generasi djadoel

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,364
Ratings
1,394
Points
596
Gender
Male
#1
Wahai generasi 90-an inget gak sih segala hal tahun 90-an yg membekas dan akan selalu jadi kenangan. Share yah apa aja itu. Gak tahu udah ada apa belum thread ini kalau udah ada dihapus aja mz.

1. Sore-sore habis mandi dengan bedak denok deblong duduk depan tv liat pasukan turbo. Hari minggu pun dari jam 7 sampai 12 siang full kartun. Sekarang yg tersisa cuman doraemon.
2. Gak ada hiburan. Selain TV dan Radio, adanya cuman tape. Kalau kusut diputar-putar sama batang pensil. Pernah saya keluarin pitanya buat rumah-rumahan yg ada malah kena geblek. Hehehehe. Dulu punya cerita the white snake legend. Gak tahu kenapa kok ilang. cari online udah gak ada.
3. Mode bajunya gombor-gombor bunga-bunga. Baju hem dimasukin ke dalam celana.
4. Sangu gak usah banyak-banyak. Bawa uang monyet pun udah bisa dapat jajan banyak.
5. Lapangan masih banyak. Tiap sore maen layangan, gobak sodor, asinan, patil lele, petak umpet, kasti.
6. Teriak-teriak liat susi sama alan maen di olimpiade terus nangis liat merah putih dikibarkan.
7. Kalau ada rayuan pulau kelapa berarti TVRI sama RRI udah mau turun udara. Habis itu layarnya jadi unik gambarnya.
8. Nonton TV bayar pajak, ada petugas bawa kartu warna kuning.
9. Tiap tanggal 30 september wajib kudu harus liat film G30S/PKI di TV.
10. Lagu anak masih marak mulai dari joshua, enno lerian, trio kwek-kwek, saskia geofanny.
11. Dulu yg mewabah opera sabun amerika latin sama drama asia apalagi kungfu.
12. nonton Remi kalau gak salah pake kacamata 3D merah biru hadiah tabloid bintang indonesia kayaknya.
13. tiap kamis sore nunggu bapak bawa pulang majalah bobo. kalau gak bawa berarti lagi gak punya uang. pernah nelepon tiap hari ke kantor bapak buat ngingetin beli bobo.
14. bioskop mati suri karena film indonesianya berubah jadi film biru semua dengan bintang hudi prayogo, ibra azhari, gitty srinita, windy cindiana.
15. demam penculikan lewat helikopter. anak-anak ababil kalau ada heli langsung tiarap dan sembunyi di bawah parit.
16. beli rautan yg ada kacanya. kalau yg usil maen pantul-pantul sinar.

#saya sok tahu maka saya remaja 2000. Yg lain ayo ikutan komen.
 
Last edited:

