya pernah baca nya : Cogito Allah Sum, Hakikat Cinta, apa lg ya :confused: nggak terlalu suka sih dulu tuh dgn Novel islami.. :D
Saya juga pernah baca Cogito Allah sum,tpi novel Hakikat cinta belum...mungkin selera orang dalam menbaca novel berbeda beda
 
Joined
Nov 20, 2017
Messages
166
Ratings
65
Points
61
Gender
Male
#14
saya sih lebih suka komik karena lebih cepat bacanya, lebih tipis tapi kelemahannya kadang-kadang untuk komik yang bersambung suka lama sambungannya ada dan kadang-kadang belum tamat udah ga muncul lagi sambungannya. Kalau novel sih pasti langsung tamat
 
Top