Joe Orlando

Screenshot_2020-10-26-10-14-26-16.jpg
Joe Orlando
(4 April 1927, Italia - 23 Desember 1998, AS)

Joe Orlando adalah komikus, editor, dan instruktur seni kelahiran Italia, dengan karir selama lebih dari 50 tahun di Amerika.
Setelah bekerja untuk beberapa penerbit pada akhir 1940-an bersama Wallace Wood, ia menjadi andalan di jajaran EC Comics "Tren Baru" yang legendaris.
Dia adalah pendiri dari judul fiksi ilmiah perusahaan 'Sains Aneh' dan 'Fantasi Aneh', dan kemudian juga menjadi kontributor tetap Majalah Mad.
Setelah menyelesaikan seri 'Classics Illustrated' Gilberton dan James Warren's 'Creepy and Eerie', dia mendapatkan pekerjaan tetap dengan DC Comics.

Awalnya seorang seniman, kemudian Orlando menjadi salah satu editor perusahaan yang paling terkemuka di akhir 1960-an, Orlando mengawasi pembuatan karakter simbolik seperti 'Jonah Hex' dan 'The Swamp Thing', sebelum menjadi Wakil Presiden DC pada tahun 1985.

IMG_20201026_102144.jpg

Masa muda

Joseph Orlando lahir pada tahun 1927 di Bari, sebuah kota pesisir di Italia selatan.
Dua tahun kemudian, keluarga Orlando pindah ke Amerika Serikat, kemudian menetap di New York City. Orlando adalah Seorang yang rajin menggambar, ia menghadiri kelas seni lokal dari usia tujuh hingga empat belas tahun dan memenangkan beberapa kompetisi menggambar.
Pada tahun 1941 ia mendaftar di Sekolah Tinggi Seni Industri NYC dan mempelajari Ilustrasi. Selama periode ini, Orlando mendapat tugas seni pertamanya yaitu menggambar adegan 'The Prince and the Pauper' Mark Twain untuk buku sekolah menengah.
Tak lama setelah Perang Dunia II, ia menghabiskan dinas militernya dengan Polisi Militer di Eropa, kemudian Kembali ke kehidupan sipil pada tahun 1947.Orlando melanjutkan pendidikannya di Liga Mahasiswa Seni di G.I .Bill. Ambisinya adalah menjadi ilustrator dalam tradisi Norman Rockwell, tetapi pada saat itu surat kabar, majalah, dan agensi periklanan sebagian besar beralih dari ilustrasi ke fotografi.
Screenshot_2020-10-26-10-24-13-75.jpg

Karya komik pertama

Orlando beralih ke buku komik. Pengaruh utamanya adalah Hal Foster, Alex Raymond, dan rekannya Wally Wood.
Pada tahun 1948 ia mulai bekerja sama dengan pembuat buku komik Lloyd Jacquet, yang menugaskannya membuat komik Peti Harta Karun, sebuah buku komik yang diterbitkan oleh Gereja Katolik.
Karya pertama Joe Orlando adalah cerita 'Chuck White', yang dibintangi putra dari orang tua yang bercerai dari kepercayaan agama yang berbeda.
Pada saat yang sama, ia bekerja untuk buku komik 'Catholic Comics', menggambar cerita dengan atlet sekolah menengah 'Bill Brown dari Notre Dame' (1948-1949).
Secara bersamaan Orlando beralih ke genre komik lain ketika seninya muncul di 'Cowboy Western Comics' oleh Charlton Comics, 'Exposed' dan 'Outlaws' oleh D.S. Publishing. Selama kurun waktu tersebut, ia sering bekerja sama dengan sesama artis Tex Blaisdell.

