Scanlation Barelli

Thread Status
  1. Ongoing
Mantap nih bro @Feffendy . Karya Bob de Moor yg jadi favorit saya.
Sebagai info buat mas @kresnaw dan sobat2 penggemar Barelli, mulai minggu depan di Majalah ZD edisi 113 akan dihadirkan secara bersambung Barelli dan Bangsawan Gonobutz yang diterjemahkan oleh koh @richie200671 . Nantikan segera kehadirannya.

bar3 0001 - Copy_out - Copy.jpg
 
Sebagai album 'penutup', Bruxelles Bouillone ini selain memuat tokoh utama (tante Sophie, Anne Nannah, Inspektur Moreau) juga ada band musik Coconuts dgn lagunya "Banana Niam Niam" (muncul pertama di Agen Rahasia/Les Agents Secretes) serta musuh bebuyutan Barelli: Hudebert Whitloaf. Whitloaf sebelumnya muncul di cerita pendek "C'est dans le lac!" (Di Dalam Danau!) yg jadi bagian dari album Agen Rahasia, dan di album Bahaya di Laut/Bonne Mine a la Mer.

Selain itu, terdapat beberapa clin d'oeil alias referensi terhadap perkomikan franco-belgian di album ini.

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!

Log in or register to view this content!

Mungkin ada yang lain, tapi harus di cross check lagi
 
Sebagai album 'penutup', Bruxelles Bouillone ini selain memuat tokoh utama (tante Sophie, Anne Nannah, Inspektur Moreau) juga ada band musik Coconuts dgn lagunya "Banana Niam Niam" (muncul pertama di Agen Rahasia/Les Agents Secretes) serta musuh bebuyutan Barelli: Hudebert Whitloaf. Whitloaf sebelumnya muncul di cerita pendek "C'est dans le lac!" (Di Dalam Danau!) yg jadi bagian dari album Agen Rahasia, dan di album Bahaya di Laut/Bonne Mine a la Mer.

Selain itu, terdapat beberapa clin d'oeil alias referensi terhadap perkomikan franco-belgian di album ini.





Mungkin ada yang lain, tapi harus di cross check lagi
Wuiihhhhm mantaapp nihh analisanya kalo gak dikasih tahu mas @harrydew saya malah gak ngeh sama sekali.....pantesan ini jadi album penutup Barelli dan sekaligus sebagai ajang promosi Belgia ya.....πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
 
Wuiihhhhm mantaapp nihh analisanya kalo gak dikasih tahu mas @harrydew saya malah gak ngeh sama sekali.....pantesan ini jadi album penutup Barelli dan sekaligus sebagai ajang promosi Belgia ya.....πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
sebelumnya istilah "penutup" itu dalam arti tidak ada lagi album Barelli setelah ini karena de Moor wafat tahun 1992. Setelah ditinggal Herge (1983) , de Moor ingin melanjutkan Tintin: Alph-art, tapi kemudian Fanny Remi berketetapan dengan wasiat Herge utk tidak ada lagi seri Tintin setelah ia mati. Studio Herge pun tutup, de Moor punya waktu untuk meneruskan serial Cori le Moussaillon jilid IV dan V, lalu juga Blake et Mortimer: Professor Sato jilid II (milik Jacobs yg blm sempat selesai), dan terakhir serial Barelli ini. Ia juga pernah didapuk jadi Direktur Pusat Komik Belgia tahun 1989.

Seharusnya Barelli bisa lebih banyak dibikin serinya, tapi tau sendiri kan de Moor lebih memilih berdedikasi ke Studio Herge, dibandingkan untuk kepentingan dirinya sendiri. Barelli yg muncul sejak tahun 1950, dan cuman ada 8 atau 9 seri itu sampai 1990, berarti ada missed opportunities yg besar dan yg seharusnya bisa digali lebih. Sayang sekali, de Moor memilih jadi loyalist, bukan opportunist
 
Barelli yg muncul sejak tahun 1950, dan cuman ada 8 atau 9 seri itu sampai 1990, berarti ada missed opportunities yg besar dan yg seharusnya bisa digali lebih. Sayang sekali, de Moor memilih jadi loyalist, bukan opportunist
Maksudnya beda jadi loyalist sama opportunist apa nih mas @harrydew ? Mohon pencerahan.

