Aktor/Aktris - Kualitas dan Kharisma

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
956
Ratings
3,571
Points
551
Gender
Female
#1
btw jaman dulu juga gak maen di wajah. gak kaya jaman sekarang banyak terong-erongannya. ingat gak sama wajah kasarnya soekarno m nor atau mukanya endang s taurina.
paling seneng kalau tutie kirana jadi ibu-ibu. di film si doel sama buah terlarang. suaranya enak banget. adem. entah dub atau asli.

pointnya itu mz yg buat saya cinta film jadul. ceweknya anggun kaya ita mustafa, widiawati, debby, tanty josepha.
menyambung komen mas @lolak lolok di thread artis idola jadul, saya kebetulan punya opini yang serupa juga tentang aktor/aktris berkualitas.

Entah kenapa kok rasanya pemain film jaman dulu lebih cenderung bertalenta dan mengandalkan kualitas akting daripada tampang. Seiring dengan berjalannya waktu juga, mereka sepertinya tidak kehilangan daya tariknya, tapi justru makin matang dan seperti punya 'sesuatu' dari dalam. Banyak dari mereka justru lebih menarik dan punya pesona tersendiri setelah mereka tidak muda lagi.

Sekarang ada juga aktor/aktris yang bagus tapi mungkin karena budaya instant jadi termasuk komoditi langka ya?

Gimana kalau di thread ini sobat membahas tentang aktor dan aktris berkualitas, tapi bukan sekedar melist nama2, tapi mungkin bisa dibahas satu per satu. Terutama kalau bisa juga rekomendasi tentang film yang mereka bintangi atau karya lagu mereka yang menurut sobat merupakan 'masterpiece' aktor/aktris/penyanyi/pelawak tersebut. Karena ini pendapat masing2 individu belum tentu ini film2 yang membuat ybs jadi tersohor tapi film yang membuat sobat pribadi jadi terkesan/terinspirasi.

Ini tidak harus aktor/aktris jadul, bisa juga aktor/penyanyi jaman sekarang yang berkualitas. Juga tidak terbatas di pemain film bisa juga pelawak yang inspirasional, pembawa acara, penyiar radio dst.

saya mulai duluan...

Widyawati

5828f383c7136.jpg

Rekomendasi film:
  • Kemilau Kemuning Senja (1980)
  • Arini, Masih Ada Kereta yang Akan Lewat (1987)
  • Rectoverso (2013)
Log in or register to view this content!
Sudah bermain film dari tahun 70-an, ibu yang satu ini menurut saya salah satu contoh artis yang justru lebih menarik di usianya yang matang. Saya pernah lihat sekilas film jinak2 merpati (tahun 1975) waktu beliau masih berusia 25 tahun, kok malah rasanya ada yang kurang. Film2 beliau tahun 80an menurut saya merupakan showcase kualitas akting kelas satu.

Website ini membahas lebih jauh tentang film2 beliau (terus terang saya sendiri belum pernah nonton mayoritas film2 yang disebutkan di blog tsb) - the best of Widwayati
 
Last edited by a moderator:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
928
Ratings
1,886
Points
421
Gender
Male
#2
Log in or register to view this content!
Yang keliatan ama saya :
Armand Maulana, Andy /RIF, Glenn Fredly, Fadly (Padi), Kikan (waktu itu masih Coklat), Roy Jeconiah (Boomerang), Maya & Pingkan Mambo (Ratu), Duta (SoS), Audy Item, Rio Febrian, Warna, Ahmad Albar.
Kecuali grup musik Warna dan Maya, tanpa melihat vidklipnya saya bisa tau suara siapa yang sedang bernyanyi di lagu tersebut dan saya yakin teman-teman juga pasti bisa juga, karena suaranya tuh emang keren-keren.
Setelah mereka diatas, yang berikutnya adalah Ariel (Peterpan/Noah) dan Tantri (Kotak), dan Faank (Wali).
Sebelumnya pasti suara Kaka (Slank) ketauan banget.
Udah, abis itu, grup-grup musik berikutnya saya ga bisa nandain apa keunikan vokalnya.
Begitu juga booming boyband, sama sekali saya ga tau ini siapa yang nyanyi. Mungkin menurut saya yang saya sebutkan diawal mempunyai ciri khas, dan yang jaman sekarang lebih eye catching hehe...
Udah, gitu aja.
 