Screenshot_2020-10-26-10-26-00-02.jpg

Kolaborasi dengan Wallace Wood

Pertemuan yang sangat menentukan terjadi pada tahun 1949, ketika dia dan Wallace Wood mulai bekerja untuk Fox Comics. Kedua pria itu memulai kolaborasi. Orlando mengerjakan seni pensil dan Wood sebagai seni dan tinta yang sudah jadi.
Mereka membuka studio, bersama artis muda lainnya seperti Sid Check dan Harry Harrison.
Klien utama mereka adalah Fox, yang menggambar banyak fitur dalam periode 1949-1951, termasuk 'Dorothy Lamour', 'Martin Kane', 'Frank Buck', 'Judy Canova', 'Pedro and the jungle heroes 'Sabu, Elephant Boy ',' Jungle Jo 'dan' Jungle Lil '.
Tim mereka juga bekerja untuk Avon Comics dan Youthful Magazines, tempat Orlando mengerjakan seni fiksi ilmiah pertamanya.
Orlando mengerjakan komik dengan judul 'Rocket to the Moon' (1951) 'Space Detective' (1951) dan 'Kenton of the Star Patrol' (1951), serta buku komik 'Captain Science' milik Youthful ( 1951).
Tim mereka juga menyumbangkan cerita romantis untuk Better Publications dan cerita horor untuk Master Comics.
Edisi September 1951 dari Master's 'Dark Mysteries' berisi cerita horor pertama Joe Orlando, 'The Monster's Ghost'.

Screenshot_2020-10-26-10-31-39-45.jpg

EC Comics

Melalui Wood, Joe Orlando juga diperkenalkan dengan EC Comics, dipimpin oleh penerbit William M. Gaines dan editor Al Feldstein. Pada pertengahan 1951, Orlando menjadi bagian dari tim inti EC, ia mengerjakan buku komik legendaris '"New Trend" .
Buku komik ini menonjol karena alur cerita yang cerdik, dan karya seni berkualitas tinggi, di mana para senimannya bebas untuk bekerja dengan gaya mereka sendiri.
Orlando menjadi penulis utama dalam judul fiksi ilmiah 'Sains Aneh' dan 'Fantasi Aneh', dan 'Sains-Fantasi Aneh'.
Orlando mengilustrasikan banyak cerita yang seringkali didasarkan pada cerita pendek oleh penulis fiksi ilmiah terkenal Ray Bradbury.
Dalam 'Weird Science-Fantasy', Orlando bertanggung jawab atas Mars'Adam Link' berdasarkan cerita yang ditulis oleh Eando (Otto) Binder.Dimana salah satu dari sedikit karakter yang berulang dalam buku komik EC. Cerita 'Adam Link' kemudian juga diadaptasi untuk acara TV pertengahan 1960-an 'The Outer Limits' yang menampilkan Leonard Nimoy.

Screenshot_2020-10-26-10-36-10-44.jpg

Salah satu cerita inovatif oleh Joe Orlando adalah 'Hari Penghakiman!'. Yang ditulis oleh Al Feldstein dan diterbitkan dalam Weird Fantasy # 18 (Maret-April 1953).
Dalam ceritanya, seorang astronot Bumi mengunjungi koloni robot untuk memeriksa apakah mereka siap untuk dimasukkan ke dalam Republik Galaksi Besar. Astronot terkejut melihat robot tersebut membedakan populasinya dengan warna oranye atau biru pada eksterior mereka, sedangkan bagian dalamnya benar-benar identik.
Dia memutuskan robot belum siap untuk menjadi bagian dari republik, di mana orang sekarang telah belajar untuk hidup bersama.
Saat astronot yang sedih terbang kembali ke rumah, orang orang mengetahui bahwa dia adalah seorang pria kulit hitam.
Dengan pengungkapan ini di panel terakhir, Komisi Eropa memberikan sikap yang kuat dan pada saat itu provaktatif melawan rasisme.
Diterbitkan selama era Kode Komik, Gaines dan Feldstein harus berjuang agar panel terakhir ini tetap ada.
Upaya tersebut mendapatkan pujian tim dari Ray Bradbury, yang menyatakan bahwa cerita tersebut harus menjadi "bacaan wajib bagi setiap pria, wanita dan anak-anak di Amerika Serikat".

