Scanlation Tom Poes

Thread Status
  1. Ongoing

bebekhitam

Administrator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
Nov 26, 2013
Messages
1,644
Gender
Female
TPV.jpg TPC2.jpg
Tom Poes adalah komik hasil karya maestro komik Belanda Marten Toonder (salah satu dari tiga besar seniman komik Belanda). Pertualangan pertama kucing putih cerdik ini dimuat di surat kabar De Telegraaf pada tgl 16 Maret 1941 dengan judul Het Geheim der Blauwe Aarde ("The Secret of the Blue Earth"). Nama Tom Poes diciptakan oleh istri Toonder Phiny Dick yang merupakan permainan kata dari kue belanda tompouce. Istri Toonder menulis enam komik panel pertama sebelum dilanjutkan oleh suaminya.
Log in or register to view this content!

Tom Poes bertahan selama 45 tahun (panel terakhir terbit 20 Januari 1986 dengan judul Mr Bumble and the End of Endlessness) dan diterbitkan di kurang lebih 50 surat kabar di berbagai penjuru Eropa. Di Belanda sendiri, banyak kosa kata baru belanda terlahir dari komik Tom Poes. Contohnya kata "grootgrut" (arti: pasar swalayan besar) berasal dari karakter bernama Grootrut yang pemilik mini market di cerita Tom Poes. Karakter2 di komik ini masing2 memiliki kepribadian dan gaya bicara masing2 ditulis dengan kreatif dan penuh warna oleh Toonder. Komik ini satu2nya komik yang masuk kategori sastra di negaranya.

Seniman2 ternama seperti Lo Hartog van Banda (penulis naskah Arad & Maya), Piet Wijn (Pak Janggut), Fred Julsing dan Dick Matena (Storm) pernah ikut menggambar/menulis komik Tom Poes. Piet Wijn menggambar hampir semua komik Tom Poes dari tahun 1971 - 1986 (teks & finishing akhir oleh Toonder).
Log in or register to view this content!

Tom Poes pernah diterbitkan di Indonesia oleh penerbit Djambatan (Djakarta) circa tahun 1950 dengan judul Tjerita Kutjing "si Putih"

Marten-Toonder-Tjerita-Kutsjing-Si-Putih_Djakarta 1950_1.jpg Marten-Toonder-Tjerita-Kutsjing-Si-Putih_Djakarta 1950_2.jpg


PERHATIAN! HARAP BACA PERATURAN FORUM
f. Member DILARANG menshare kembali semua unduhan terutama hasil SCAN ASLI serta hasil SCANLATION dari admin/kontributor dari semua topik yang ada pada forum KECUALI buku/ebook tersebut BUKAN scan asli dari admin/kontributor (memang mengambil dari site luar) dan karena hasil SCANLATION adalah murni hanya untuk koleksi pribadi tanpa tujuan untuk melecehkan pencipta / penerbit komik dikarenakan tidak tersedianya komik tersebut dalam bahasa indonesia. (apabila di kemudian hari pencipta/penerbit komik tersebut keberatan, maka zona djadoel bersedia meremove hasil scanlation tersebut dari forum ini, dan Zonadjadoel Tidak dapat dituntut dan tidak akan mempunyai tanggung jawab hukum apabila komik scanlation tersebut beredar diluar dari forum ini.) g. Pelanggaran terhadap poin (f) di atas, yang bersangkutan akan dikenakan sanksi banned permanen. Baca Terms of Use/Service & Privacy Policy

List Download :
  1. Rahasia Pasir Biru
  2. Tom Pus di Negeri Krikkrak
  3. Payung Ajaib
  4. Tom Pus dan Sang Pengganda (Kompilasi)
 
Last edited by a moderator:
rasanya sosok kucing putih ini sering muncul di bacaan saya waktu kecil. tapi saya belum yakin, apakah di majalah atau dalam bentuk buku.
kalau buku yg dipostingan paling atas (yg penerbit djambatan) sudah pasti saya belum pernah baca
 
rasanya sosok kucing putih ini sering muncul di bacaan saya waktu kecil. tapi saya belum yakin, apakah di majalah atau dalam bentuk buku.
kalau buku yg dipostingan paling atas (yg penerbit djambatan) sudah pasti saya belum pernah baca

mungkin yg ini mbak @ari_jh ?
Log in or register to view this content!
 
Nah iya. Salah satunya ini 😁
 
Ijin download... tokoh kucing selalu imut buat dilihat....
 
Back
Top