Scanlation Lefranc

Thread Status
  1. Ongoing
masalahnya font menyesuaikan dengan ruang yang ada mas. moga2 nanti ada font yg bagus ya mas, ditunggu usulnya :)
Usulan sy mgkn Arial Narrow, tp memang tetap hrs dilihat dulu apakah balonnya muat. Moga2 ada sobat di sini yg bisa memberikan usulan jg. Kalo di MZD semuanya sy pake Laffayette Comic Pro.
 
Melihat seri Lefranc jadi inget janji ke mba @ari_jh hahaha... 🙏
 
lebih mas. yg saya tahu sampai saat ini seri reguler ada 33 judul, ditambah seri sampingan "petualangan lefranc" ada 10 judul.

Ini contoh seri petualangan lefranc
Wah... ini seri Lefranc yg mana lagi mba? Dari covernya sepertinya ini cukup jadul.
 
Wah... ini seri Lefranc yg mana lagi mba? Dari covernya sepertinya ini cukup jadul.
Semacam spin off gitu mas. Kayak tanguy laverdure kan ada spin off nya juga tuh. Mirip2 gitu lah.
Apa nanti coba terjemahin 1 kali ya? Hehehe

tapi rasanya kurang pas ya kalau dibilang spin off ya mas @kresnaw , karena isinya bukan komik cerita. tapi lebih ke arah sejarah. agak mirip dgn tanguy laverdure yg 60thn annivers. kalau yg tanguy malah mending ada komik2 pendeknya, kalau lefranc (rasanya) tidak ada. Sebagian gambar dalam bentuk komik, sebagian foto beneran.
 
Last edited by a moderator:
lebih mas. yg saya tahu sampai saat ini seri reguler ada 33 judul, ditambah seri sampingan "petualangan lefranc" ada 10 judul.

Ini contoh seri petualangan lefranc

View attachment 23218
Seri Les Voyages de Lefranc ini menurut saya lebih ke buku "edukasi" 😁 seri Les Voyages khusus utk L'aviation yg ada tiga seri ini lebih menceritakan dunia aviasi di masa-masa Perang Dunia Pertama. Skenario diatribusi ke Jacques Martin sbg penulis Lefranc, dan ilustratornya Regric.

Setelah itu, 'berganti' judul menjadi seri Les Reportages de Lefranc, lebih ke edukasi ttg sejarah pertempuran di Perang Dunia Kedua (ada 6 judul dari D-Day hingga perang di front Pasifik). Satu judul kemudian tentang penaklukan angkasa luar/La conquete de l'espace (2019) dan yang terbaru rilis tahun ini adalah tentang istana Versailles (Februari 2023).

Sama seperti seri-seri yang diciptakan oleh Jacques Martin, terdapat serial khusus edukasi yang dimulai dari Les Voyages d'Orion (Orion adalah karakter yg diciptakan Martin, seorang Yunani di jaman kuno/antiquities) di tahun 1990. Serial ini kemudian diambil alih atau dipindahtangankan ke karakter Alix pada tahun 1996 sehingga menjadi Les Voyages d'Alix yang mencapai 40 judul hingga kini. Karakter Jhen di abad pertengahan (jamannya Jeanne d'Arc) juga punya Les Voyages de Jhen (18 judul) dan karakter Lois di jaman Raja Louis XV di abad ke-17 juga ada Les Voyages de Lois (2 judul).

Memang layak Jacques Martin didaulat sebagai le voyageurs du temps alias penjelajah waktu.. :D
 
Lanjut baca kelanjutannya lagi setelah sekian lama... Thanks (y)
 
Back
Top