Selain judul sci-fi, Orlando juga menggambar untuk buku horor EC 'Haunt of Fear' dan 'Tales from the Crypt', dan merupakan artis segmen sci-fi di 'Shock SuspenStories'.
Dia juga memiliki cerita di hampir setiap terbitan Panic, terbitan majalah Mad Magazine.
Pada tahun 1955, aturan publikasi yang ketat dari Otoritas Kode Komik membuat baris "New Trend" EC tidak dapat dilanjutkan.
Judul nya digantikan oleh baris "New Direction" yang kurang provokatif, kemudian Orlando muncul di 'Impact', 'Valor' dan 'M.D.', Dia juga menggambar untuk judul "Picto-Fiction" 'Crime Illustrated', 'Terror Illustrated' dan 'Confessions Illustrated', yang disajikan sebagai majalah bergambar alih-alih buku komik, sehingga menghindari pedoman Kode Komik. Namun, pada tahun 1956 gelar EC baru ini juga menghilang, meninggalkan Joe Orlando tanpa pekerjaan.

Screenshot_2020-10-26-10-38-02-53.jpg

Timely / Marvel


Dengan hilangnya pekerjaannya, Joe Orlando beralih ke pekerja lepas untuk perusahaan lain lagi. Salah satunya adalah Timely, Marvel Comics masa depan. Orlando telah melakukan beberapa pekerjaan lepas sesekali untuk mereka di awal 1951 dan 1953.
Orlando kembali dari akhir 1955 hingga 1958 dengan penampilan yang lebih teratur dalam judul-judul berbasis genre seperti 'Strange Tales', 'Astonishing', 'Journey into Mystery', 'Mystical Tales ',' Mystic 'dan beberapa buku komik barat.
Pada tahun 1957 ia memberikan kontribusi serupa untuk judul horor 'Black Magic' oleh Headline Publications, Inc. Namun komik horor ini kurang menarik, karena skrip yang disetujui Comics Code kurang inventif.
Orlando sempat kembali ke Marvel pada tahun 1964 dan membuat edisi kedua, ketiga dan keempat dari superhero Stan Lee 'Daredevil', dengan tinta oleh Vince Colletta.

Ilustrasi Klasik

Antara 1956 dan 1958 Orlando bekerja untuk seri 'Classics Illustrated' karya Gilberton. Dia menggambar buku komik dari 'Caesar's Conquests', 'A Tale of Two Cities', 'Kim' dan 'Ben Hur', dan kemudian juga berkontribusi untuk buku komik pendidikan penerbit 'The World Around Us' (1959-1961) .
Beberapa tugas Gilberton di Orlando tampaknya merupakan pekerjaan yang terburu-buru, dan orlando harus mencari inspirasi di tempat lain untuk memenuhi tenggang waktunya.
Dalam majalah budaya pop Belanda Furore (# 26, 2020), penulis Luuk Smeets berhasil melacak secara langsung 150 Dari 186 panel dari 'Caesar's Conquests' hingga karya seni dari komik 'Prince Valiant' Hal Foster. Bentuk plagiarisme serupa ditemukan dalam cerita Orlando untuk 'Valor' EC.

Screenshot_2020-10-26-10-40-21-01.jpg

MAD MAGAZINE

Orlando akhirnya menjadi penulis dan artis untuk majalah komik satir EC Mad. Orlando memulai debutnya di edisi # 32 (April 1957) dan tetap menjadi kontributor tetap hingga edisi # 128 (Juli 1969). Awalnya, Orlando mengambil alih 'Scenes We'd Like To See', serial yang awalnya diluncurkan oleh Harvey Kurtzman dan dilanjutkan oleh Phil Interlandi.
Orlando menulis dan menggambar sebagian besar kontribusi awalnya sendirian, sampai E. Nelson Bridwell menjadi penulis utama. Mereka muncul secara teratur hingga tahun 1959. Setelah tanggal itu, kontribusi Orlando pada serial tersebut menjadi kurang menonjol, dengan puncak terakhir pada tahun 1964. Pada tanggal 30 April 1958, Bridwell dan Orlando memparodikan 'To Tell the Truth' dalam edisi # 40 (Juli 1958), Karena Moore pernah menjadi pembawa acara 'To Tell the Truth' sendiri, dia menganggap parodi itu cukup lucu.