Yang jilid 9 adalah kompilasi dari berbagai kisah pendek Barelli. Nantikan kehadirannya di majalah ZD !!!
 
Maksudnya beda jadi loyalist sama opportunist apa nih mas @harrydew ? Mohon pencerahan.

Bob de Moor jadi loyalist, karena dedikasinya yg luar biasa kepada Herge. Dia tidak seperti Edgar P. Jacobs yang meminta Herge supaya namanya diakui sbg salah satu kreator dalam serial Tintin. Sebelum ditarik ke Studio Herge tahun 1951 untuk menggantikan Jacobs, ia sempet bikin Barelli dan Cori le Moussaillon tahun 1950/51 utk majalah Kuifje/Tintin versi Belande. Dua serial itu masing2 cuman ada 8 dan 5 album. Ia pun msh sempat bikin serial Snoe en Snoelleke/Johan et Stephan (15 judul) tahun 1951 utk harian Het Niews van den Dag.

Semakin ke sini, de Moor makin disibukkan dgn pekerjaannya di Studio Herge dan Journal de Tintin, baik sbg ilustrator maupun jadi mandor. Hampir tidak ada lagi waktu yg cukup utk mengembangkan karya yg diciptakannya sendiri, kecuali yg memang masuk ke Journal de Tintin (Mr Tric, Balthazar dan banyak one-shot lainnya). Bahkan ada yg bilang, album Tintin itu--pada periode Studio Herge-- semua yang gambar adalah Bob de Moor, Herge hanya ongkang ongkang kaki aja :LOL:

Biarpun demikian, ia masih sempat membantu Jacques Martin, sesama punggawa Studio Herge pada waktu itu, untuk menggambar serial Lefranc album ke-4 Sarang Serigala pada tahun 1970. Seandainya dia jadi opportunist, mungkin saat itu de Moor juga akan keluar dari Studio Herge utk mengejar karirnya sendiri. Para asisten di Studio Herge satu persatu mulai meninggalkan Herge: Roger Leloup, pencipta Yoko Tsuno, keluar tahun 1969; Jacques Martin si ayahanda Alix keluar tahun 1972; Joe El-Azara (pencipta Taka Takata) keluar tahun 1961. Bob de Moor di lain sisi bertahan sampai lewat akhir hayat Herge, bahkan sampai ketika Studio Herge tutup warung tahun 1986.

My 2 cents 😁

Yang jilid 9 adalah kompilasi dari berbagai kisah pendek Barelli. Nantikan kehadirannya di majalah ZD !!!

Jilid 9?

Sebagai penggemar Bob de Moor, kami sedikit 'konservatif' dengan penomoran album Barelli. Jika album kompilasi kisah pendek yg dimaksud itu "Barelli et la mort de Richard II", yg terbit tahun 1980 oleh Bedescope, lalu yang kemudian diperbarui oleh penerbit BD Must pada tahun 2011 dengan judul "Barelli mene l'enquete B11", maka kami anggap ini album Barelli jilid 8 hehe.... :LOL:

Album yg keluaran 1980 hanya punya empat cerita pendek (Danau, Richard II, Cleops, dan Buruk Rupa), sedangkan album 2011 ada tambahan dua cerita pendek: Rahasia dan Barcelona (yang digambar oleh Regric).

