Peyo

Peyo

Sumber
Lambiek dan lainnya
Nama aslinya adalah Pierre Culliford (25 juni 1928 - 24 desember 1992). Dia adalah seniman komik belgia yang kondang di kancah komik dunia lewat karya karyanya: seri Smurf, Johan dan Pirlouit, serta Steven Strong. Pada tahun 1984 dia mendapatkan penghargaan "The Youth Prize (9-12 Years) Award" di Angoulême International Comics Festival, Prancis. Dia pernah mendapat penghormatan dari pemerintah belgia, yang pada tahun 2008 sempat mengeluarkan koin "Collector's Edition 5 Euro Belgia 50th Annyversary of the Smurfs Commemorative Coin".
peyo1.jpg
Peyo mulai bekerja di Compagnie Belge d'Animation (CBA), sebuah studio animasi Belgia kecil. Di sana ia bertemu dengan beberapa rekan masa depannya, seperti André Franquin, Morris dan Eddy Paape. Dia membuat komik pertamanya untuk surat kabar La Dernière Heure (The Hour Latest). Dari tahun 1949 sampai 1952, dia menggambar Poussy. Untuk surat kabar yang sama, ia juga membuat Johan.
Pada tahun 1952, Franquin memperkenalkan Peyo ke Le Journal de Spirou. Itu adalah majalah komik anak-anak yang diterbitkan oleh Dupuis yang pertama di Belgia pada tahun 1938. Peyo menulis dan menggambar sejumlah karakter dan alur cerita. Favoritnya adalah Johan et Pirlouit (diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Johan dan Peewit).
Smurf: the comic
Proses perkenalan smurf pada dunia berawal saat Peyo tengah mengerjakan serial komik johan dan pirlouit. kala itu, pada tanggal 23 oktober 1958 dalam salah satu kisah petualangan duo pemberani ini berjumpa dengan makhuk mini unik; kaum Smurf. Di luar perkiraan sang pengarang, karakter- karakter kreasi barunya itu mendapatkantanggapan yang sangat positif, bahkan tidak sedikit yang menginginkan agar mereka dibuat serial komiknya sendiri. Melihat prospek yang menggembirakan, pada tahun 1959 Spirou menghadirkan kisah Smurf secara indenpenden untuk pertama kalinya.

Log in or register to view this content!

Beberapa komik karya peyo sudah ada di sini. Begitulah sedikit kisah Peyo. kalo ada kekurangan silahkan komen dibawah....
Author
fany
Views
25
First release
Last update
Rating
0.00 star(s) 0 ratings
Top