Scanlation Detektif Cilik (komik strip)

Thread Status
  1. Ongoing

roadsterian

Administrator
Staff member
Scanlation team
Kontributor
Joined
Aug 26, 2013
Messages
1,448
Gender
Male
INr8cu9hHgbqpi9ur7qq2BB3Y3_fAjo9Ky_TNBd3PF0=w184-h200-no.jpg
Selain versi buku novel, seri Detektif Cilik mempunyai versi komik stripnya. Ada dua versi harian dan komik strip hari Minggu "Can You Solve The Mystery?" yang ada di koran sejak 5 Agustus 1984 hingga 29 Desember 1985. Komik strip ini ditulis awalnya oleh Jim Lawrence dan digambar oleh Fran Matera, tetapi kemudian dilanjutkan oleh penulis/penggambar lain.
Bercerita tentang petualangan dua detektif muda Hawkeye Collins dan Amy Adams dalam menyelidiki kasus-kasus yang terjadi di Lakewood Hills. Bila masih penasaran dengan jawabannya dapat dilihat di bagian akhir tapi harus menggunakan cermin untuk membacanya karena memang sengaja tulisan dibuat terbalik.
Pada tahun 1983-1984 sebuah perusahaan penerbitan buku Meadowbrook Creations mencetak serangkaian sukses dengan diterbitkannya Can You Solve the Mystery, yang juga dikenal dengan Hawkeye Collins and Amy Adams. Sebuah buku cerita remaja yang berisikan beberapa cerita pendek tentang sepasang detektif cilik dalam mengungkap kejahatan. Hawkeye adalah seorang ahli dalam membuat sketsa dengan cepat, tergambar jelas disetiap lembarnya, berisi seluruh petunjuk penting yang membantu para pembaca dalam memecahkan setiap kasus. Nama M. Masters tercantum sebagai pengarang buku ini, yang sepertinya adalah nama samaran dari Bruce Lansky, pimpinan perusahaan penerbitan itu sendiri.
Dikarenakan beberapa sebab yang tidak diketahui, kelanjutan buku cerita ini mulai terhenti, tetapi ide ceritanya telah di adaptasi dalam bentuk komik strip yang terbit setiap hari, hari Senin sampai hari Jumat memaparkan kejadian dan petunjuk – di hari Sabtunya pemecahan kasus, sementara hari Minggu berisi satu cerita utuh dari mulai kejadian hingga penyelesaian masalah, di suratkabar oleh News America Syndicate.
Keterbatasan ruang agaknya membuat alur cerita dipersingkat agar bisa masuk ke dalam panel-panel komik strip. Tidak seperti di bukunya dimana cerita terbangun dengan baik serta penempatan petunjuk yang membutuhkan ketelitian pembaca.
Seri komik ini mulai dikerjakan oleh Jim Lawrence sebagai penulis dan digambar oleh Fran Matera pada tanggal 5 Agustus 1984 hingga di awal November Jim lawrence mengundurkan diri, dan M. Masters mulai menggantikan perannya tak lama setelah itu.
Di bulan Mei 1985 Fran Matera digantikan oleh Duane Barnhart, dan disaat yang sama nama M. Masters tidak tercantum di credit title, tetapi beberapa naskah komik masih di buat oleh M. Masters.
Setelah itu Duane Barnhart sendiri yang membuat komik, ia menggambar dan menulis cerita dibantu M. Masters yang masih mengirimkan beberapa naskahnya. Beberapa seri dari komik ini tidak mencantumkan nama penulis/ilustratornya, yaitu pada tanggal 26 Mei, 23 Juni, 6 Oktober dan 13 Oktober dan dinilai berkualitas buruk (sehingga tidak diperlukan sketsa dari Hawkeye Collins bagi pembaca untuk memecahkan misteri) dan menimbulkan pertanyaan tentang siapa orang dibalik pembuatan komik tersebut.
Komik strip Can You Solve the Mystery akhirnya berakhir pada akhir tahun 1985, tepatnya pada tanggal 29 Desember, dengan hanya menampilkan nama Duane Barnhart di karyanya.
Seri ini tidak terbit di Indonesia yaitu di majalah bulanan intisari (thx info mbak @ari_jh ), dan merupakan kontribusi dari mas @Bagas (y)

