Info Resensi Buku dan Film Jadul Info

Status
Not open for further replies.

maszd

Administrator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,139
Ratings
41,629
Points
1,341
Gender
Male
#1
Hi,
sub forum ini akan berisi ulasan mengenai buku-buku lama yang pernah sobat baca, diutamakan buku yang sudah rilis di forum zonadjadoel dan ulasan film-film lama baik luar maupun lokal yang dapat sobat rekomendasikan untuk sobat lainnya. secara umum untuk menjadi patokan bagian-bagian yang harus ada untuk sebuah resensi adalah sebagai berikut:

Resensi Buku
  • judul disertai cover.
  • pengarang.
  • penerbit.
  • tahun terbit.
  • ulasan mengenai buku tersebut.
  • kelebihan dan kekurangan buku (penilaian dari pembuat resensi).
  • kesimpulan.
  • nilai rekomendasi untuk buku tersebut (1 sd. 5).

Resensi Film
  • judul disertai poster kalau ada.
  • jenis film
  • sutradara
  • pemain
  • durasi.
  • tahun tayang.
  • isi.
  • kelebihan dan kekurangan (penilaian dari pembuat resensi).
  • kesimpulan.
  • nilai rekomendasi untuk film tersebut (1 sd. 5).
jadi di sub forum ini kami mengundang sobat semua untuk ikut berpartisipasi menulis (satu resensi untuk satu thread), bagi sobat yang menulis resensi dan resensi tersebut masuk kategori featured thread mendapat minimal 10 like, sobat berhak mengajukan rekues 5 link download yang belum dapat diakses via conversation (berlaku kelipatannya).
kriteria di atas dapat berubah kapan saja menyesuaikan dengan keadaan.

tambahan.
  1. gambar cover harus di upload/reupload ke picasa
  2. teks tidak menggunakan caps lock.
  3. isi resensi maupun komentar tidak berisi link download film atau buku.
  4. maksimum tahun terbit sampai dengan tahun 1999.
  5. resensi menggunakan bahasa indonesia.
  6. khusus untuk penilaian dari si pembuat resensi harus opini asli dari si pembuat resensi bukan hasil kopas dari site lain.
resensi yang tidak memenuhi kriteria di atas, status thread akan diubah ke unapproved thread selama satu hari untuk memberikan kesempatan edit pembuat resensi, lebih dari satu hari thread akan dihapus.
salam.
 
Last edited:

Bagas

Moderator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
May 27, 2015
Messages
939
Ratings
1,895
Points
421
Gender
Male
#2
Selamat pagi Om,
Maaf saya membuka conversation secara private dikarenakan thread "Info" mengenai hal ini di page 1 terkunci, lebih spesifiknya yang ingin saya tanyakan mengenai resensi Film, untuk rules-nya.
Sebagai pembanding, saya ambil rules dari resensi buku yang om posting, disitu tertulis
  • kelebihan dan kekurangan buku (penilaian dari pembuat resensi)
sementara untuk rules resensi film
  • kelebihan dan kekurangan.
tanpa adanya keterangan seperti di rules resensi buku. Begitu juga mengenai isi/ulasan resensi, tidak ada keterangan "penilaian dari pembuat resensi".

Yang jadi pertanyaan saya, apakah itu artinya member zd boleh mengambil sinopsis orang lain (dari website tentu sangat mudah sekali) secara copy-paste ataupun hampir 90% sinopsis orang lain?

IMHO, secara tersirat, saya menilai thread ini seharusnya sebagai penuangan pikiran dan kesimpulan versi penulis secara kreatif mengenai apa yang telah dibaca/ditonton, untuk di share kepada member lain, sehingga menimbulkan minat yang pada akhirnya akan memberi komentar dan menghidupkan forum.

Andaikan, memang diperbolehkan mengambil sinopsis orang lain tanpa mengedit ataupun sudah diedit tapi masih bisa kita nilai kemiripannya dengan sumbernya, saya khawatirnya thread ini hanya akan penuh dengan hasil kegiatan co-pas tsb, tanpa mengenai esensi dari tujuan dibuatnya thread ini.

Bayangan saya saja ini ya, saya tau/pernah dengar film jadul yang bagus, tapi saya tidak pernah nonton, lalu saya ambil resensi orang lain, ditambahkan sedikit dari website lainnya. Kalau saya sudah menonton, masih okelah, setidaknya saat ada yang komentar, saya masih bisa membahasnya.
Dan anggap saja ada member lain juga yang berpikiran begitu, saya rasa forum ini akan kehilangan gregetnya, karena tidak berbeda dengan website-website yang hanya melakukan co-pas untuk mengejar viewers. (pasti om pernah coba mencari info di itnet, begitu di klik isi satu website sama dengan website lainnya karena mereka cuma co-pas dari sumber yang sama, dan yang saya rasakan website tersebut tidak profesional).

Saran saya untuk thread ini adalah para penulis lebih kreatif, membaca sinopsis orang lain hanya sebagai referensi, dan mencoba menghadirkan suatu karya tulis yang orisinal menurut pengamatan pribadi. Walaupun tidak sebagus hasil orang lain, setidaknya penulis boleh berbangga dengan apa yang dihasilkannya. Seandainya memang kurang percaya diri hingga lebih memilih karya orang lain untuk ditampilkan, alangkah baiknya link atau referensi nya disebutkan untuk menghargai orang tersebut.

Begitu om, harapan saya forum ini tetap menjadi forum yang berkualitas dan bisa membuat anggotanya tetap mengingat apa yang diajarkan pada kita jaman SD dulu di pelajaran PMP, yang mau berjuang, bangga akan diri sendiri dan menghargai jerih payah orang lain.

Dengan segala keterbatasan, saya belum menemukan yang lainnya, tapi satu thread sudah saya coba kroscek ke itnet, dan inilah dasar saya membuka conversation ini.
Sengaja juga tidak saya tampilkan di thread "saran dan pengembangan zd", karena saya ingin tau lebih dulu bagaimana tanggapan om pribadi, dan tidak ingin menyinggung member yang lain. Mudah-mudahan om bisa memberi keputusan terbaik untuk itu, apapun responnya, saya terima sebagai anggota yang baik.

Salam,
Bagas
 
Thread Starter
TS
maszd

maszd

Administrator
Staff member
Translator
Kontributor
Joined
Aug 24, 2013
Messages
4,139
Ratings
41,629
Points
1,341
Gender
Male
#3
trims koreksinya mas bagas, yang saya maksud kelebihan dan kekurangan di bagian film harusnya dari si pembuat resensi bukan hasil kopas dari site lain.
saya pindahkan diskusi ini ke threadnya langsung supaya yang lain juga tahu.
trims

update rules di post pertama bagian tambahan.
 
Status
Not open for further replies.
Top