Screenshot_2020-10-26-10-43-03-65.jpg


Namun, lelucon 'Adegan yang Kami Ingin Lihat' dengan pengaruh terbesar pada budaya pop muncul di edisi # 38 (Maret 1958). Dalam komik strip, Lone Ranger dan rekannya yang asli Amerika, Tonto, dikelilingi oleh ratusan penduduk asli Amerika. Namun ketika koboi bertopeng berkata: "Sepertinya kita sudah selesai", Tonto menyeringai: "Apa maksudmu ... 'Kita'?" Lelucon itu diceritakan kembali oleh banyak orang sebagai lelucon populer. Terutama dalam bahasa asing, dengan menggunakan koboi berbeda dan duo India, seperti Old Shatterhand dan Winnetou.
Akhirnya lucunya berubah menjadi situasi komedi yang berbeda, selalu di mana seorang pahlawan kalah jumlah dan sahabat karibnya tiba-tiba bergabung dengan musuh.

Orlando juga terkait erat dengan 'Mad ... Of The Year, menggambarkan satir mengambil profesi atau selebriti media tertentu. Orlando mengilustrasikan enam bagian serial tersebut antara tahun 1963 dan 1969, semuanya dengan penulis yang berbeda. Kontribusi terakhirnya untuk seri khusus ini adalah 'Produser Film Asing Gila Tahun Ini', ditulis oleh Dick DeBartolo untuk edisi # 128 (Juli 1969). Siegel dan Orlando juga berkolaborasi dalam dua majalah parodi untuk Mad, menargetkan Film Land (edisi # 54, April 1960) dan Reader's Digest (edisi # 67, Desember 1961). Spoof Orlando dari Ladies 'Home Journal (edisi # 62, April 1961) ditulis oleh Tom Koch. Dalam contoh yang agak menakutkan tentang kehidupan meniru seni, Siegel menulis 'Mad Previews the Top News Stories of 1962', diilustrasikan oleh Orlando, yang dimuat dalam edisi # 69 (Maret 1962). Salah satu artikel, 'MM masuk rumah sakit lagi', mengklaim bahwa Marilyn Monroe akan pergi ke rumah sakit tahun itu di bawah perhatian media yang tidak masuk akal, untuk merawat "kaki atlet". Pada bulan Agustus tahun itu, lelucon ini menjadi lebih mengerikan ketika bom seks Hollywood benar-benar menjadi kasus medis dan dia ditemukan tewas di tempat tidurnya.

Screenshot_2020-10-26-10-46-52-55.jpg

Pada tahun 1964, Joe Orlando memulai menerbitkan asosiasi James Warren, yang merencanakan majalah komik hitam-putih.
Orlando hadir sebagai seniman dan editor cerita dalam terbitan awal Creepy (1964) dan publikasi saudara perempuannya, Eerie (1965). Dalam Creepy, Orlando kembali mengadaptasi cerita 'Adam Link' oleh Otto Binder antara 1965 dan 1967. Joe Orlando juga muncul di majalah perang Warren 'Blazing Combat'. Pada pertengahan 1960-an, Joe Orlando juga menggambar cerita untuk judul misteri Western Publishing 'Boris Karloff Tales of Mystery' (1965-1968) dan 'The Twilight Zone' (1965-1967), serta 'Ripley's Believe It or Not! ' (1966-1968).

