Tokoh komik Album Walt Disney Donal Bebek

Tokoh komik Album Walt Disney Donal Bebek

Sumber
Dari berbagai sumber
Disini kita akan mengulas secara singkat tokoh atau karakter yang ada di komik Album Walt Disney Donal Bebek, seperti (terutama) Donal, Gober, Kwik Kwak Kwek, Agus Angsa, Lang Ling Lung, Hiawata, Bung Kelinci, Coki Beruang, Toki Kumbang, Joe Carioka, Kiki Koko, dan juga si Berandal. Apabila ada tokoh yang lupa disebutkan, silakan menambahkan sendiri di post berikutnya.


Donald_duck_stor_121201c.jpg
Donal Bebek adalah salah satu karakter Disney yang merupakan seekor bebek yang sering ditampilkan mengenakan baju pelaut biru / kelasi tanpa celana. Donal tampil pertama kali pada tanggal 9 Juni 1934 dalam kartun "The Wise Little Hen".
Menurut kartun Donald Gets Drafted (1942), nama lengkap Donal Bebek adalah Donal Fauntleroy Bebek (nama tengahnya merupakan referensi untuk topi pelautnya yang merupakan aksesoris untuk baju Fauntleroy). Situs Disney juga menyatakan bahwa namanya adalah Donal Fauntleroy Bebek dan sebuah episode dalam film Quack Pack juga menyatakan hal yang sama.
Karakter Donal dengan suara khasnya merupakan hasil kerja dari pengisi suaranya, yaitu Clarence "Ducky" Nash. Karyanya inilah yang berhasil mengangkat Donal dan tertanam pada pemirsanya sebagai karakter dengan ciri khas yang unik.
Sifat Donal yang paling terkenal adalah sifatnya yang mudah marah. Dia juga sering dipecat dan berganti-ganti pekerjaan, namun itu menunjukan bahwa dia lebih terampil dari karakter Disney lain karena dapat bekerja hampir di segala bidang.
Hari ulang tahun Donal diakui jatuh pada tanggal 9 Juni 1934, hari saat Donal muncul pertama kali, tapi dalam film The Three Caballeros, ulang tahunnya jatuh pada hari Jumat ke-13, bahkan, menurut kartun Donald's Happy Birthday, ulang tahun Donal jatuh pada tanggal 13 Maret.
Suara Donal yang terkenal disuarai oleh Nash, namun ia mengisi suara Donal hanya sampai tahun 1985, sejak tahun 1985, Donal disuarai oleh Tony Anselmo yang telah dilatih oleh Nash sendiri.

gober.jpg
Paman Gober Bebek, bernama asli Scrooge McDuck, adalah bebek antropomorfisme Glasgow fiksi yang diciptakan oleh Carl Barks. Karakter ini muncul pertama kali dalam cerita Christmas on Bear Mountain dari majalah Four Color Comics nomor 178, dipublikasikan oleh Dell Comics pada Desember 1947.
Selama beberapa dekade, Gober muncul dari sebagai karakter pendukung menjadi figur utama dunia Bebek, bahkan tercipta nama populer dunia Gober Bebek. Pada tahun 1952, ia diberi serial komiknya sendiri, Uncle Scrooge, yang masih ada hingga kini. Dengan popularitas karakter ini terus meningkat, ia muncul dalam berbagai film dan permainan video. Gober, bersama dengan beberapa karakter Kota Bebek lainnya, menikmati popularitas internasional, terutama di Eropa, dan bukunya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa.
Nama "Gober" berasal dari "Dagobert Duck", adaptasi bahasa Belanda untuk karakter Disney "Scrooge McDuck". Nama Scrooge diambil dari Ebenezer Scrooge, karakter yang berasal dari novel Charles Dickens tahun 1843, A Christmas Carol. Meskipun tidak pernah dikonfirmasi oleh Barks, namun terdapat teori bahwa industrialis Skotlandia Andrew Carnegie yang meninggalkan negaranya ke Amerika Serikat pada usia 13 tahun, menjadi model untuk Paman Gober (dalam The Life and Times of Scrooge McDuck karya Don Rosa, Gober meninggalkan Skotlandia ke Amerika Serikat pada usia 13 tahun). Model lain untuk Gober adalah karakter (tanpa nama) dengan karakteristik Gober: jambang, kacamata dan aksen Skotlandia yang muncul dalam film propaganda Disney semasa Perang Dunia II, The Spirit of '43 tahun 1943.

images.jpg
Kwik, Kwek, dan Kwak (inggris:huey,dewey,louie) adalah 3 karakter Disney yang muncul di kartun dan buku komik yang dipublikasi oleh Perusahaan Disney. Mereka adalah keponakan dari Donal Bebek. Kwik, Kwek, dan Kwak dibuat oleh Ted Osborne dan Al Taliaferro. Mereka muncul pertama kali di komik strip koran pada tanggal 17 Oktober 1937, sedangkan kemunculan pertama di film animasi adalah dalam film kartun Donald's Nephews pada tanggal 15 April 1938.

