Komikus Nina

Komikus Nina

Sumber
Lambiek dan lainnya
Purita Campos
scan%2520%2528Copy%2529.jpg 158.gif pc.jpg
Portfolio:
  • Patty/Esther/Peggy (dengan Philip Douglas)
  • Tina/Jana (dengan Andries Brandt)
  • Gina (dengan Frank Elliot/Francisco Ortega)
  • Dulce Carolina (dengan Frank Elliot/Francisco Ortega)
  • Adaptasi novel Heidi

Purita Campos, lahir di Barcelona tahun 1937, adalah illustrator yang karyanya tidak asing untuk penggemar cergam Nina. Campos belajar di Llotja art school dan bekerja sebagai cover designer dan illustrator di majalah fashion seperti Can Can, Sissi dan Celia sebelum beralih ke komik (tidak seperti sekarang dimana halaman mode biasa menggunakan foto model, majalah fashion di era 60-an sering menampilkan halaman mode dengan menggunakan illustrasi). Berikut contoh fashion spreads di majalah Tina hasil karya Purita Campos.

Log in or register to view this content!

Peggy

Diawali dengan kontribusi ke publikasi komik dalam negeri seperti Blanca dan Sissi Novelas Grafficas, akhirnya Campos mulai merambah ke penerbit komik luar negeri (IPC - Inggris dan Oberon - Belanda). Patty's world adalah cerita hasil kolaborasi Campos dengan Philip Douglas, penulis asal Inggris. Cerita ini sukses dan diterbitkan di Inggris selama hampir 20 tahun. Patty's world juga belakangan diterbitkan di majalah Spanyol - Lily dengan nama Esther. Di Indonesia sendiri Patty kita kenal dengan nama Peggy dan ceritanya di cergam Nina banyak berkisar tentang masalah percintaannya dengan Jeroen.

Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!

Tokoh Peggy kembali muncul di tahun 2006 di cerita yang ditulis Carlos Portela dengan judul Las nuevas aventuras de Esther. Peggy di cerita ini sudah tumbuh menjadi wanita dewasa.
Log in or register to view this content!

Tina

Keberhasilan tokoh Patty di Inggris diikuti dengan tawaran pekerjaan dari Belanda yang merupakan asal mula terciptanya tokoh Tina di awal 1970-an - hasil kerjasama dengan Andries Brandt (penulis komik sepak bola Roel Dijkstra). Tidak seperti Peggy yang gadis Inggris, tokoh Tina ini resminya berkebangsaan Belanda karena memang lahir dari tangan penulis Belanda. Walau gambar seorang gadis mirip Tina sebelumnya sempat muncul juga di komik Inggris Mirabelle dengan nama Evie. Tokoh Evie saat itu belum memiliki profesi dan karakternya juga hanya muncul di cerita pendek.
Log in or register to view this content!

Seiring dengan waktu diciptakan tokoh Debbie, yang berprofesi perancang busana. Dunia busana memang sepertinya merupakan cinta pertama Purita, ini terlihat jelas di cerita Tina, Debbie dan Peggy, di mana gadis2nya selalu tampil modis sesuai trend fashion saat itu. Campos menggambar Tina (untuk cerita komik dan kadang2 juga untuk cover majalah Tina) selama lebih dari 30 tahun sampai tahun 2007. Edmond yang juga illustrator kelahiran Spanyol mengambil alih serial Tina dari Purita sejak tahun 2007. Edmond ini adalah creator tokoh Mimi (Mimi kisah seorang putri, Mimi Bintang Sirkus)

Log in or register to view this content!

Salah satu kekuatan ilustrasi hasil karya Campos selain warna2 yang kaya, juga hidupnya karakter2 komik ciptaannya. Yang paling menonjol dari gambar beliau adalah gerakan2 yang alami. Kabarnya dalam menggambar, Campos seringkali menggunakan model yang difoto dalam posisi tertentu sehingga anatomi tubuh proporsional dan dan bahasa tubuh sang tokoh komik terlihat realistic. Campos bahkan mengaku pernah meminta suaminya untuk berpose tertentu saat beliau mencari inspirasi untuk satu scene yang menggambarkan pacar Peggy.

Di tahun 2009 Campos dianugerahi Medallo de Oro al Mérito en el Trabajo Ártistico (terjemahan bebasnya Gold Medal for Merit in Fine Arts) oleh Spanish Ministry of Culture. Saat ini Campos aktif melukis dan mengajar di sekolah seni milik suaminya.

Karya2 Campos yang lain
Log in or register to view this content!
Log in or register to view this content!

sumber:
lambiek.net
wikipedia
womenincomics.wikia.com
Los Secertos de Esther by Ruth Bernárdez
various
  • Love
Reactions: lumancung
Author
bebekhitam
Views
80
First release
Last update
Rating
0.00 star(s) 0 ratings

More resources from bebekhitam

Top