Artis di DC Comics

Melalui penulis Gila E. Nelson Bridwell, Orlando diperkenalkan ke DC Comics pada tahun 1966. Bridwell juga salah satu asisten editor DC dan pencipta tim pahlawan super parodi 'The Inferior Five', yang pertama kali muncul di Showcase issue # 62, # 63 dan # 65 pada tahun 1966. Orlando, dibantu oleh Jerry Grandenetti, dan Mike Esposite. Joe Orlando adalah salah satu seniman pensil dalam lima belas terbitan pertama, yang diterbitkan antara Juni-Juli 1966 dan Oktober-November 1968. Pada 1966, Orlando juga menggambar dua terbitan berjudul 'Metamorpho - The Element Man' yang ditulis oleh Bob Haney.

Screenshot_2020-10-26-10-48-31-99.jpg

Editor di DC Comics
Selama menjadi pekerja lepas untuk DC, Orlando menjalin persahabatan dengan editor DC Carmine Infantino. Ketika Infantino menjadi Direktur Editorial pada tahun 1968, dia mempekerjakan Joe Orlando sebagai salah satu editornya. Orlando ingat dalam sebuah wawancara tahun 1998 untuk majalah Comic Book Artist, bahwa dia tiba pada saat "jaringan anak laki-laki tua" dari editor dan penulis DC perlahan-lahan bubar. Orlando cocok dengan filosofi Infantino bahwa editor yang juga seniman akan bekerja lebih baik dengan bakat. Dick Giordano, Joe Kubert dan Mike Sekowsky menerima tugas pengeditan sekitar waktu yang sama. Pada satu titik, Orlando mengawasi 17 buku komik, bekerja dengan asisten editor seperti Mark Hanerfeld, Paul Levitz dan Allen Asherman. Dia memandu transformasi buku komik yang ada, dan peluncuran yang baru. Dia bekerja sama dengan tim penulisnya, melayani sebagai inspirator, co-plotter, dan pencari bakat.

Salah satu buku komik pertama yang mendapat perawatan Orlando adalah judul anak-anak berumur pendek 'Stanley and His Monster' (1968) oleh Arnold Drake dan Bob Oksner. Kemudian muncullah 'Angel and the Ape', sebuah judul humor detektif baru yang diciptakan bersama oleh Bob Oksner dan E. Nelson Bridwell, dan kebangkitan kembali judul remaja tahun 1950-an 'Leave It to Binky' (1968-1977) dalam upaya lain untuk bersaing. dengan Archie Comics. Editor mengangkat seri antologi horor cetak ulang 'House of Mystery' dan 'House of Secrets' dengan membawa Neal Adams untuk melakukan seni sampul. Dia juga menggunakan pengalamannya dengan buku horor EC, membuat halaman pengantar dengan pembawa acara Cain ('Mystery') dan Habel ('Secrets') memberikan komentar sarkastik pada setiap konten terbitan. Orlando menggambar sendiri sebagian besar panel Cain antara tahun 1968 dan 1970, sementara Bill Draut menggambar perkenalan awal Abel. Draut dan Adams juga hadir dalam inisiatif Orlando lainnya; peluncuran kembali judul misteri 'The Phantom Stranger' (1969). Joe Orlando juga mencoba memodernisasi judul roman 'Heart Throbs' dan 'Young Romance' dengan bereksperimen dengan konsep dasar laki-laki-bertemu-perempuan. Orlando menyarankan variasi yang lebih edgy dengan meminta kekasih berasal dari kelas, etnis, atau latar belakang pendidikan yang berbeda.