Seperti yg pernah kami tulis, cerpen Di Dalam Danau dan Wafatnya Raja Richard II muncul di album Agen Rahasia, mungkin karena jumlah halamannya kurang utk memenuhi standar penerbit Le Lombard yg setidaknya berisi 44 halaman--agar sama dgn album lain yg terbit oleh Le Lombard.
  • Teka Teki Tuan Barelli, awalnya hanya 32 halaman waktu pertama kali terbit tahun 1956. Begitu dirilis ulang tahun 1981, ditambahkan 14 halaman biar jadi 46 halaman.
  • Album dyptique Nusa Penida pun demikian, terbitan 1981 sudah ada penambahan masing-masing 14 dan 18 halaman biar jadi 44 halaman.
  • Tidak ada penambahan halaman di album Agen Rahasia terbitan 1981 (seperti halnya terbitan Vedette tahun 1973), jadinya disumpal dgn ngambil dari dua cerpen Barelli yg pernah muncul di Journal de Tintin tahun 1968, biar jadi 46 halaman :LOL:
 
Last edited by a moderator:
Bob de Moor jadi loyalist, karena dedikasinya yg luar biasa kepada Herge. Dia tidak seperti Edgar P. Jacobs yang meminta Herge supaya namanya diakui sbg salah satu kreator dalam serial Tintin. Sebelum ditarik ke Studio Herge tahun 1951 untuk menggantikan Jacobs, ia sempet bikin Barelli dan Cori le Moussaillon tahun 1950/51 utk majalah Kuifje/Tintin versi Belande. Dua serial itu masing2 cuman ada 8 dan 5 album. Ia pun msh sempat bikin serial Snoe en Snoelleke/Johan et Stephan (15 judul) tahun 1951 utk harian Het Niews van den Dag.

Semakin ke sini, de Moor makin disibukkan dgn pekerjaannya di Studio Herge dan Journal de Tintin, baik sbg ilustrator maupun jadi mandor. Hampir tidak ada lagi waktu yg cukup utk mengembangkan karya yg diciptakannya sendiri, kecuali yg memang masuk ke Journal de Tintin (Mr Tric, Balthazar dan banyak one-shot lainnya). Bahkan ada yg bilang, album Tintin itu--pada periode Studio Herge-- semua yang gambar adalah Bob de Moor, Herge hanya ongkang ongkang kaki aja :LOL:

Biarpun demikian, ia masih sempat membantu Jacques Martin, sesama punggawa Studio Herge pada waktu itu, untuk menggambar serial Lefranc album ke-4 Sarang Serigala pada tahun 1970. Seandainya dia jadi opportunist, mungkin saat itu de Moor juga akan keluar dari Studio Herge utk mengejar karirnya sendiri. Para asisten di Studio Herge satu persatu mulai meninggalkan Herge: Roger Leloup, pencipta Yoko Tsuno, keluar tahun 1969; Jacques Martin si ayahanda Alix keluar tahun 1972; Joe El-Azara (pencipta Taka Takata) keluar tahun 1961. Bob de Moor di lain sisi bertahan sampai lewat akhir hayat Herge, bahkan sampai ketika Studio Herge tutup warung tahun 1986.

My 2 cents 😁



Jilid 9?

Sebagai penggemar Bob de Moor, kami sedikit 'konservatif' dengan penomoran album Barelli. Jika album kompilasi kisah pendek yg dimaksud itu "Barelli et la mort de Richard II", yg terbit tahun 1980 oleh Bedescope, lalu yang kemudian diperbarui oleh penerbit BD Must pada tahun 2011 dengan judul "Barelli mene l'enquete B11", maka kami anggap ini album Barelli jilid 8 hehe.... :LOL:

Album yg keluaran 1980 hanya punya empat cerita pendek (Danau, Richard II, Cleops, dan Buruk Rupa), sedangkan album 2011 ada tambahan dua cerita pendek: Rahasia dan Barcelona (yang digambar oleh Regric).

Seperti yg pernah kami tulis, cerpen Di Dalam Danau dan Wafatnya Raja Richard II muncul di album Agen Rahasia, mungkin karena jumlah halamannya kurang utk memenuhi standar penerbit Le Lombard yg setidaknya berisi 44 halaman--agar sama dgn album lain yg terbit oleh Le Lombard.