Erwan

Nostalgic
Donatur
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
274
Ratings
224
Points
146
Gender
Male
#2
17. liat pesawat teriat minta duit
18. kalo berantem sama teman saling ngancam ngadu ke bokap masing masing padahal gak
19. liat jeep toyota hardtop langsung berhamburan karena mengira mobil penculik
20. main bola di lapangan, full timenya adzan maghrib
21. pulang sekolah mandi di sungai sampe celana basah, sampe di rumah dapat rotan
22. akhir pekan kalo gak liburan main dingdong di plaza atau pertokoan dekat terminal
23. pake rautan buat ngintip cd cewek teman sekolah
24. sabtu sore sepedaan rame rame di komplek kadang malah putar putar dalam kota
25. kalo ada layangan putus pada rebutan ngejar padahal harga layangan baru cuma 25 rupiah
26. suka nyolong buah buahan milik pak haji
27. kalo malam minggu suka ikut bokap siskamling
28. beli chiki, chikinya di buang, tazosnya di kumpulin
29. main tamagotchi kalo peliharaan mati atau kembali jadi telur, galaunya melebihi galau remaja putus cinta
30. kalau kegiatan agustusan rame, ada sepeda hias, karnaval & banyak lomba lain
31. ikut mobil hias takbiran keliling kota
32. kalau mau berantem janjian di belakang sekolah pas pulang, kedapatan guru malah di jewer dua duanya
33. di setrap guru pulang ngadu ke ortu malah di tambahin hukumannya
34. malam malam nonton serial & sinetron berkualitas
35. dunia dalam berita sdh tayang artinya sdh boleh tidur atau nonton setelah belajar malam (siapa juga yg mau nonton dunia dalam berita)
36. sering ngumpul belajar kelompok kalau mau ulangan
37. bawa gimbot ke sekolah, mainnnya berebutan sampe berantem
38. kalau lagi ada gebetan nongkrong di telp umum sambil bawa recehan banyak (nelp di rumah di marahin nyokap kalau ketahuan)
39. hari minggu siang nonton acara musik "album minggu" di TVRI
40. tiap selasa & jumat ngumpul di mesjid buat tadarrus Alquran
41. pas ramadhan bukannya tarawih malah lomba petasan & kembang api
42. ikut kegiatan pramuka di sekolah (sempat sampai jamnas di cibubur tahun 1995)
43. ikut cerdas cermat P4 (dulu sampai tingkat kota/kabupaten)

udah ah, cuma segitu yg keinget jelas sekarang.
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,364
Ratings
1,394
Points
596
Gender
Male
#3
- tahun 98 lagi krismon. Anak-anak pun gak mau kalah. Ada cindy cenora dengan hits krismon dan aku cinta rupiah.
- tahun 90 provinsi termuda masuk ke pangkuan NKRI tapi beberapa saat kemudian melepaskan diri.
- tahun 90 tahun berduka karena ada beberapa artis mati muda mulai dari ryan hidayat, nike ardila, poppy mercuri, richie ricardo.
- ngumpulin bungkus lifebouy siapa tahu taufik savalas datang.
- acara kuis masih banyak komunikatif dan menghibur.
 

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
178
Points
116
Gender
Male
#4
-ditakut-takuti dgn hal yg ga masuk akal, tp ya ttp aja percaya,
dulu di kampung kami ada orang bawa karung tepung, minta2 beras,di panggil "Labay", biasanya para orang tua suka nakutin anak2, "main jangan jauh2, nanti di tangkap Labay", kami sih percaya aja kalau tu isi karung nya adalah anak kecil hasil culikan, haha, dan setahu saya ketika saya mulai sekolah dia udah ga pernah nongol lg,
 

maszd

Administrator
Staff member
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,163
Ratings
41,922
Points
1,166
Gender
Male
#5
biasanya para orang tua suka nakutin anak2, "main jangan jauh2, nanti di tangkap Labay", kami sih percaya aja kalau tu isi karung nya adalah anak kecil hasil culikan
persis :eek: ditempat saya juga dulu ada yang seperti ini, namanya "kalila" saya diperingatkan sama ortu jangan main jauh2 nanti diculik kalila yang cirinya selalu bawa karung buat masukin anak yang diculik, karna rumor itu, sukses siangnya setelah pulang sekolah nggak ada yang berani main diluar :D

ngomongin tentang orang tua yang suka nakutin anaknya saya jadi ingat diantaranya "jangan dudukin bantal, entar bisul" atau "kalau makan jangan sampai piringnya bunyi entar datang ular" satu lagi "jangan makan sambil tiduran, entar berubah jadi ular" sebenarnya maksudnya bagus karna ada pesan baik yang saat itu saya nggak tahu :) dan sekarang malah saya ikut terapin ke anak :LOL:
 