Screenshot_2020-10-26-10-53-23-06.jpg

Orlando juga mengawasi penciptaan superhero prasejarah Howard Post 'Anthro' (1968-1969) serta penembak jitu barat 'Bat Lash' (1968-1969, digambar oleh Nick Cardy) dan 'Jonah Hex' (dibuat pada tahun 1972 oleh John Albano dan Tony DeZuñiga). Ciptaan penting lainnya dengan keterlibatan Joe Orlando adalah 'The Swamp Thing' (1971) oleh Bernie Wrightson dan Len Wein, yang memiliki gelarnya sendiri antara tahun 1972 dan 1976. Pada tahun 1971 Orlando menggantikan Mike Sekowsky sebagai editor salah satu judul tertua DC, ' Komik Petualangan '. Dia secara bertahap mengubahnya dari kendaraan untuk karakter dari franchise 'Superman' menjadi buku komik antologi fantasi / supernatural. Fitur baru melihat cahaya, termasuk 'The Black Orchid' (1973) oleh Sheldon Mayer dan Tony DeZuñiga dan versi baru 'The Specter' (1974) oleh Michael Fleisher dan artis Jim Aparo. Pada tahun 1972, Orlando dan bosnya Carmine Infantino memulai baris baru antologi berbasis genre baru: 'Weird War', 'Weird Western', 'Weird Worlds' dan 'Weird Mystery'. Selain itu, Joe Orlando mencoba bersaing dengan Majalah Gila dengan meluncurkan 'Plop!' (1973-1976), judul humor dua bulanan yang diisi dengan cerita semi horor. Sergio Aragonés adalah artis utama pada judul tersebut, dengan Basil Wolverton menyumbang seni sampul.

Promosi
Selama tahun 1970-an, Orlando dan Infantino merekrut tim seniman komik Filipina, yang akan mengisi banyak buku Komik DC selama tahun 1970-an dan 1980-an. Diantaranya adalah Alfredo Alcala, Mar Amongo, Steve Gan, Ernie Chan, Alex Niño, Nestor Redondo dan Gerry Talaoc. Pada tahun 1981 Orlando dan Dick Giordano melakukan perjalanan pengayauan yang lain, kali ini ke Inggris, menghasilkan perekrutan Alan Moore, Dave Gibbons, Kevin O'Neill dan lainnya. Sepanjang jalan, Joe Orlando menaiki tangga perusahaan DC. Dia beralih dari redaktur pelaksana menjadi Wakil Presiden / Direktur Kreatif perusahaan pada tahun 1985. Rekannya Dick Giordano telah ditunjuk sebagai Wakil Presiden / Editor Eksekutif dua tahun sebelumnya. Joe Orlando juga mengepalai Divisi Layanan Kreatif DC, yang mengawasi produksi produk berlisensi seperti Majalah Looney Tunes (1989-1991), merchandising (T-shirt) dan panduan gaya karakter DC. Orlando terutama berkolaborasi dengan Ben Oda dalam menampilkan tulisan dan desain logo, yang pada tahun 1990-an diubah menjadi standar digital untuk panduan gaya oleh juru ketik Rick Spanier. Setelah kematian penerbit EC Bill Gaines pada tahun 1992, perusahaan induk Time / Warner menempatkan Mad Magazine di bawah sayap DC Comics, dengan Orlando menjadi Associate Publisher majalah tersebut.

Screenshot_2020-10-26-10-55-48-18.jpg

Karya seni di kemudian hari
Sejak Joe Orlando menjadi editor, pekerjaannya sebagai seniman menurun. Dia berkontribusi pada Majalah Mad hingga 1969, dan mengerjakan papan cerita dan ilustrasi untuk iklan dan buku anak-anak selama 1960-an dan 1970-an. Karya majalahnya yang lain termasuk ilustrasi sampul untuk New Times dan Newsweek, dan lebih banyak cerita komik satir untuk National Lampoon pada paruh pertama tahun 1970-an. Orlando merancang mainan dan kemasan untuk Marx dan Transcience. Dia secara khusus mengilustrasikan iklan untuk lini hewan peliharaan akuarium 'Sea-Monkeys' Transcience tahun 1960-an. Pada tahun 1985, dia merancang poster untuk American Library Association. Pada 1973-1974, dia secara singkat menulis komik surat kabar 'Little Orphan Annie' untuk Chicago Tribune-New York News Syndicate, yang pada saat itu digambar oleh teman lamanya Tex Blaisdell. Orlando memberikan plot dan break-down, sementara Michael Fleisher memberikan dialog.