Joined
Nov 3, 2015
Messages
130
Ratings
136
Points
86
Gender
Male
#3
Deddy Mizwar

5831b532ee33c.jpg

Rekomendasi film:

- Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1986)
- Cintaku di Rumah Susun (1987)
- Naga Bonar (1987)
- Lorong Waktu (1999)

Log in or register to view this content!

Bagi saya, salah satu aktor yg berkualitas adalah Deddy Mizwar. Sepertinya, setiap peran yg dijalani, keliatan total banget.
Peran serius semacam di film "Arie Hanggara". Komedi seperti di film box office "Kejarlah daku kau kutangkap", "Cintaku di rumah susun" dan pastinya "Naga Bonar".

Satu mungkin yg paling di ingat, bahkan boleh dikata cuman dia yg sampai sekarang paling pantas melakoninya, yakni film2 Walisongo, sebagai Sunan Kalijogo.

Di era kebangkitan film nasional th 2000an pun, hasil garapan dan ide2nya sebagai sutradara maupun pemeran, juga keliatan, baik film maupun sinetron2 yg bertemakan religius di bulan Ramadhan. Sebut saja "Kiamat sudah dekat", "Lorong waktu", "Para pencari Tuhan" dll.

Terlepas saat ini beliau berkecimpung di dunia politik ( ah.... Saya males kl ngomongin politik ), bagi saya beliau adalah salah satu maestronya aktor Indonesia
 
Joined
Nov 20, 2016
Messages
3
Ratings
3
Points
14
Gender
Female
#4
setuju banget om dedi mizwar,,dan alm om didie petet, salah dua maestro perfilman indonesia yang paling berkharisma
 
Thread Starter
TS
bebekhitam

bebekhitam

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
956
Ratings
3,571
Points
551
Gender
Female
#5
setuju banget om dedi mizwar,,dan alm om didie petet, salah dua maestro perfilman indonesia yang paling berkharisma
Setuju banget! Didi Petet. Akting almarhum sebagai Emon di Catatan si Boy impressive. Walau sayangnya mungkin terlewatkan oleh banyak penonton yang lebih terpukau sama gantengnya si Boy dan kehidupan glamour yang di suguhkan di film tersebut.

Yang keliatan ama saya :
Armand Maulana, Andy /RIF, Glenn Fredly, Fadly (Padi), Kikan (waktu itu masih Coklat), Roy Jeconiah (Boomerang), Maya & Pingkan Mambo (Ratu), Duta (SoS), Audy Item, Rio Febrian, Warna, Ahmad Albar..
Yang pertama disebutkan: Armand Maulana menurut saya memang kelihatannya penyanyi dan pemimpin band yang berkarakter. Musik Gigi terus terang bukan selera saya tapi buat saya yang gak ngefans pun terlihat kalau Gigi ini lebih maju dari zamannya. Dulu kebetulan pernah baca wawancara dgn Armand di satu majalah musik ttg pengalaman sebagai leader band besar - sepertinya orangnya cerdas & rendah hati.

side note: penulis artikel tsb agak iseng sepertinya karena wawancaranya Armand ditampilkan side by side dengan salah satu pemimpin band besar lain yang punya gaya kepemimpinan bertolak belakang dengan Armand, jadinya kontras sekali. :smuggrin:

Log in or register to view this content!
 

c3rb3rus

Vintage
Kontributor
Joined
Nov 13, 2013
Messages
636
Ratings
960
Points
306
Gender
Male
#6
Kalo yg djadoel, saya g banyak yg ingat. Yg pasti saya suka aktingnya :

1. Sean Connery & Roger Moore
Buat saya pribadi, mereka ber2 ini lah yg sangat cocok jadi james bond

2. Kevin Costner
3. Al Pacino

Kalo yg kekinian, saya suka banget aktingnya :
1. Tom Hardy
Aktingnya di film Legend, yg based on true story tentang mafia twin ruarrrr biasaa banget. Di film Max Mad : Fury Road juga keren, meskipun buat saya aktingnya di film legend tetep the best. Semoga dia bisa jadi the next james bond pasca daniel craig

2. Benedict cumberbatch
Saya udah kagum sama kualitas aktingnya yg dapet banget meranin sherlock holmes di serial sherlock. Tapi saya bener2 terpukau liat aktingnya di film yg based on true story tentang ahli matematikawan bernama Alan Turing yg berhasil menciptakan alat pemecah kode di film The Imitation Game. Cocok jadi saingan tom hardy berebut peran the next james bond pasca daniel craig.

