Tips Scan Novel

kresnaw

Veteran
Donatur
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
651
Ratings
2,135
Points
456
Gender
Male
#1
Mungkin ada diantara sobat yang berencana mau scan novel tapi kemudian jadi berpikir kembali bagaimana melakukan scan novel yang cepat dengan hasil baik.

Saya sendiri merasakan kalau dilakukan dengan alat desk scanner (Hewlett Packard / Canon / Epson etc) cukup melelahkan dan tidak bisa bagus hasilnya (apalagi kalau novel tebal), kecuali kalau jilidnya dilepas... *bukan sesuatu yg saya inginkan sejujurnya.

Pernah saya coba pakai apps scanner di HP, tapi juga susah melakukannya. Prosesnya lebih cepat daripada desk scanner, tapi kendalanya adalah hasil scanning jelek karena susah untuk membuka halaman dengan baik. Pasti melengkung-melengkung.

Akhirnya saya menemukan cara yang cukup efektif, cepat dan dengan hasil yang baik

Caranya yaitu:
1. gunakan plat kaca. saya gunakan ukuran 30cmx30cm dengan ketebalan 5mm. Bisa dipesan dari tukang kaca

2. lapisan kaca ini digunakan diatas halaman buku yang akan di-scan sehingga halaman buku menjadi rata

3. untuk scan saya pakai apps SimpleScanner Pro di handphone. Bisa didapatkan di Playstore. Apps-nya simple dan easy to use dengan berbagai pilihan resolusi.

4. waktu scanning adalah malam karena kalau siang, bayangan kita muncul dikaca... heheheh

Dengan proses ini, scan novel jadi cepat sekali dengan kualitas scan yang baik dan yang terpenting adalah tidak merusak kondisi buku.

Menurut saya scanner handphone cukup baik untuk novel (tanpa gambar), sementara untuk komik tetap yg paling baik adalah menggunakan desk scanner.

Semoga bermanfaat.
 
Last edited:
Joined
Mar 21, 2018
Messages
38
Ratings
68
Points
41
Gender
Female
#2
Saya rutin pakai scanner hp. Kebanyakan utk kerja kantor. Buat scan artikel menarik dalam majalah atau poin2 penting dalam dokumen lelang yg biasanya tebal sehingga tdk perlu saya bawa ke rapat/diskusi. Saya pakai Cam Scanner. Praktis ya. Cm memang betul, kalau bukunya tebal, kadang miring2 hasilnya :rolleyes::p.
Thanks mas @kresnaw buat idenya pakai lempeng kaca diatas. Boleh nih dicoba (y)(y)
 
Top