Buku Jadoel Umurnya 62 Tahun (lebih)

Joined
Mar 31, 2018
Messages
144
Ratings
207
Points
101
Gender
Male
#1
Halo, sekedar berbagi..

Beberapa waktu lalu, saya akhirnya berhasil menemukan dan membeli satu buku bacaan jadoel (dan bekas) yang saya pikir udah langka.
- Judulnya : "Tjerita-Tjerita Alkitab Perdjandjian Baharu."
- Umur bukunya sudah sekitar 62 tahun lebih, kalo saya hitung-hitung.
- Di buku ini ada nama pemilik sebelumnya, dengan tanggal kepemilikan 25 Desember 1955 😄.
- Bahasanya masih menggunakan ejaan lama.
- Kondisi bukunya masih bisa dibilang bagus untuk umurnya, walau pada beberapa halaman sudah ada bercak-bercak coklatnya.
(Sebenarnya saya masih punya buku yang sama baik tahun terbitan dan isinya. Buku itu saya punya waktu saya masih SD. Cuma karena tidak terawat (maklum masih anak-anak), akhirnya sampulnya hilang. Empat halaman awal dan akhir dari buku pun ikut hilang).
Log in or register to view this content!

Sudah lama saya berusaha mencari-cari lagi di internet. Siapa tahu ada yang menjual buku ini. Tapi permasalahannya adalah : saya "tidak tahu/lupa" dengan judul bukunya, gara-gara sampulnya hilang itu dan tidak ada keterangan judul sama sekali pada sisa bukunya 😂. (Lha gimana mo nyari buku di internet kalo nggak tau judulnya, ya?). Tidak kehilangan akal, saya pun browsing sana-sini. Dan tetap tidak menemukan buku yang saya maksud. Akhirnya sekitar sebulan yang lalu, saya iseng-iseng browsing dan mengetik dengan putus asa di kolom searching. Saya ketik : "Cerita Alkitab". Dan.... yuhuuu 😍 Langsung muncul beberapa postingan tentang buku ini. Ada yang menjual buku itu (second), ada yang cuma memposting sebagai koleksi pribadinya, dan ada juga cetakan baru edisi revisi dengan ejaan baru, plus reviewnya. Wah, rasanya seneng banget ketemu judul buku yang sebenernya.

Awalnya saya "nekat" menghubungi orang yang memposting buku ini sebagai koleksi pribadinya. Kebetulan buku beliau cuma ada satu. Yang perjanjian baru saja (perjanjian lamanya nggak punya). Dan bukunya tidak untuk dijual. Terbitan tahun 1959. Ternyata penulisan isi bukunya sedikit berbeda dengan terbitan tahun 1955. Tapi saya tetap minta tolong aja difotoin halaman-halaman yang hilang (daripada buku saya tetep nggak lengkap 😆). Rencananya mau saya ketik dan print sendiri. Jadi biar lengkap lagi bukunya (niat amat ya? Hihihi) Untung orangnya mau bantu fotoin halaman-halaman yang saya perlu itu.

Nah, belum sampai saya print, walo udah selesai saya ketik bagian yang hilang, saya iseng-iseng browsing lagi. Dan ketemulah dengan penjual buku pertama. Saya kontak penjual itu. Dia punya dua buku. Yaitu Tjerita-Tjerita Alkitab Perdjandjian Lama (Djilid I) dan Tjerita-Tjerita Alkitab Perdjandjian Baharu (Djilid II). Setelah saya cek. Buku miliknya ternyata terbitan tahun 1959 juga. Akhirnya saya urungkan niat saya membeli. Karena selain itu bukan buku yang saya mau (bukan cetakan tahun 1955), ditambah lagi harga jualnya sangat melejit. Untuk 2 buku itu dijual 750K. Wkkk.

Belum puas, saya browsing lagi. Dan, ketemu dengan penjual buku kedua yang menjual buku persis sama dengan buku saya yang tidak lengkap itu. Harganya tidak semelejit penjual buku pertama. (Dan nggak jadi ngeprint dulu deh. Hahaha). Langsung tanpa banyak kata, saya pun membelinya.. Dan inilah dia... Buku jadoel berumur 62 tahun (lebih). Ikutan mejeng di Zona Djadoel 😉.

Keterangan buku :
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!
Jadi buku yang saya beli itu, sebenarnya terjemahan buku berbahasa Belanda.
Judul asli : Grootvertelboek
Oleh : Anne De Vries
Ilustrasi isi : C. Jetses
Penerjemah : Ny. J. Siahaan-Nababan
Penerbit : Balai Alkitab dan Badan Penerbit Kristen Jakarta
Tahun : 1955
Halaman : 370 halaman

Isi :
Buku ini berisi 100 cerita, yang diambil dari kisah-kisah dalam Alkitab Perjanjian Baru. Walau tidak semua isi Alkitab Perjanjian Baru itu diceritakan di buku ini, tapi 100 cerita sudah cukup menjadi benang merah dan mewakili apa yang ingin digambarkan ulang oleh penulis buku.

Nilai positifnya :
Terlepas buku itu memang menceritakan isi Alkitab Perjanjian Baru, yang saya sukai adalah cerita-ceritanya ditulis dengan bahasa yang indah untuk dibaca. Bahasanya cukup mudah untuk dipahami. Cerita-ceritanyanya layak untuk diambil hikmahnya, nilai-nilai kemanusiaannya dan hal-hal baik lainnya. Ditambah dengan adanya beberapa ilustrasi gambar yang bagus, yang menambah kekuatan buku ini sebagai bahan yang menarik untuk dibaca.
Log in or register to view this content!

Sedikit Kekurangannya :
Ada satu hal yang mungkin cukup membuat pusing bagi pembaca buku ini. Yaitu masih memakai ejaan lama tersebut (karena diterbitkan tahun 1955). Bagi yang tidak terbiasa dengan ejaan lama, tentu cukup membingungkan dalam membacanya. Tapi saya pribadi tidak terlalu mempermasalahkan ejaan lama itu dan tetap menikmati membaca buku ini.

Kesimpulan :
Jadi sekali lagi menurut saya, buku ini layak untuk dibaca baik oleh orang dewasa maupun non dewasa, serta baik pula diambil nilai-nilai positifnya.

NB :
Sekarang saya masih berminat untuk browsing2 lagi. Siapa tau masih ada yang menjual buku jilid I-nya, yang terbitan tahun 1955 (ngarep banget). Walaupun saya sudah membeli jilid I yang terbitan tahun 2005 (second). Dengan ukuran buku yang lebih kecil.

So, akhir cerita, terima kasih sudah menyempatkan membaca review saya ini dan salam "gemar membaca" buku jadoel 😉. Makasih admin dan ZD..
 
Last edited:

Bech

Nostalgic
Joined
Apr 10, 2018
Messages
101
Ratings
188
Points
86
Gender
Female
#2
Mas @Johan1975 ini nampaknya berjiwa kolektor buku yaahh.. kalo lagi berminat berburu bukunya sampai berbagai cara dilakukan.. apalagi kayak buku yg udah termasuk langka begini.. saluutt..
 
Top