3. Emilia Clarke
Sejak saya nonton Me Before You, saya langsung suka banget liat aktingnya Emilia Clarke ini. Aktingnya bener2 high quality waktu dia meranin sosok Louisa Clark yg jujur, lugu, supel, sedikit katrok, dan cerewet. Dpt banget penghayatan perannya.

Buat yg lokal kekinian, saya suka :
1. Reza Rahadian
Jujur, saya tidak terlalu suka film2 lokal saat ini. Hampir g pernah saya tertarik nonton film lokal, kecuali saya liat salah satu pemainnya si Reza ini. Kualitas aktingnya bener2 keren banget. Mulai dari Habibie ainun, van der wijk, rudi habibie, sampe jadi bos menyebalkan di film my stupid boss aktingya keren banget.

2. Dian Sastro
Khusus yg ini, apapun filmnya, kalo dia dian mah saya pasti semangat nontonnya :X3:
 

zamul

Enthusiast
Joined
Jan 2, 2017
Messages
77
Ratings
40
Points
51
Gender
Male
#7
kalo indonesia jaman dulu ya :dedi mizwar aktingya dalam naga bonar gak tau lah kalo bukan dedi mizwar yg jadi naga bonar, mungkin gak memorable
yg sekarang :siapa sih yg bisa nandingin reza rahardian?

kalo hollywood banyak banget; soalnya mereka rata2 jebolan sekolah drama, kursus acting yg top

bollywood & hongkong ya, itu2 aja, habis orang indian & hongkong susah move on sama SRK & andy lau
 

lolak lolok

Fanatic
Kontributor
Joined
Sep 22, 2013
Messages
2,350
Ratings
1,378
Points
691
Gender
Male
#9
Yg bawah widiawati Sophan Sophian. Pengantin remaja.

Yg atas Ryan Hidayat Nurul Arifin lupus kejarlah daku kau kujitak. Satunya Rano Karno Yessy Gusman Gita cinta kali yah. Satunya Roy Marten Christine hakim badai pasti berlalu.:p.
 

wong tegal

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
797
Ratings
3,906
Points
431
Gender
Male
#10
Jawaban untuk tebakan di atas.
1. Christine Hakim dan Roy Marten dalam film Sesuatu yang Indah (1976). Meraih empat penghargaan FFI 1977 untuk kategori Pemain Utama Wanita Terbaik ( Christine Hakim), Pemain Muda Penuh Harapan (Roy Marten), Tata Musik Terbaik ( Idris Sardi), dan Penyuntingan Terbaik ( Wim Umboh).
2. Nurul Hidayat dan Ryan Hidayat dalam film Lupus: Tangkaplah Daku Kau Kujitak (1987)
3. Rano Karno dan Yessy Gusman dalam film Buah Terlarang (1979). Mendapat penghargaan di FFI 1980 untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Tutie Kirana).
4. Sophan Sophiaan dan Widyawati dalam film Cinta Remaja (1974).
 

Kirin Api

Nostalgic
Kontributor
Joined
Sep 18, 2013
Messages
299
Ratings
386
Points
151
Gender
Male
#11
kalo di indonesia yang sekarang: chelsea islan pastinya.. aktor cowonya yg sekarang ga ada yg bagus..
kalo hollywood banyak banget.. yang utama sih jhonny depp dan rowan atkinson
kalo hongkong sekarang kualitasnya udah menurun dilihat dari from vegas macau padahal aktor legend semua.. untung aja stephen chow ga ikutan..
Yang sekarang lagi bagusnya yaa korea movie apalagi kalo ada 2 aktor ini Yoo Hae-jin dan Oh Dal-Su mau jadi antagonis, protagonis, comedy, playboy, pasti seru wkwkwk
 

kresnaw

Vintage
Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
719
Ratings
2,311
Points
456
Gender
Male
#12
Satu2nya sitcom yang dulu paling ditunggu2 adalah: Bajay Bajuri. Entah kenapa semuanya pas. Karakter pemainnya, screenplay nya, settingannya. Gak ada yg bisa nandingin. Mat Solar dan Rieke Pitaloka.

Log in or register to view this content!

Kalau jaman dulu adalah Bu Broto (Mieke Wijaya) dan Pak Broto (siapa ya nama aslinya?) dalam serial Losmen.

#goodOldDays

Log in or register to view this content!
 
Last edited:
Top