disney-graphics-gus-goose-743835.jpg
Agus Angsa adalah karakter fiksi Disney yang dibuat oleh The Walt Disney Company. Agus Angsa adalah sepupu dari Donal Bebek ia bekerja di peternakan nenek bebek. Agus adalah karakter yang malas dan sangat senang makan seringkali ia tertidur saat bekerja. Ia tinggal bersama Nenek Bebek sebagai asisten yang konsisten di peternakan di Desa Angsa.

lang-ling-lung.jpg
Lang Ling Lung adalah karakter fiksi Disney yang dibuat oleh Carl Barks untuk The Walt Disney Company. Dia adalah bagian dari dunia Gober Bebek, muncul di buku komik sebagai teman dari Donal Bebek, Gober, dan teman-temannya yang lain. Lang Ling Lung adalah penemu terkenal Kota Bebek. Ia muncul pertama kali dalam cerita Gladstone's Terrible Secret tahun 1952. Dalam beberapa cerita, Lang Ling Lung juga terlibat dengan Paman Gober dan Super Donal (Superhero dari Donal Bebek) dalam menciptakan temuan-temuan khusus.

Little_hiawatha.gif
Hiawatha adalah tokoh kartun animasi yang diproduksi oleh Walt Disney. Filmnya saat ini terlihat pada versi Blu-ray thn 2012 dari Walt Disney "Pocahontas". Ini adalah seri Silly Symphony yang terakhir akan dirilis oleh United Artists.

Brer_Rabbit-comic.jpg
Bung Kelinci (Br'er Rabbit) adalah karakter utama dalam kisah Uncle Remus yang berasal dari mitologi suku Cherokee di Amerika Serikat selatan. Pada film animasi Song of the South produksi Walt Disney, Bung Kelinci merupakan karakter utama. Gambaran Bung Kelinci dalam film ini lebih berkartun.

rupertlogo2_5795.jpg
Coki Beruang (Rupert Bear) adalah karakter komik anak-anak yg diciptakan oleh seniman Inggris Mary Tourtel dan pertama kali muncul di surat kabar Daily Express pada tanggal 8 November 1920. Tujuan awal Rupert adalah untuk memenangkan penjualan dari saingan Daily Mail dan Daily Mirror. Pada tahun 1935, hak cipta Rupert, seniman dan pendongeng diambil alih oleh Alfred Bestall, yang sebelumnya ilustrator untuk Punch dan majalah lainnya. Bestall terbukti berhasil di bidang sastra anak-anak dan bekerja pada cerita dan karya seni Rupert hingga ke tahun 90-an. Baru-baru ini, berbagai seniman dan penulis lainnya melanjutkan seri ini.

firsts_buckybug.gif
Toki Kumbang atau Tokkie Tor (DUTCH) atau Bucky Bug (ENG) adalah karakter Disney. Bucky adalah anak ke 17 yg lahir dari keluarga Pop & Momma Bug, yang lain 16 nya adalah perempuan semua, jadi Bucky satu2nya anak laki-laki. Ayah Bucky, seorang tua pemarah, tidak menganggap dirinya seorang ayah hingga ketika Bucky (anak laki-laki) kemudian lahir, walau sudah mempunya 16 anak-anaknya yang lain. Tokoh ini termasuk dalam seri Silly Symphony.

Clipcarioca32.gif
Joe Carioca adalah karakter fiksi produksi Disney yang digambarkan sebagai kakaktua dari Rio de Janeiro, Brazil (demikian "Carioca", sebuah hubungan yang merujuk dengan orang yang lahir disana). Joe dibuat pada tahun 1942 untuk film Saludos Amigos sebagai teman dari Donal Bebek. Dia kembali dalam film tahun 1943 berjudul The Three Caballeros bersama dengan Donal dan ayam jantan Meksiko bernama Panchito Pistoles. José juga muncul dengan Donal dan Burung Aracuan dalam sekmen "Blame it on the Samba" dari antologi 1948 terdapat Melody Time.

98469cbc38e3338a_chip-and-dale-disney.gif
Kiki dan Koko, atau Chip 'n Dale dalam bahasa Inggris, adalah karakter fiksi Disney, dan dibuat oleh Perusahaan Walt Disney. Nama mereka berdasarkan nama "Chippendale" (lihat Thomas Chippendale). Menurut Disney, Kiki adalah yang pintar, dan Koko adalah yang bodoh. Cara membedakannya adalah Kiki memiliki hidung hitam, sementara Koko berhidung merah.

scamp2.gif
Berandal (Scamp) adalah kartun dan komik karakter anjing Disney, anak dari Lady dan Tramp, tampil di film animasi Lady dan Tramp dan Lady and the Tramp II: Scamp Adventure, serta komik dan buku sendiri sejak 1950.
Author
roadsterian
Views
42
First release
Last update
Rating
0.00 star(s) 0 ratings

More resources from roadsterian

  • Morris
    Morris
    Menembak lebih cepat dari bayangannya!
  • Herge
    Herge
    Sejuta topan badai!!
  • Gerdi WK
    Gerdi WK
    Gerdi WK alias Gerdy Wk alias Gerdi Wirata Kusuma
  • Bung Smas
    Bung Smas
    Bung Smas, Ayah Kandung Noni dan Pulung
  • Albert Uderzo
    Albert Uderzo
    Asterix and Obelix Author
Top