Adachi Mitsuru

adachi1.jpg

Mitsuru Adachi (Adachi Mitsuru, lahir 9 Februari 1951) adalah seorang seniman manga Jepang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Komersial Maebashi Prefektur Gunma pada tahun 1969, Adachi bekerja sebagai asisten untuk Isami Ishii. Dia membuat debut manganya pada tahun 1970 dengan Kieta Bakuon, berdasarkan manga yang aslinya dibuat oleh Satoru Ozawa. Kieta diterbitkan di Deluxe Shonen Sunday (majalah manga terbitan Shogakukan).

Adachi terkenal dengan manga komedi romantis dan olahraga (terutama baseball) seperti Touch, H2, Slow Step, Miyuki dan Cross Game. Dia telah digambarkan sebagai penulis "dialog yang menyenangkan", seorang jenius dalam menggambarkan kehidupan sehari-hari, "pendongeng murni terbesar", dan "seorang seniman manga master". Dia adalah salah satu dari sedikit seniman manga yang menulis untuk majalah manga shōnen, shōjo dan seinen, dan menjadi populer di ketiganya.

Karyanya telah dimuat di majalah manga seperti Weekly Shonen Sunday, Ciao, Shōjo Comic, Big Comic dan Petit Comic, dan sebagian besar karyanya diterbitkan melalui Shogakukan dan Gakken. Dia adalah salah satu penulis andalan di majalah Weekly Shonen Sunday baru yang mulai diterbitkan pada bulan Juni 2009. Dua koleksi cerita pendek, Program Pendek dan Program Pendek 2 (keduanya melalui Viz Media), telah dirilis di Amerika Utara, dan Viz Media dijadwalkan untuk mulai menerbitkan Cross Game pada Oktober 2010.Volume pertama dirilis pada 12 Oktober.

Dia mencontoh ejaan あ だ ち (bukan 安達) untuk nama keluarganya setelah contoh kakak laki-lakinya, seniman manga Tsutomu Adachi. Selain itu, telah disarankan bahwa penggambaran yang akurat dari persaingan antar saudara di Touch mungkin berasal dari pengalaman Adachi saat tumbuh bersama kakak laki-lakinya. Adachi membuat desain karakter untuk serial anime OVA Nozomi Witches, jadi dia terkadang salah diberi kredit untuk membuat serial aslinya.

misuru1.jpg

Sejarah Singkat
Sebelum 1969, Adachi mulai mengirimkan karyanya ke majalah manga COM. Pada tahun 1969, ia mengikuti jejak kakak laki-lakinya dan pindah ke Tokyo untuk mulai bekerja sebagai asisten seniman manga Isami Ishii . Tahun berikutnya, dia melakukan debut profesionalnya bersama Kieta Bakuon. Ia terus menerbitkan berbagai cerita pendek dan serial pendek sepanjang tahun 1970-an berdasarkan karya yang dibuat oleh orang lain, yang paling terkenal adalah adaptasi Rainbowman dari tahun 1972 hingga 1973.

Pada tahun 1978, ia menerbitkan seri asli pertamanya, Nine, di Weekly Shōnen Minggu. Dia menerbitkan dua seri asli lainnya, Hiatari Ryōkō!dari 1979 hingga 1981 di Weekly Shōjo Comic, dan Miyuki dari 1980-1984 di Shōnen Big Comic.

Adachi menjadi nama rumah tangga dengan penerbitan seri Touch dari 1981 hingga 1986 di Weekly Shonen Sunday. Pada tahun 1982, Hiatari Ryōkō! diadaptasi menjadi serial drama TV live-action. Tahun berikutnya, 1983, merupakan tahun yang besar bagi Adachi. Dia menerima Penghargaan Manga Shogakukan Tahunan ke-28 untuk manga shōnen/shōjo dua seri Touch dan Miyuki-nya. Miyuki serinya diadaptasi menjadi baik serial televisi anime dan film live-action dan Nine diadaptasi menjadi tiga film, dengan yang lain sebagai berikut pada tahun 1984.

Touch diadaptasi menjadi serial televisi anime pada tahun 1985 dan serial ini ditayangkan selama dua tahun di Fuji TV. Serial manga shōjo romantis Adachi, Slow Step, diserialkan di Ciao dari 1986 hingga 1991 dan serial komedi romantis lainnya, Rough, muncul di Weekly Shōnen Sunday dari 1987 hingga 1989. Adachi kemudian merilis Niji Iro Tōgarashi, sebuah serial manga fantasi komedi romantis abad pertengahan, dari tahun 1990 hingga 1992 di Weekly Shonen Sunday.
Jinbē, sebuah komedi romantis tentang hubungan antara ayah tiri dan anak tiri, diserialkan dalam Big Comic Original dari tahun 1992 hingga 1997. Serial manga terpanjang Adachi, H2 berseri di Weekly Shonen Sunday dari tahun 1992 hingga 1999 dan disusun dalam 34 volume. Manga ini diadaptasi menjadi serial anime televisi yang ditayangkan di TV Asahi dari tahun 1995 hingga 1996.

Dari tahun 2000 hingga 2001, Adachi menerbitkan serial komedi romantis fantasi di Weekly Shonen Sunday berjudul Itsumo Misora. Serial berikutnya yang lebih panjang adalah komedi romantis tinju, Katsu!, diterbitkan dari 2001 hingga 2005 di Weekly Shonen Sunday. Pada tahun 2005, H2 diadaptasi menjadi serial drama aksi langsung yang ditayangkan di TBS di Jepang, dan Touch diadaptasi menjadi film aksi langsung yang dirilis oleh Toho. Dia juga memulai seri manganya Cross Game, berseri di Weekly Shonen Sunday. Tahun berikutnya, Rough diadaptasi menjadi film aksi langsung, juga dirilis oleh Toho.

Karena mencapai total penjualan manga berjumlah lebih dari 200 juta volume, Weekly Shonen Sunday memberikan edisi 26 pada tahun 2008 untuk Adachi dan karyanya. Pada tahun 2009, Adachi memenangkan Penghargaan Manga Shogakukan Tahunan ke-54 untuk manga shōnen untuk Cross Game, yang diadaptasi menjadi serial televisi anime yang mulai ditayangkan di TV Tokyo pada bulan April 2009.

Adachi mulai Q dan A dalam edisi perdana Bulanan Shonen Minggu pada bulan Juni 2009. Asaoka SMA Baseball Klub Buku Harian: Pagar Selama dimulai pada 27 April 2011 masalah dari Weekly Shonen Minggu. Pada bulan Mei 2012 ia menyelesaikan Q dan A dan memulai seri barunya, Mix, sebuah semi-sekuel dari Touch yang ditetapkan 30 tahun kemudian, dalam edisi bulan Juni 2012 dari Monthly Shonen Sunday. Saat ini, karya Adachi telah terjual lebih dari 200 juta kopi.

mitsuru4.jpg
Beberapa komik karya Adachi Mitsuru:
Log in or register to view this content!

Sumber:
 
Last edited:
Top