Scanlation Petualangan Blake Dan Mortimer

Thread Status
  1. Ongoing
Komentar tentang kutipan dari blog: tertulis Blake lulusan Universitas Oxford yang terkenal di Amerika. Bukannya Oxford di Inggris ya? Apa maksudnya Harvard? Tapi kan Blake dari Wales, jadi harusnya benaran Oxford ya... (sorry nggak penting-penting amat, he he he)
Sepertinya kesalahan dari blognya. Di Misteri Piramid Besar hanya disebutkan Blake lulusan Oxford tidak disebutkan mengenai Amerika
 
Mungkin seperti teman2 yg lain, awalnya merasa kalau komik ini terlalu banyak teks-nya. Saya sendiri beli 2 judul terbitan Delta waktu di Pasar Senen Januari 1990. Ceritanya menarik karena menyinggung Pharaoh Akhnaton (Amenhotep IV, 1353-1336 SM) yg hanya menyembah satu dewa (Aton). Ada yg menghubungkannya dengan kehadiran nabi Yusuf di Mesir, dan Akhnaton terpengaruh ajaran satu Tuhan yg dibawa oleh Yusuf. Akhnaton menjadi pelindung Yusuf sekeluarga yg mengembangkan keturunan di Mesir. Sampai kemudian Akhnaton meninggal dan jenazahnya disembunyikan (sampai sekarang belum ditemukan). Kemudian kepercayaan penyembahan satu Dewa/Tuhan dihancurkan di masa pemerintahan Tutankhamon (orang barat lebih familier dengan King Tut ini karena makamnya sudah ditemukan). Kemungkinan penindasan kepada keturunan Yusuf sekeluarga (bani Israil) berawal disini. Sampai kemudian muncul tokoh Musa jaman Ramses II (1212 SM) yg berhasil membebaskan bani Israil dan membawa mereka meninggalkan tanah Mesir menuju Palestina. Pharaoh yang tenggelam di Laut Merah adalah Merneptah (anak dari Ramses II). Kalau di versi film The Ten Commandements si Pharaoh yg disebut sebagai Rameses ini tidak ikut tenggelam.
Note : ada yg menulis bahwa nabi Yusuf hidup tahun 1630-1520 SM.
Quote di Album Cerita Ternama Koleksi Pertama berjudul Hari-Hari Terakhir Pompei halaman 3 : "Kita, ahli purbakala telah mengungkapkan kejayaan masa lampau. Selebihnya adalah tugas ahli sejarah dan pengarang cerita ...."
 
BM Lits.jpg
Setelah saya pelajari lagi, ternyata urutan yg benar adalah dari sumber ini, karena sesuai dengan cerita pada judul tiga formula profesor sato part 2 bahwa akhirnya kolonel olrik mati. berarti saya harus "mulai" lagi berdasar sumber yang ini untuk urutan translasinya...
 
Last edited:
Setelah saya pelajari lagi, ternyata urutan yg benar adalah dari sumber ini, karena sesuai dengan cerita bahwa pada judul tiga formula profesor sato akhirnya kolonel olrik mati. berarti saya harus "mulai" lagi dari sumber yang ini untuk urutan translasinya...

Jadi next issue nya yg judul apa nih mas?
 
Last edited by a moderator:
BL LIST UPDATE.png

Baru aja ane browsing2 lagi setelah sedikit menterjemahkan judul "Plutchar's Staff". Karena di situ kok menyebut / merefer judul sebelumnya.
Ternyata benar, bahwa seri pertama yang ternyata berjudul "The Oats of The Five Lords". Tpi di judul yg sekarang ane translasi inilah Blake dan Mortimer berkenalan pertama kalinya dengan Kolonel Olrik. Dan menurut "silsilah" ini juga bahwa seri terakhir adalah judul "Tiga Formula Profesor Sato". Jadi bener sih. Karena disitu juga Kolonel Olrik akhirnya mati.
Waduh....salah lagi.... Tapi gapapa deh... Lanjut terus...Maap ya oom @richie200671 dan tante @ari_jh heheheheh
 
Last edited:
Back
Top