Don Lawrence

Don Lawrence

Sumber
Lambiek dan lainnya
58880747a1957.jpg Don_Lawrence.jpg Don2-kl.jpg

Seniman Inggris, Don Lawrence terkenal karena karya seninya yg sangat detil dan penuh warna pada komik sukses seperti 'The Empire Trigan' dan 'Storm'. Lawrence, yang nama aslinya adalah Donald Sautham, lahir di London. Dievakuasi dari kota selama Perang Dunia II, ia tinggal di beberapa tempat di seluruh Britania sebelum menetap di Crawthorn, Berkshire. Di sana, ia sekolah di Politeknik Borough, di mana ia belajar seni selama empat tahun.
Log in or register to view this content!
Pada tahun 1954, ia membuat debut komiknya, menggambar 'Marvelman' untuk Mick Anglo 's Gower Street Studios untuk jangka waktu empat tahun.
lawrence_herod_the_great.jpg
Great Harold
Setelah itu, Lawrence mulai bekerja untuk Amalgamated Press dan penerbit lainnya, seperti IPC dan Longacre. Dia sering mengerjakan komik western, seperti 'Davy Crockett', 'Daniel Boone', 'The Wagon Train', 'Wyatt Earp', Buffalo Bill ',' Billy the Kid ',' Wells Fargo ',' Pony Express ', 'Blackbow Cheyenne' dan 'Cheyenne Veneance'.
Dia juga mengerjakan komik seperti 'Karl Viking' (untuk Lion), 'Wrath of the Gods' (untuk Boys World), 'Tarzan' (untuk TV Tornado), 'Eric Viking' (dalam Smash) dan 'OLAC Gladiator '(di Tiger).
lawrence_trigan.jpg
Kekaisaran Trigan
Ketenaran Lawrence datang melalui komik 'Kebangkitan dan Kejatuhan Kekaisaran Trigan', sebuah epik fiksi ilmiah yang ditulis oleh Mike Butterworth dan diterbitkan di majalah Ranger dan kemudian Look And Learn (1965-1974). 'The Trigan Empire' menjadi hit di seluruh Eropa, terutama di Belanda. Berafiliasi dengan Temple Art Agency, Lawrence bekerja tambahan pada 'Fireball XL5' (di TV 21), 'Thunderbirds' (di Joe 90), 'Blackbow Cheyenne' (di Eagle) dan komik erotis 'Carrie' (di Mayfair) .
lawrence_don_storm.jpg
Pada tahun 1974, ia dihubungi oleh penerbit Oberon Belanda untuk mengerjakan komik untuk majalah baru, Babariba. Namun hanya satu seri komik saja yg muncul, berisi cerita 'De Zoon van de Jager', dan Lawrence akhirnya kembali ke 'The Empire Trigan' untuk satu episode terakhir. Pada akhirnya ia kembali ke Oberon untuk menggambar komik fiksi ilmiah 'Storm' untuk majalah EPPO. Mulai tahun 1977, seri Storm ini telah ditulis oleh penulis Inggris seperti Vince Wernhame, Saul Dunn dan Kelvin Gosnell, tetapi terutama oleh penulis Belanda Martin Lodewijk dan Dick Matena .
lawrence_storm12_aromater.jpg
Storm # 12 - De Aromater
Don Lawrence terus mengerjakan Storm hingga pensiun pada tahun 2002 (ia dibantu untuk episode terakhir oleh Liam SHARP ).
lawrence_storm2.jpg
Don Lawrence meninggal pada tanggal 29 Desember 2003. Dia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Belanda Beatrix. Karya komik seri 'Storm' selanjutnya dilanjutkan oleh Romano Molenaar dan Jorg de Vos .
586b68cf29a67.jpg
Author
roadsterian
Views
61
First release
Last update
Rating
0.00 star(s) 0 ratings

More resources from roadsterian

Top