Back to the Future (1985)

581d09b4d6ad5.jpg
Judul : Back to the Future (1985)
Jenis film : Comedy, Sci-Fi, Adventure
Sutradara : Robert Zemeckis
Pemain : Michael J. Fox, Christopher Lloyd, Lea Thompson, dan Crispin Glover.
Durasi : 116 menit
Tahun Tayang : 3 Juli 1985

Ringkasan :
Film ini berkisah tentang seorang anak remaja bernama marty mcfly yang sibuk dengan, kehidupan asmara dan sekolahnya. Marty mempunyai teman seorang profesor, bernama doctor emmet brown.. yang sering dipanggil oleh marty dengan panggilan "doc!". Alkisah, pada suatu hari marty disuruh oleh doc untuk menyaksikan dan mengabadikan, penemuan si doc yang terbaru. Ternyata, penemuan itu adalah sebuah time machine dalam bentuk sebuah mobil. Belum selesai seremoni pengabadian penemuan terbaru doc, tiba tiba ada terorris yang datang ingin menghabisi doctor, karena doctor telah mencuri salah satu barang dari terorris tersebut. Kalang kabut, doc pun tertembak, dan marty nekat menggunakan mobil itu. Setelah melaju cepat, ternyata mobil itu membawa marty kembali ke tahun 1955. Di tahun itu, marty pun belum lahir bahkan marty pun tidak sengaja bertemu dengan ayahnya sewaktu muda di kafe. Dan pada tahun itu mengetahui, kenapa ayahnya terus dibully oleh sesorang bernama Biff, ternyata bullyingnya sudah mulai semenjak dulu hingga tahun 1985. Dan yang lebih konyol lagi, marty merusak tatanan waktu, dengan mengacaukan proses bertemunya ayah dan ibu-nya sendiri. Konsekuensi pun harus ditanggung, foto yang dipegang marty dari masa depan mulai menunjukan buktinya, perlahan lahan gambar saudaranya mulai terhapus karena marty telah mengacaukan pertemuan ayah dan ibunya yang harusnya berjodoh. Pusing karena terjebak di masa lalu, maka marty mencoba menemui doctor emmet brown di zaman mudanya. Untungnya doctor bisa diyakinkan, dan mau menyelesaikan semua masalah marty, dari mulai ayahnya yang culun yang tidak mau mengajak ibu marty kepesta dansa sampai sampai, ibunya marty pada masa muda yang jatuh cinta dengan marty. Dan yang jelas doctor membantu marty membawa marty kembali kemasa depan.
Kelebihan :
Jujur, film ini sangat adiktif buat saya ketika itu, bisa dikatakan ini adalah salah satu trilogy terbaik tapi tetap tidak bisa menandingi trilogy batman. Film yang beredar pada tahun 1985 ini membuat saya tidak percaya, di tahun itu sudah ada beberapa manusia yang bernama Robert Zemeckis dan Bob Gale yang berpikiran untuk membuat film sejenius ini. Jenius kenapa? Film ini sebenarnya ringan dan juga sangat cocok ditonton oleh keluarga, apalagi ketika musim liburan sekolah atau ketika liburan nasional. Tapi film ini rumit, setiap detil satu sama lain ternyata saling berhubungan hingga nanti back to the future III. Yang membuat jenius, adalah ide yang sangat rumit dibuat ringan sehingga bisa dicerna oleh orang banyak. Serta tidak lupa kredit lebih diberikan untuk para pemeran utamanya, Michael J Fox (Marty) dan Christopher Lloyd. (Doctor). Pesan morilnya pun kental disini, dan itu tercermin dari perangai si doc nantinya yang menyiratkan bahwa, nasib dan semua yang terjadi biarkanlah terjadi, waktu yang telah terlewat adalah waktu yang terbaik yang tidak bisa dan sudah seharusnya tidak usah kita ubah. Rencana tuhan selalu lebih baik.
Kekurangan :
ada ketidak selarasan antara perinsip yang selalu dipegang Doc pada seri I dan II dengan kenyataan akhir yang terjadi pada sekuel yang ke III
Kesimpulan :
Film ini berhasil menyajikan gambaran tentang pentingnya waktu. Seperti kata Einstein, “Satu-satunya alasan adanya waktu adalah supaya segala sesuatu tidak terjadi pada saat yang bersamaan.” Sedetik pun kita lengah terhadap waktu, maka konsekeunsinya ada di masa yang akan datang.
nilai rekomendasi 5/5
 