  • Teka Teki Tuan Barelli, awalnya hanya 32 halaman waktu pertama kali terbit tahun 1956. Begitu dirilis ulang tahun 1981, ditambahkan 14 halaman biar jadi 46 halaman.
    Album dyptique Nusa Penida pun demikian, terbitan 1981 sudah ada penambahan masing-masing 14 dan 18 halaman biar jadi 44 halaman.
    Tidak ada penambahan halaman di album Agen Rahasia terbitan 1981 (seperti halnya terbitan Vedette tahun 1973), jadinya disumpal dgn ngambil dari dua cerpen Barelli yg pernah muncul di Journal de Tintin tahun 1968, biar jadi 46 halaman :LOL:
Mas @harrydew nanya dong . Seri Tintin yg terakhir (Tintin dan Picaros) apakah digambar oleh Bob de Moor? Kalau dilihat pada Tintin ini gambarnya yg paling jelas dan tampak lebih modern. Tintin pakai celana jeans (bukan celana gembung spt sebelumnya).

Dan btw, Lefranc yg digambar oleh Bob de Moor (Sarang Serigala) juga menurut sy yg paling bagus ilustrasinya.
 
Mas @harrydew nanya dong . Seri Tintin yg terakhir (Tintin dan Picaros) apakah digambar oleh Bob de Moor? Kalau dilihat pada Tintin ini gambarnya yg paling jelas dan tampak lebih modern. Tintin pakai celana jeans (bukan celana gembung spt sebelumnya).

Dan btw, Lefranc yg digambar oleh Bob de Moor (Sarang Serigala) juga menurut sy yg paling bagus ilustrasinya.

Tintin pake celana jeans itu sudah dipikirkan Herge sejak pembuatan film animasi Kuil Matahari (1969) untuk tujuan modernisasi dan kepentingan international marketing. Hal ini berlanjut ke film animasi Daun Hiu (1972), dan Herge menegaskan Tintin tidak akan lg pake celana knickerbockers.

Sudah banyak yg "mempertanyakan" bahwa Herge tidak lagi berperan penuh dalam album Picaros, namun Bob de Moor lah yang menggambar seluruhnya. Sejak ada Studio Herge di tahun 1950, sang maestro memang hanya menggambar Tintin dan karakter utama lain, serta memegang kendali penuh atas "story" dan "art direction". Sedangkan gambar background/dekor diserahkan kepada kolaborator/asistennya.

Tapi pada waktu itu Herge menolak tuduhan bukan ia yg menggambar karakter Tintin di album Picaros, dan Bob de Moor menyatakan pembagian tugasnya masih sama seperti sebelumnya. Yang menarik, kalo lihat album Barelli dan Seigneur Gonobutz (1976) yg digambar Bob de Moor, temanya juga tidak jauh beda dgn Picaros (serialisasi tahun 1975-76), tentang negara dgn sistem otoriter militeristik.

Log in or register to view this content!
 
Last edited:
Tintin pake celana jeans itu sudah dipikirkan Herge sejak pembuatan film animasi Kuil Matahari (1969) untuk tujuan modernisasi dan kepentingan international marketing. Hal ini berlanjut ke film animasi Daun Hiu (1972), dan Herge menegaskan Tintin tidak akan lg pake celana knickerbockers.

Sudah banyak yg "mempertanyakan" bahwa Herge tidak lagi berperan penuh dalam album Picaros, namun Bob de Moor lah yang menggambar seluruhnya. Sejak ada Studio Herge di tahun 1950, sang maestro memang hanya menggambar Tintin dan karakter utama lain, serta memegang kendali penuh atas "story" dan "art direction". Sedangkan gambar background/dekor diserahkan kepada kolaborator/asistennya.

Tapi pada waktu itu Herge menolak tuduhan bukan ia yg menggambar karakter Tintin di album Picaros, dan Bob de Moor menyatakan pembagian tugasnya masih sama seperti sebelumnya. Yang menarik, kalo lihat album Barelli dan Seigneur Gonobutz (1976) yg digambar Bob de Moor, temanya juga tidak jauh beda dgn Picaros (serialisasi tahun 1975-76), tentang negara dgn sistem otoriter militeristik.
Curiga nih mas @harrydew asisten pribadi Bob de Moor atau Herge sampe tahu banyak gitu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
 
Back
Top