PERHATIAN! HARAP BACA PERATURAN FORUM
f. Member DILARANG menshare kembali semua unduhan terutama hasil SCAN ASLI serta hasil SCANLATION dari admin/kontributor dari semua topik yang ada pada forum KECUALI buku/ebook tersebut BUKAN scan asli dari admin/kontributor (memang mengambil dari site luar) dan karena hasil SCANLATION adalah murni hanya untuk koleksi pribadi tanpa tujuan untuk melecehkan pencipta / penerbit komik dikarenakan tidak tersedianya komik tersebut dalam bahasa indonesia. (apabila di kemudian hari pencipta/penerbit komik tersebut keberatan, maka zona djadoel bersedia meremove hasil scanlation tersebut dari forum ini, dan Zonadjadoel Tidak dapat dituntut dan tidak akan mempunyai tanggung jawab hukum apabila komik scanlation tersebut beredar diluar dari forum ini.) g. Pelanggaran terhadap poin (f) di atas, yang bersangkutan akan dikenakan sanksi banned permanen. Baca Terms of Use/Service & Privacy Policy

List Download :
  1. Detektif Cilik - Pencurian di Sirkus
  2. Detektif Cilik - Kasus Hantu Ceroboh
  3. Detektif Cilik - Misteri Hilangnya Lucy
  4. Detektif Cilik - Rahasia Penyelundup Narkoba
  5. Detektif Cilik - Uang Bank yang Hilang
  6. Detektif Cilik - Si Jago Gambar
  7. Detektif Cilik - Penumpang Misterius
  8. Detektif Cilik - Rahasia yang Mengasyikan
  9. Detektif Cilik - Pembohong Ski Lumpur
  10. Detektif Cilik - Pesan yang Kacau
  11. Detektif Cilik - Misteri Hadiah Ultah
  12. Detektif Cilik - Misteri Buku yang Hilang
 
Last edited by a moderator:
Sebenarnya komik' strip detektif cilik pernah terbit di Indonesia, yaitu di masalah bulanan intisari. Satu terbitan satu judul tamat (one shot). Komiknya hitam putih, letaknya di halaman paling belakang masalah tsb. Dulu ayah saya langganan intisari, makanya saya inget banget. Begitu intisari datang, yg pertama saya baca cerita kriminal, kemudian komik detektif cilik ini. Saya lupa persisnya tahun berapa komik ini dimuat di intisari, tapi waktu itu saya masih tinggal di Medan dan pindah ke Bogor. Jadi kurang lebih tahun 1986 sampai tahun 90an mungkin :)
 
Last edited:
wah saya ngga ngeh tuh mba @ari_jh di majalah (tapi ukurannya sebesar komik paman gober ya?) bulanan intisari, :D kalo cerita detektif nya saya masih inget.. trims info nya mba..
 
Last edited by a moderator:
wah saya ngga ngeh tuh mba @ari_jh di majalah (tapi ukurannya sebesar komik paman gober ya?) bulanan intisari, :D kalo cerita detektif nya saya masih inget.. trims info nya mba..
Memang komik ini di intisari banyak yg gak tahu. Mungkin krn bukan majalah anak2 ya... Dan cuma sempat ada bbrp tahun aja di intisari. Dulu sih saya seneng ya, liat jawabannya depan cermin hehehe. Saya tidak ingat mana duluan, komiknya atau novelnya. Tapi yg jelas, yg saya baca duluan komiknya...

majalah intisari harus masuk list di hunting berikutnya, baru tahu ada komik strip di majalah ini, trims infonya mbak @ari_jh
Sama2 mas. btw, intisari nya yg ada komik ini ya mas... hehehe :)
Btw, barusan saya tanya ibu saya, utk perkiraan tahun terbitnya. Ternyata beliau masih ingat dgn komik di belakang intisari ini. katanya "komik yg jawabannya terbalik" hehehe. Tapi kalau perkiraan beliau sekitar tahun 90an...
 