Last edited by a moderator:

kresnaw

Collector
Veteran
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
1,230
Reaction score
4,477
Points
573
Gender
Male
Terhadap teknologi yang ada di film2 science, saya punya pendapat seperti ini. Kemungkinan alat2 canggih itu sudah ada pada saat film2 itu dibuat (Pihak studio film meminjam alat2 canggih tsb pada pihak berwenang), hanya saja pemakai alat2 itu sebatas pada kalangan dunia intelijen dan militer, belum boleh digunakan oleh umum. Pihak umum boleh menggunakan alat2 canggih tsb apabila sudah ditemukan turunan alat canggih yang lebih mumpuni. Sebagai contoh adalah drone. Drone dulu banyak digunakan oleh dunia intelijen dan militer tapi setelah ditemukan drone yang lebih canggih maka drone yang kita kenal sekarang boleh digunakan oleh umum artinya boleh diproduksi secara massal untuk mendapatkan keuntungan bisnis. Pengganti drone adalah microbot. Microbot ini ukuran panjangnya sekitar 1 cm, mengisi ulang baterai-nya hanya dengan melayang-layang tepat di bawah sumber cahaya yang terang. Ada juga tipe yang mengisi baterainya hanya dengan berhenti beberapa inci di dekat sebuah medan magnet seperti di stopkontak, monitor komputer, motor listrik, speaker audio, dan ponsel.

Microbot spt ini ada di film Eye In The Sky.

Tapi balik ke film Back To The Future, masih banyak teknologinya yg belum ada sampai sekarang (diluar mesin waktu-nya tentu saja).

Flying skateboard, baju yg bisa kering sendiri (ini hampir kejadian menurut sy dengan teknology nano), smart house, mobil terbang.

Bicara ttg mesin waktu, dari abad ke 18 sudah di angankan oleh pengarang Jules Verne dan HG Wells.
 

wong tegal

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
1,185
Reaction score
6,018
Points
553
Gender
Male
Kalau drone yang digunakan oleh perusahaan rokok untuk iklan mereka bisa gak, ya, untuk menjawab pertanyaan mas @kresnaw di atas? :unsure:
 

willy

Collector
Veteran
Scanlation team
Kontributor
Joined
Jan 10, 2014
Messages
1,253
Reaction score
2,302
Points
553
Gender
Male
Baru-baru ini ke toko mainan anak dan melihat ada LEGO Brickheadz Marty Mc Fly and Doc Brown. Setelah searching di internet ternyata selain itu LEGO juga membuat beberapa lego lain berdasarkan film ini. Diantaranya Back To The Future Level Pack dan Back To The Future Doc Brown Fun Pack.
 

irwanramones

Retro
Donatur
Scanlation team
Kontributor
Joined
Nov 25, 2021
Messages
347
Reaction score
443
Points
203
Gender
Male
Film favorite saya terutama yg pertama dan kedua.selalu saya tonton berulang ulang dan ga pernah bosan
 

sieking

Greenhorn
Joined
Aug 8, 2022
Messages
14
Reaction score
55
Points
31
Gender
Male
Film yg recomended banget, masih enak juga buat ditonton sampai saat ini. Malah nggak kelihatan jadul filmnya.
Bahkan sampai di koleksi semua filmnya.
 
Top