Komikus Hasmi Berpulang

buncis

Retro
Joined
Sep 23, 2013
Messages
512
Gender
Male
Didahului dengan berita duka cita....

Hasmi, Pencipta Komik Gundala Putra Petir Meninggal Dunia
CNN Indonesia
Minggu, 06/11/2016 17:26 WIB

Tokoh komik Indonesia sekaligus pencipta Gundala Putra Petir, Hasmi, meninggal dunia dI Yogyakarta.

Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia komik Indonesia berduka. Hasmi atau Harya Suraminata, komikus Indonesia pencipta komik Gundala Putra Petir meninggal dunia.

Menurut informasi yang diterima CNNIndonesia.com, pria kelahiran 25 Desember 1946 ini dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta pada pukul 12.00 WIB.

Berita meninggalnya Hasmi juga diperoleh dari seniman Butet Kartaredjasa. Lewat akun Twitternya, Butet mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Hasmi.

"Selamat jalan mas Hasmi, ayahnya Gundala Putra Petir," cuit Butet.

"Setahu saya, beliau itu habis operasi usus 10 hari lalu. Ususnya lengket," kata Butet saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (6/11).

Butet mengungkapkan secara pribadi dia dan Hasmi adalah seorang teman baik. Butet juga mengungkapkan bahwa Hasmi adalah mentor atau gurunya dalam berkesenian. "Mas Hasmi itu teman berkesenian di Jogja. Saya sangat kehilangan karena saya sendiri juga seorang fans Gundala."

Kepergian pria 69 tahun ini dianggap Butet sebagai kehilangan besar bagi dunia teater, komik, dan hiburan di Indonesia.

"Beliau adalah sosok yang sangat rendah hati, punya nama besar tapi tidak congkak," ujarnya.

"Dia juga aktor teater yang baik dan senang berbagi."

Butet menyebutkan, jenazah Hasmi akan dikebumikan di makam seniman Giri Sapto Bantul di Imogiri, Yogyakarta pada Senin (7/11).

Harya Suryaminata atau Hasmi, pria Yogyakarta adalah pencipta komik Gundala Putra Petir. Antara tahun 1969-1982 ada 23 komik seri Gundala yang terbit. Petualangan Gundala berakhir pada 1982 dengan komik pamungkas yang berjudul Surat dari Akherat.

Selain sebagai komikus, Hasmi juga dikenal sebagai penulis skenario film dan penulis skenario teater di Yogyakarta. (chs)
 
sungguh suatu kehilangan dengan kepergian beliau, mudah-mudahan mendapat tempat yang baik disisi-Nya. Amin.
 
Turut berduka cita atas meninggalnya beliau. Tokoh Gundala merupakan tokoh komik lokal yang paling membekas di ingatan saya selain Godam.
 
Turut berduka cita sedalam-dalamnya. Gundala Putra Petir termasuk komik yang saya senangi sewaktu kecil.
 
Turut berduka cita buat keluarga yang ditinggalkan. Dunia kesenian akan kehilangan dengan meninggalnya beliau dan berkuranglah satu pencipta komik lokal sekarang.
 
Selamat jalan Om Nemo. Tebaran karyanya akan selalu menghiasi jajaran koleksi kita, dan terpatri dalam kenangan yg abadi.
Satu judul Gundala yg master piece beliau (menurut saya sih), paling sering saya bawa bawa, nggak terhitung deh berapa kali saya baca, kemarin pun kembali saya buka.
 
Innalillahi wa innailaihi rojiun. turut berduka cita sedalam-dalamnya ya
 
Innalillahi wa innailaihi rojiun, semoga amal ibadahnya di terima di sisiNya, amin
 
Innalillahi wa innailahi rojiun, terima kasih kepada beliau yg sudah meluangkan waktu dan inspirasinya untuk memajukan industri komik tanah air
 

Latest posts

Back
Top