Tips Agar Bohlam Headlamp LED Mobil Tetap Efektif untuk dipakai Saat Hujan

jengida

Greenhorn
Joined
Oct 11, 2019
Messages
1
Reaction score
1
Points
14
Gender
Female
headlamp led.jpg
Bagi Anda pemilik mobil, pastinya sudah tak asing dengan istilah headlamp. Headlamp merupakan lampu utama yang berada di bagian depan mobil. Lampu ini dipakai untuk menerangi jalanan di depan mobil sehingga pengemudi bisa melihat dengan lebih terang dan baik. Headlamp pada mobil dinyalakan mulai sore hari atau di kapan saja saat hujan dan kabut terjadi. Jika dahulu headlamp halogen lebih banyak diminati, sekarang ini bohlam headlamp led mobil menjadi pilihan lampu standar bagi banyak merk mobil karena dinilai lebih modern dan stylish dengan sinar putihnya.

Dengan memakai sinar berwarna putih terang, lampu led pada headlamp akan memberikan pencahayaan yang lebih terang baik di siang maupun malam hari. Dengan begitu Anda tak perlu takut jika mengendarai mobil melewati malam hari atau di pelosok yang belum memiliki lampu penerangan. Selain lebih terang dengan sinar putihnya, lampu led pada headlamp juga memiliki kelebihan lainnya yaitu lebih irit bahan bakar. Dengan kelebihan tersebut tak aneh jika satu mobil bisa menambah lampu aksesorisnya hingga jumlah yang banyak tanpa takut menguras bahan bakar. Mobil menjadi lebih unik dan menarik dengan lampu led aksesoris yang warna-warni baik di dalam maupun di bagian luar.

Bagi Anda yang langsung ingin mengganti lampu headlamp mobilnya dengan tipe led, jangan terburu-buru dulu. Ada hal lain yang juga perlu Anda ketahui mengenai kelemahan lampu led. Lampu led kurang efektif jika digunakan untuk menembus cuaca hujan ataupun berkabut. Hal ini disebabkan karena cahaya putih lebih mudah dipantulkan dibandingkan di teruskan. Oleh karena itu saat cuaca hujan, cahaya putih yang dipancarkan oleh lampu led dipantulkan oleh titik hujan sehingga dibelakang titik hujan tersebut justru akan menjadi gelap. Hal ini akan berakibat pada lebih pendeknya jarak pandang pengendara saat hujan atau kabut terjadi.

Jarak pandang sendiri sangat penting untuk berkendara karena dapat meningkatkan antisipasi pengendara mobil. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menggunakan lampu led pada lampu headlamp mobilnya, perlu melakukan perubahan agar lampu headlamp tetap efektif untuk dipakai saat hujan. Ada beberapa perubahan yang bisa Anda lakukan untuk mensiasati hal ini yaitu :
  • Menambah lampu tambahan lain seperti lampu kabut.
  • Mengganti lampu led dengan lampu led kuning.
  • Menutup casing headlamp dengan stiker berwarna kuning terang.
Dengan ketiga pilihan tersebut Anda tetap bisa menggunakan led untuk headlamp dan tetap efektif untuk kondisi hujan dan berkabut. Untuk membeli lampu headlamp led mobil, Anda bisa mengandalkan Rumah Modifikasi yang memiliki koleksi lampu led mobil di dalam headlamp berbagai seri mobil kesayangan. Dengan memakai headlamp berkualitas, Anda akan memiliki mobil yang stylish untuk segala kondisi cuaca.
 
Top