Definisi TPB dan graphic novels

Joined
Sep 30, 2013
Messages
87
Ratings
49
Points
41
Gender
Male
#1
roadsterian said:
achmad isnaeni said:
ketika Supes dihajar habis2an oleh batman di TPB Batman Hush Jeph loeb/Jim lee (dulu punya TPBnya terbitan m&c sampe sekarang belum balik dipinjam temen sekantor
Baru tahu ada istilah TPB di dunia komik, setelah googling dapat perbedaannya :
TPB atau Trade paperbacks, atau "trade" seperti yang biasa disebut, adalah koleksi buku komik yang biasanya terikat dalam format yang lebih baik daripada komik, menggunakan bahan dan metode yang sama sebagai buku cetak. Umumnya dijual di toko buku dan toko-toko khusus buku komik daripada di loper koran.
Tidak seperti graphic novels, materi dalam TPB dicetak ulang dari majalah komik yang dirilis dalam format standar 32-halaman.
Tidak seperti komik, yang hanya menceritakan satu bagian kecil dari sebuah cerita, TPB biasanya terdiri dari cerita lengkap, kerangka cerita, atau sebagian besar dari cerita. Biasanya merupakan cetak ulang materi komik dari 4 sampai 12 buku komik, tergantung pada ukuran TPB dan cerita yang dikumpulkan. Nah, loh bingung khan :scratch:
Contoh TPB yang paling dikenal :
  • Watchmen
  • V for Vendetta
  • Batman: Year One
Meyambung mas Roadsterian mungkin saya bisa menjelaskan definisi keduanya dari sudut pandang saya, setelah dapat pencerahan waktu langganan majalah wizard indonesia dulu (mohon maaf jika yang saya sampaikan ini melenceng dari arti sebenarnya, soalnya cuma memakai bahasa yang saya rangkum dari sumbernya dan disimpulkan sendiri dan bukan dari istilah2 standar formalnya, jadi mohon dikoreksi jika salah).

Graphic Novels adalah suatu cerita lepas yang dibuat untuk pertamakalinya ataupun diambil dari suatu karakter dari novel, film, tokoh ataupun serial komik reguler dengan tema yang beragam mulai dari cerita fiksi sampai autobiografi yang dituangkan kedalam bentuk gambar baik berupa sebuah cerita komik maupun potongan gambar-gambar yang menceritakan suatu peristiwa dilengkapi teks penjelasannya (lebih mengutamakan kekuatan pada gambarnya, tanpa adanya teks balon seperti dikomik biasa). Dari Graphic Novels ini jika baru pertamakali dibuat (bukan merupakan cerita lepas dari sebuah komik reguler),biasanya ditambahkan pula dengan cerita mengenai seputar proses pembuatan cerita dengan komen dari penulis maupun koleganya ataupun ilustrasi2 tambahan baik berupa sketsa (biasanya disertai komen) ataupun pin up. Jika penerbit melihat ada kemungkinan dilanjutkan (kebanyakan sih dilihat dari faktor 'nilai jualnya') maka bisa jadi akan terbit secara reguler menjadi serial. Berikut contoh simpelnya seperti dibawah ini :
graphic novel
(300 by frank miller/lynn varley)
graphic novel yang kemudian jadi serial reguler
(powers by brian michael bendis/michael avon oeming)
Log in or register to view this content!

graphic novel dengan gambar sebagai kekuatan utama
(mythology by alex ross)
Log in or register to view this content!

TPB atau Trade paperbacks adalah sebuah buku yang sengaja diterbitkan ulang dengan kualitas tinggi baik dari segi kertas, cover dan seperti TPB isinya biasanya ditambahkan dengan cerita mengenai seputar proses pembuatan cerita dengan komen dari penulis maupun koleganya ataupun ilustrasi2 tambahan baik berupa sketsa (biasanya disertai komen) ataupun pin up (sumbernya diambil dari serial komik reguler dengan satu tema lepas, dimana jika dikomik reguler tema tersebut dibuat berseri karena keterbatasan halaman).
Biasanya TPB diambil dari cerita yang banyak mendapatkan respon pembacanya atau untuk sebuah atribute kepada penulis atau illustratornya, sehingga dengan adanya TPB ini pembaca setianya bisa mengkoleksinya tanpa harus mencari komik regulernya dengan tema yang diinginkan atau dibuat oleh penulis/illustrator tertentu yang mungkin saja diedisi regulernya tidak teratur terbitnya. Kelemahan dari TPB ini adalah dari sisi cover yang disetiap edisi regulernya ada bahkan bisa terdapat lebih dari satu varian untuk no edisi yang sama, dalam TPB ini biasanya tidak diadakan. Hal ini jelas sangat merugikan untuk para kolektor dari fans setianya. Berikut contoh simpelnya seperti dibawah ini :
TPB
(techjacket by robert kirkman/e.j. sue)
Log in or register to view this content!

TPB yang diedisi regulernya terdapat varians covers
(identity crisis by bard meltzer/rags morales michael bair)
Log in or register to view this content!

TPB untuk sebuah atribute kepada penulis atau illustratornya
(black panther by jack kirby)
Log in or register to view this content!

Maaf jika terkesan menggurui, barangkali ada yang lebih tau dari saya dan ada yang mau menambahkan, jika definisi diatas masih ada yang kurang, dipersilakan....

(sekali lagi minta tolong untuk mas Z dan para admin maaf dah ngerepotin, mohon diedit kalo gambar2 diatas melanggar aturan soalnya belum tau cara nongolin gambar nih
:scratch: :scratch: :scratch:
ps:
kalo untuk member boleh masukin gambar (tidak dianggap 'junk') dan saya termasuk yang belum bisa masukin gambar mohon untuk para adminnya untuk dijelaskan lagi tersendiri sejelas jelasnya (maksa banget nih...), soalnnya belum nyambung baca dirulesnya, maklum otak isinya kerjaan kantor mulu nih hehehe)
 
Last edited by a moderator:

pogo

Greenhorn
Joined
Sep 5, 2015
Messages
18
Ratings
37
Points
31
Gender
Male
#2
Diary bocah tengil (diary of wimpy kid) noh contoh graphic novel masa kini CMIIW
Log in or register to view this content!
Klo mau baca enakan yg bahasa inggris karna konon baahasa indo jadi banyak joke yg miss
Baahasa inggrisnya msh percakapan ringan kok
Nonton film nya juga mengghibur ( 3 atau 2dua film agak lupa)
 
Last edited by a moderator:

richie200671

Collector
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,128
Ratings
2,513
Points
586
Gender
Male
#3
Duh baru tahu ternyata begitu artinya Graphic Novel. Sering dengar istilah itu tapi gak pernah tahu arti sebenarnya. Makasih ya ZD, emang tooppp.....(y)
 

BC1377

Nostalgic
Kontributor
Joined
Jul 8, 2016
Messages
179
Ratings
166
Points
131
Gender
Male
#4
Kalau saya dari dulu nangkepnya semua komik amerika adalah graphic novels xD nah kalau TPB biasanya direlease kalau serinya sudah tamat, digabungin jadi 1 buku saja, IMHO yaaa xD
 
Top