richie200671

Collector
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,169
Ratings
2,645
Points
571
Gender
Male
#6
- tahun 98 lagi krismon. Anak-anak pun gak mau kalah. Ada cindy cenora dengan hits krismon dan aku cinta rupiah.
- tahun 90 provinsi termuda masuk ke pangkuan NKRI tapi beberapa saat kemudian melepaskan diri.
- tahun 90 tahun berduka karena ada beberapa artis mati muda mulai dari ryan hidayat, nike ardila, poppy mercuri, richie ricardo.
- ngumpulin bungkus lifebouy siapa tahu taufik savalas datang.
- acara kuis masih banyak komunikatif dan menghibur.
Perasaan provinsi Timor Timur itu masuk sebagai provinsi termuda di Indonesia sejak 17 Juli 1976 dan lepas dari Indonesia sejak tahun 1999.
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,364
Ratings
1,394
Points
596
Gender
Male
#7
Perasaan provinsi Timor Timur itu masuk sebagai provinsi termuda di Indonesia sejak 17 Juli 1976 dan lepas dari Indonesia sejak tahun 1999.
salah ketik mas. tahun 90-an kayanya wek. gak tahu apa sebabnya sampe lepas yah.

persis :eek: ditempat saya juga dulu ada yang seperti ini, namanya "kalila" saya diperingatkan sama ortu jangan main jauh2 nanti diculik kalila yang cirinya selalu bawa karung buat masukin anak yang diculik, karna rumor itu, sukses siangnya setelah pulang sekolah nggak ada yang berani main diluar :D

ngomongin tentang orang tua yang suka nakutin anaknya saya jadi ingat diantaranya "jangan dudukin bantal, entar bisul" atau "kalau makan jangan sampai piringnya bunyi entar datang ular" satu lagi "jangan makan sambil tiduran, entar berubah jadi ular" sebenarnya maksudnya bagus karna ada pesan baik yang saat itu saya nggak tahu :) dan sekarang malah saya ikut terapin ke anak :LOL:
minta tolong doraemon mas. saya ingat disalah satu episode dengan permen pengubah atau apalah si suneo suka ngetawain neneknya jadi bengkok lidahnya, habis makan tidur jadi sapi. orang tua saya bahkan nenek saya gak sampai sekolot itu kok. hhehehehehehe........ satu yg saya ingat kalau lewat hutan atau tempat sepi mesti kulonuwun.
 
Last edited by a moderator:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
951
Ratings
1,918
Points
406
Gender
Male
#8
ngomongin tentang orang tua yang suka nakutin anaknya saya jadi ingat diantaranya "jangan dudukin bantal, entar bisul" atau "kalau makan jangan sampai piringnya bunyi entar datang ular" satu lagi "jangan makan sambil tiduran, entar berubah jadi ular" sebenarnya maksudnya bagus karna ada pesan baik yang saat itu saya nggak tahu :) dan sekarang malah saya ikut terapin ke anak :LOL:
kalo di saya istilah untuk itu disebutnya "pamali" om... :D
kalo saya, yang paling saya takutin adalah posisi badan telungkup (bisa sambil nonton tipi, atau baca buku atau mainan ular tangga) trus kaki dilipat keatas paha, kataanya bisa bikin salah satu dari orang tua kita meninggal... uuhh sereemmm... :sick:
 

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
178
Points
116
Gender
Male
#9
kalo di saya istilah untuk itu disebutnya "pamali" om... :D
kalo saya, yang paling saya takutin adalah posisi badan telungkup (bisa sambil nonton tipi, atau baca buku atau mainan ular tangga) trus kaki dilipat keatas paha, kataanya bisa bikin salah satu dari orang tua kita meninggal... uuhh sereemmm... :sick:
disini duduk di bantal yg di katakan mendoa kan ibu meninggal :rolleyes: nanti kalau sudah punya anak semua itu nggak akan saya wariskan, karena kebanyakan adalah hal negatif,:D
 

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
951
Ratings
1,918
Points
406
Gender
Male
#10
disini duduk di bantal yg di katakan mendoa kan ibu meninggal :rolleyes: nanti kalau sudah punya anak semua itu nggak akan saya wariskan, karena kebanyakan adalah hal negatif,:D
hehehe... kalau saya sih mungkin beberapa larangan tetap akan saya lakukan pada anak, tapi tidak dengan "menakut-nakuti", saya coba kasi penjelasan sesuai wawasan anak di usianya. soalnya saya setuju, seperti yang dikatakan om masZD
sebenarnya maksudnya bagus karna ada pesan baik
;)
 

heri_pires

Vintage
Kontributor
Joined
Oct 2, 2013
Messages
776
Ratings
330
Points
256
Gender
Male
#11
Dulu punya cerita the white snake legend. Gak tahu kenapa kok ilang. cari online udah gak ada.
mas @lolak lolok white snake legend ada komplit kok di youtube hehehe..

