Tips Penerjemah

Armawaty

Kontributor
Joined
Aug 19, 2015
Messages
270
Ratings
244
Points
146
Gender
Female
#1
Mohon maaf yang sebesar-besarnya, dimana saya pribadi hanya menguasai 2 bahasa yaitu Daerah dan Indo, untuk penerjemahan saya pribadi nggak bisa bantu, cuman untuk teksnya mungkin bisa dan coba saya paparkan disini.
Ada saat saat dimana seseorang malas untuk mengetik. Apalagi jika seandainya apa yang akan diketik tersebut sebenarnya merupakan sebuah print out atau merupakan buku teks. saat saat seperti itu sangat berharap sekali bisa menemui pembuat file tersebut langsung secepat kilat, dan minta soft file nya agar pekerjaan kita lebih di mudahkan. Saya sendiri pernah mengalaminya, sehingga kepala saya berpikir adakah cara agar tulisan tulisan yang ada di buku, pdf maupun gambar atau hasil scan yang sedang saya kerjakan ini dipindahkan secara lebih mudah ke text microsoft office. Sampai akhirnya saya menemukan beberapa solusi bagaimana cara Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word. Beberapa cara tersebut yang pernah saya lakukan adalah :
  • Menggunakan Aplikasi OCR
  • Menggunakan aplikasi Microsoft Office OneNote
  • Menggunakan Layanan internet dengan Situs Online
Bagaimana cara Mengubah File Pdf, Gambar, Hasil Scan Ke Format Text Microsoft Word, saya akan coba jabarkan berikut ini :

Menggunakan Aplikasi Free OCR
Aplikasi Free OCR ini adalah aplikasi yang sangat ringan dan tidak membebani prosesor dan support untuk mengubah format Gambar, Pdf dan Hasil scan kedalam Format Text, yang kemudian bisa kita copy Paste ke Notepad atau Microsoft Office :
cara Menggunakannya cukup insertkan file PDF, JPG atau scan yang kita miliki, lalu klik OCR/star OCR prosses

Menggunakan Aplikasi Microsoft Office OneNote
Aplikasi Microsoft Office OneNote ini biasanya sudah kita miliki ketika kita sudah menginstal office di komputer yang kita miliki. Silahkan Anda cari dikomputer temen-temen di daftar aplikasi microsoft office yang temen-temen miliki. Aplikasi Microsoft Office OneNote ini support dan bekerja sangat baik ketika digunakan untuk mengubah file gambar maupun hasil scan. Namun tampaknya belum bisa mengubah File PDF. (untuk PDF ke Word dan sebaliknya gunakan saja aplikasi NitroPDF)
Langkah-Langkah :
Buka Aplikasi, lalu buat New
Pilih menu Inser Picture, pilih gambar kemudian klik kanan dan pilih copi text from picture
Buka Microsoft Office kita atau notepad lalu copi paste disana

Menggunakan Situs Online
Situs yang kita bicarakan disini yaitu situs : ocrconvert.com, Di dalam situs ini kita bisa mengconvert file pdf, gambar maupun hasil scan menjadi tulisan text. cara melakukanya pun cukup mudah, yang penting kita memiliki akses ke internet.
Langkah-langkah
Pilih dan upload dahulu file milik kita, pilih bahasa indonesia, lalu proses dan tunggu Jika Proses selesai dan sukses, klik pada nama File sehingga hasil convert akan terbuka di TAB baru.
Pengalaman :
Jika gambar, File PDF, hasil scan tidak terbaca oleh aplikasi one Note atau OCR, biasanya karena posisi gambar (huruf atau angka dalam gambar) tidak tegak (atau miring). Sehingga saya sarankan temen-temen untuk mengedit gambar atau hasil scan tersebut dengan berbagai cara mengedit file gambar, agar posisi menjadi lebih tegak. Ketika saya ingin menulis teks dari sebuah buku, terkadang saya juga hanya memfoto tulisan tersebut, lalu mengkonvertnya menggunakan Free OCR maupun One Note. karena pada prinsipnya, melakukan scan dan foto langsung itu sama saja. Hanya saja berbeda kualitas. yang terpenting, ketika kita memfoto pastikan serapi dan setegak mungkin. bayangkan kamera dan tangan kita adalah mesin scaner.

Nah setelah proses pengambilan teksnya selesai/rampung, tinggal diterjemahkan saja dan dikirim ke ZD untuk diproses lebih lanjut.
 

kresnaw

Veteran
Donatur
Translator
Kontributor
Joined
Sep 7, 2013
Messages
651
Ratings
2,136
Points
456
Gender
Male
#2
Just sharing sedikit setelah mencoba menjadi translator. Yang saya rasakan jika ingin menerjemahkan komik yg sebelumnya pernah terbit di Indonesia adalah dengan membaca komik2 tersebut sebelumnya sehingga gaya bahasanya paling tidak sama dengan gaya penerjemahan sebelumnya. Karena pastinya setiap orang punya style masing2.
 

sukentang

Translator
Kontributor
Joined
Oct 26, 2014
Messages
109
Ratings
112
Points
136
Gender
Male
#3
Just sharing sedikit...
...membaca komik2 tersebut sebelumnya sehingga gaya bahasanya paling tidak sama dengan gaya penerjemahan sebelumnya.
Bener...
Pengalaman nerjemahin subtitle film tanpa nonton dulu, ternyata hasilnya kacau. Banyak yang kurang sesuai konteksnya.
 

wong tegal

Veteran
Translator
Kontributor
Joined
Sep 23, 2013
Messages
770
Ratings
3,823
Points
431
Gender
Male
#4
Just sharing sedikit setelah mencoba menjadi translator. Yang saya rasakan jika ingin menerjemahkan komik yg sebelumnya pernah terbit di Indonesia adalah dengan membaca komik2 tersebut sebelumnya sehingga gaya bahasanya paling tidak sama dengan gaya penerjemahan sebelumnya. Karena pastinya setiap orang punya style masing2.
Setuju dengan mas kresnaw! Selain itu, dalam melakukan penerjemahan komik sebaiknya penerjemah memperhatikan gambarnya juga. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang mungkin tidak disadari. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.
Log in or register to view this content!
Perhatikan wajah Garth. Dia melihat ke bawah. Kalimat yang diucapkan Garth, "Wait! What the hell's she doing?". Terjemahannya kira-kira "Tunggu, apa yang dia lakukan?"
Kalau kita tidak memperhatikan wajah Garth dan kita menterjemahkan kalimatnya seperti itu -- "Tunggu, apa yang dia lakukan?" -- maka pembaca yang tidak tahu kalimat dalam Bahasa Inggrisnya akan menganggap 'dia' disini ditujukan kepada laki-laki yang memegang tali. Padahal 'dia' yang dimaksud Garth adalah 'she/dia perempuan' bukan 'he/dia laki-laki'. Alangkah baiknya apabila 'dia' di sini diubah menjadi nama orang yang dimaksud. Dalam cerita ini 'dia' yang dimaksud Garth bernama Gloria jadi terjemahannya seperti ini: "Tunggu, apa yang Gloria lakukan?"
Dicerita ini Gloria (tidak tampak dalam gambar) sedang mengalami masalah.
Semoga bermanfaat. :)
 
Top