Dalam hal buku komik, Orlando terutama terlibat dalam ilustrasi sampul, sebagian besar untuk judul misteri DC. Pada tahun 1987 ia menggambar edisi kesebelas dari serial 'Teen Titans Spotlight', yang dibintangi oleh Brotherhood of Evil. Pada tahun yang sama, dia membuat cerita 43 halaman untuk 'The Shadow Annual', ditulis oleh Andy Helfer dan ditandatangani oleh Alfredo Alcala. Namun, salah satu kontribusi buku komiknya yang paling diingat di tahun 1980-an adalah bagian teks tambahan dalam edisi kelima seri 'Watchmen' Alan Moore dan Dave Gibbons. Seni Orlando disajikan sebagai materi asli dari komik-dalam-komik 'Tales of the Black Freighter'. Pada tahun 1988 Joe Orlando dan inker Dennis Janke menggambar mini-seri empat edisi dengan 'The Phantom' Lee Falk, yang ditulis oleh Peter David. Cerita horor yang dibuat dengan pensil dan tinta oleh Joe Orlando muncul dalam tiga terbitan serial antologi DC 'Wasteland', juga pada tahun 1988.

Screenshot_2020-10-26-10-57-06-50.jpg

Semi-pensiun dan kematian

Joe Orlando pensiun dari aktivitas perusahaannya pada tahun 1996. Namun, dia tetap aktif sebagai konsultan dan artis untuk DC Comics dan Majalah MAD. Kontribusi terakhir Orlando untuk MAD muncul dalam edisi # 359 Juli 1997. Untuk jejak Paradox Press DC, dia menggambar cerita pendek untuk sepuluh angsuran dari seri 'Buku Besar ...' antara tahun 1994 dan 1998: 'The Big Book of Urban Legends ',' Buku Besar Kematian ',' Buku Besar Penjahat Kecil ',' Buku Besar Hoaks ',' Buku Besar yang Tidak Dapat Dijelaskan ',' Buku Besar Pecundang ',' Buku Besar Para Martir ',' The Big Book of Scandal ',' The Big Book of Bad 'dan' The Big Book of the Weird Wild West '. Dia juga tetap aktif sebagai instruktur seni di Sekolah Seni Visual Kota New York, pekerjaan yang dia pegang sejak 1980-an. Secara keseluruhan, kartunis veteran itu tetap aktif sampai akhir. Dia meninggal dunia di Manhattan pada 23 Desember 1998, pada usia 71 tahun.

Screenshot_2020-10-26-10-58-22-90.jpg

Pengakuan

Screenshot_2020-10-26-10-59-42-73.jpg
Orlando dianugerahi oleh Akademi Seni Buku Komik tiga kali: dua kali untuk "Kisah Humor Terbaik" (1972, 1973) dan satu kali untuk "Kisah dan Editor Terbaik" (1973). Di San Diego Comic-Con 1980, dia menerima Inkpot Award. Di luar komik, ia memenangkan hadiah pertama untuk lukisan cat minyak dari Klub Seni Salmagundi pada tahun 1983. Terlepas dari rekam jejaknya yang panjang, Orlando kini dikenang sebagai salah satu seniman legendaris yang bekerja untuk EC Comics pada masa kejayaannya. Ini sebagian besar disebabkan oleh beberapa koleksi cetak ulang EC yang telah muncul sejak 1980-an, sebagian besar melalui Russ Cochran dan Gemstone Publishing, serta literatur sekunder seputar periode terobosan dalam sejarah buku komik ini. Kontribusi mereka pada EC 'Weird Science' membuatnya dan Wallace Wood mendapat peringkat di Entertainment Weekly's "Sci-Fi Top 100" pada tahun 1998. Pada tahun 2007, Joe Orlando secara anumerta dilantik di Will Eisner Award Hall of Fame.

Keluarga
Istri Joe Orlando, Karin, telah bekerja sebagai penulis surat dan pewarna untuk DC Comics.

Sumber : https://www.lambiek.net/artists/o/orlando.htm
 
Last edited by a moderator:
Top