"jangan dudukin bantal, entar bisul"
yg ini inget banget nih sampe skrg.. ntah apa hubungannya duduk di bantal dan bisul.. sampe skrg klo mau duduk di atas bantel jg rada parno hahaha
 
Last edited by a moderator:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
951
Ratings
1,918
Points
406
Gender
Male
#12
ntah apa hubungannya duduk di bantal dan bisul..
kalo yang pernah saya baca (tanpa sengaja, dapet website mengulas hal2 spt ini), katanya karena bantal adalah alas kepala (letak panca indera, mata, hidung, mulut dan telinga) kalau di dudukin (bisa jadi sebelumnya anak kecil duduk di tanah, atau tempat yang kurang bersih) sehingga rentan membawa kuman. Itu kalo secara logika sih...
Atau kalau secara kesopanan, barangkali anak yang duduk di bantal abis buang angin atau abis buang hajat dan kurang bersihinnya, trus bantalnya di pake tidur sama bapaknya, kan kasian bapaknya mencium bau-bau yang kurang asyik... jadi aja dilarang... lagian itu bantal buat kepala, masa di pake ke pantat.. haha.. kurang lebih sih asumsi ngasal saya begitu mas...:LOL::LOL:
kalo bisul sih kyknya buat nakut2in aja mas.. wkwkwk... mungkin jaman dulu kena penyakit itu apalagi kalo posisinya di bagian belakang, termasuk sesuatu yang mengerikan... dan memalukan..
 
Last edited:

mahyudin1992

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jan 22, 2017
Messages
167
Ratings
178
Points
116
Gender
Male
#13
hehehe... kalau saya sih mungkin beberapa larangan tetap akan saya lakukan pada anak, tapi tidak dengan "menakut-nakuti", saya coba kasi penjelasan sesuai wawasan anak di usianya. soalnya saya setuju, seperti yang dikatakan om masZD

;)
nah.. iya, kasih penjelasan yg sebenarnya, misalnya duduk di bantal, "hayo dek, bantal ini untuk apa? untuk kepala kan? adek mau kepala nya di dudukin? nggak kan? nah, jangan duduk di bantal yaa".. mungkin gitu lebih baik, jujur,, bukan kayak dulu, jangan duduk di bantal, nanti bisulan, atau ibu mati, kan jd doa.. :LOL:
 
Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Ratings
210
Points
96
Gender
Male
#14
kalo di saya istilah untuk itu disebutnya "pamali" om... :D
kalo saya, yang paling saya takutin adalah posisi badan telungkup (bisa sambil nonton tipi, atau baca buku atau mainan ular tangga) trus kaki dilipat keatas paha, kataanya bisa bikin salah satu dari orang tua kita meninggal... uuhh sereemmm... :sick:
Ini persis sama kayak di tempat saya 😰. Ada lagi orang dewasa bilang ke anak2 cowok, kalo nyapu itu yang bersih, kalo enggak entar istrimu brewokan loooh.. Kalo ke anak cewek dilarang duduk di depan pintu, nanti jodohnya susah.. Kalo Ibu saya bilang ke saya, kalo kamu nyapu, sampahnya jangan dibuang di depan pintu, beresin sekalian. Pake pengki. Biar pekerjaanmu lancar dan gak berhenti di tengah2.. Entah semuanya itu beneran/enggak. Tapi ya tetep saya kerjakan sampe sekarang. Hihihi..
 
Top