Komik Panel - Hal2 Sepele

bebekhitam

Staff member
Translator
Kontributor
Messages
874
Likes
3,064
Points
456
#1
Saya sering kagum dengan illustrator2 yang detail sekali dalam menggambar komik panel sampai hal2 terkecil pun direncanakan dan pas dengan cerita. Misalnya komik dengan setting abad pertengahan, pakaian yang dikenakan disesuaikan dengan periode yang bersangkutan.

u/ komik yang menampilkan scene jalanan yang ramai, sang illustrator menggambar mobil berdasar mobil betulan. Renault sering tampil di komik2 Eropa, dan karena digambarkan secara detail, mudah dikenali.

Yang menarik, kadang2 ilustratornya juga menambahkan benda2 trivia ke dalam komik panel.

Contohnya di komik panel berikut, Piet Wijn 'menggantung' bed warmer di sisi tempat tidur yang merupakan benda umum di household di Eropa pada masa tersebut. Perhatikan juga jendela dan motif lantainya. Sepertinya Pak Wijn menggambar komik berdasarkan lukisan2 kuno yang menggambarkan situasi rumah tangga Belanda di tahun 1600an.

Scan 1.jpeg

di panel berikut, anak laki2 yang merupakan 'figuran' di komik tsb memiliki mainan kuda Trojan. Ini mainan popular di abad pertengahan, di museum2 yang memajang mainan2 kuno atau toko barang antik sering ditemukan kuda Trojan dari kayu berbagai ukuran. Menarik sekali Piet Wijn dengan telatennya menambahkan mainan kuno ini dalam komik Pak Janggut.

Mencari Jejak Perampok 10.jpg

Apakah sobat pernah menemukan hal2 sepele yang menarik dalam komik favorit sobat?
 

kresnaw

Veteran
Donatur
Translator
Kontributor
Messages
245
Likes
1,238
Points
301
#2
Yang berkesan banget kalau saya adalah dalam komik Tintin di Tongkat Raja Ottokar, dimana ditampilkan minaret mesjid di pemandangan Syldavia. Later on saya baru tahu bahwa Herge mengambil contoh dari negara Yugoslavia dalam memodelkan Syldavia, dimana di negara-negara semenanjung Balkan banyak terdapat sisa-sisa dari kebudayaan Ottoman Turki.

Syldavie.jpg
 
Last edited:

bebekhitam

Staff member
Translator
Kontributor
Messages
874
Likes
3,064
Points
456
#3
panel komik negeri dongeng ini menggambarkan tapestry/permadani di gantung dinding istana negeri dongeng (colek mas @nhr2710 ). Menggantung tapestry dan permadani merupakan kebiasaan keluarga kerajaan/bangsawan zaman dulu. (Tidak seperti sekarang, dulu permadani Persia merupakan symbol status dan terlalu berharga untuk diletakkan di lantai, jadi biasa digantung di dinding untuk dikagumi keindahannya).

 
Messages
147
Likes
32
Points
56
#4
kalo aku sih selalu kagun dengan penggambaran di komik Tanguy dan Laverdu, penggambaran pesawatnya detail, entah beneran ngambil dari pesawat aslinya ato rekaan. Tapi bagiku sih kayaknya real
 

Latest posts

Latest threads