Last edited by a moderator:
saya baru ngeh. ternyata ini komik strip dari. novel hawkeye sama amy yah. sayang jadinya cuman hitam putih doang. apa jawabannya juga diketahui sambil ngeliat kaca yah. hahay. ribet amat.

mba @ari_jh, kayanya budaya membaca di keluarga mba udah mengakar yah. emaknya ditanya juga tahu. jangan-jangan emaknya mba ari juga suka komik yah.
 
Last edited by a moderator:
saya baru ngeh. ternyata ini komik strip dari. novel hawkeye sama amy yah. sayang jadinya cuman hitam putih doang. apa jawabannya juga diketahui sambil ngeliat kaca yah. hahay. ribet amat.

mba @ari_jh, kayanya budaya membaca di keluarga mba udah mengakar yah. emaknya ditanya juga tahu. jangan-jangan emaknya mba ari juga suka komik yah.

Ada kok komik strip detektif cilik yg berwarna. Saya ada beberapa. Perlu ditranslate? Hehehe. Kalo yg di intisari sih juga hitam putih.
Btw, keluarga saya memang hobi baca dari dulu. Bahkan sampai sekarang ayah saya masih langganan intisari, juga masih baca2 buku pengetahuan. Ibu saya sekarang sekarang lebih suka buku2 kesehatan. Sedangkan anak2nya suka baca novel dan komik... Penurunan standar ya? Hehehe
 
Last edited by a moderator:
intisari....tempo....koran kompas....majalah ananda...bobo....menjadi santapan harian saya waktu saya masih kelas 2-3 SD.....(selain komik dan novel)..saya sampe berebutan sama om saya yg sekarang tinggal di bogor....keluarga saya budaya membacanya beda tipis lah sama keluarga mbak ari...dan juga keluarga sobat2 di zona djadoel ni...hehehehe....orang tua saya dulu lebih gampang keluar duit untuk anaknya beli bacaan dari pada beli yg lain....jadi majalah koran bikin rumah kayak gudang buku....(itu dulu)...sekarang hanya tinggal yg bisa diselamatkan aja...Tentang detektif cilik versi intisari ini saya agak kaget aja ternyata ada juga yg mau upload.....makasih ya.....
 
Wah... Utk translate komik detektif cilik ini saya pasrahkan saja ke mas @Bagas dan mas @roadsterian deh... Masih sibuk di lucky luke saya nya, hehehe. Lama banget belum kelar2. Dan setelah lucky luke kelar, rencananya saya mau translate beberapa sisipan/short story. Suka banget sih... Hehehe
 
Last edited by a moderator:
wah, mba @ari_jh bisa aja, saya jadi malu.. :whistle:
emang LL masi ada lanjutannya mba? kan statusnya udah Completed.. baru kemaren saya juga Completed downloadnya..
 
Last edited by a moderator:
wah, mba @ari_jh bisa aja, saya jadi malu.. :whistle:
emang LL masi ada lanjutannya mba? kan statusnya udah Completed.. baru kemaren saya juga Completed downloadnya..
Status completed, yang saya tangkap di forum ini, maksudnya untuk yang sudah terbit di indonesia. Padahal aslinya masih ada... misalnya seperti serial dick herisson, johnny goodbye, blake mortimer, chick bill, dll... Sangat sedikit yg terbit di sini, padahal aslinya banyak. utk komik2 tsb statusnya completed. (gitu kan mas admin? Hehehe...)
 
Last edited by a moderator:
Back
Top